Cara Mudah Merawat Kucing Anggora, Makin Menawan

0
1530

Merawat kucing anggora – kucing yang satu ini terkenal dengan bulu yang lebat dan mukanya yang menggemaskan. Untuk merawat anabul Anda agar lebih menawan tentu perlu perawatan khusus. Jangan khawatir Ruppers, merawat kucing anggora ini mudah dan tentunya Anda dapat lakukan sendiri loh.

Simak yuk, cara mudah merawat kucing anggora, makin menawan.

Merawat Kucing Anggora Dengan Memilih Kandang Yang Tepat

directanimal.com

Keseharian anabul Anda tentu tidak didalam kandang, namun sesekali jika Anda berpergian maka tak jarang anabul berada di dalam kandang. Untuk itu, pilihlah kandang yang luas agar anabul tidak stress atau dapat bermain dan jangan lupa menempatkan tempat pasir zeloid untuk anabul membuang kotoran yah Ruppers.

Merawat Kucing Anggora Dengan Pemilihan Makanan

petmd.com

Pemilihan makanan yang tidak tepat membuat anabul Anda berpotensi obesitas, diabetes atau penyakit lainnya. Berikan makanan yang tinggi akan protein dengan 2 kali makan sehari dan tempatkan pada baki karena anggora sangat menyukainya. Biasanya, anggora jantan memiliki berat badan sekitar 5,5 kg, sedangkan betina sekitar 3-5 kg.

Merawat Kucing Anggora Dengan Perawatan Bulu

id.pinterest.com/pin/807833251897469488

Selanjutnya, keistimewaan kucing anggora terletak pada bulunya. Perawatannya pun tidak susah, sisir bulu anggora minimal 2 kali sehari. Jika ada bulu yang gimbal maka lebih baik digunting. Anda dapat memberikan minyak ikan agar bulu kucing lebih mengkilat.

Merawat Kucing Anggora Dengan Mandi

id.pinterest.com/pin/424464333632737059

Biasanya, memandikan angora dapat dilakukan setiap 7 minggu sekali untuk angora putih, dan angora lainnya dapat lebih dari itu. Lama yah Ruppers? Sebetulnya kucing memiliki sistem pembersihan diri dengan menjilati tubuhnya. Untuk mandinya Anda dapat menggunakan shampoo dan conditioner dan keringkan agar kulitnya tidak berjamur.

Merawat Kucing Anggora Dengan Bersihkan Kuping & Potong Kuku

cattime.com

Bersihkan telinga anabul Anda dengan cotton ball dan gunting kuku anabul Anda dengan gunting khusus selama 2 kali seminggu. Untuk kukunya, cukup gunting bagian putihnya saja. untuk telinga yang bersih maka berwarna pink, jika bukan warna pink maka Anda belum sepenuhnya bersih dalam membersihkan telinganya.

Mencocokan Gaya Hidup

cattime.com

Angora memiliki tipe yang aktif dan haus akan kasih sayang pemiliknya. Jika dibiarkan kesepian dalam jangka waktu lama, maka sikapnya dapat berubah menjadi tidak menyenangkan. Jadi, jika Anda banyak meluangkan waktu dirumah atau rumah Anda memiliki banyak penghuni, maka pelihara kucing ini sangat lah cocok.

Rutin Membawanya Ke Dokter

freepik.com

Walaupun anabul tidak sakit, Anda harus memberi vaksin atau sekedar memonitor kondisinya dengan rutih ke dokter hewan. Biasanya, anabul ini dapat hidup sekitar 10 – 18 tahun. Namun, Anda harus merawat kesehatan dan memberinya vaksin rabies, FPV, FIV, FIP, Bordeteila, FeLV, dan Chlamydophila felis untuk memperpanjang umur anabul.

Selain cara merawatnya, simak yuk perlengkapan untuk anabul Anda berikut ini.

Sekop Kotoran

Toilet Kucing

Makanan Kucing

Kandang

Mainan Kucing

Pembersih Bulu

Pembersih Telinga

Sisir

Lengkapi kebutuhan untuk perawatan kucing Anda dengan barang – barang berkualitas hanya di Ruparupa.