5 Manfaat Penggunaan Karpet di Ruangan Rumah

0
990
manfaat penggunaan karpet
Sumber: Freepik

Tidak hanya bagian dinding rumah yang perlu mendapat sentuhan hiasan, tetapi bagian lantai juga, loh. Selain memilih motif keramik yang cantik, kamu juga bisa menggunakan karpet lantai.

Karpet adalah elemen hiasan rumah tambahan yang dapat diletakkan pada area lantai yang keras, seperti parket dan ubin keramik lantai. Dengan bahan dan motif yang beragam, karpet telah menjadi produk favorit untuk mempercantik rumah.

Ruparupa Banner

Apa Manfaat Penggunaan Karpet di Rumah?

Lalu, kira-kira apa saja sih manfaat penggunaan karpet lantai di dalam ruangan? Berikut ini kami rangkum beberapa manfaat karpet lantai yang bisa kamu dapatkan.

1. Memberikan rasa tenang di rumah

Manfaat penggunaan karpet yang pertama menurut feng shui adalah mampu memberikan rasa tenang kepada para penggunanya. Dalam feng shui, karpet difilosofikan sebagai tempat beristirahatnya energi positif dan negatif.

Dengan adanya perlambatan energi ini, suasana rumah akan lebih stabil dan memberikan rasa yang nyaman. Sebaliknya, di atas permukaan yang keras, energi negatif cenderung bergerak terlalu cepat dan menimbulkan perasaan tidak stabil atau cemas.

Baca Juga:   9 Perabot Ruang Makan yang Minimalis dan Elegan

Maka dari itu, akan sangat disarankan bagi kamu untuk mengontrol energi positif dan negatif dengan menggunakan karpet lantai.

2. Aksen untuk percantik rumah

Manfaat penggunaan karpet lantai yang utama adalah mempercantik ruangan. Karpet adalah pilihan yang tepat untuk membuat rumah kelihatan nyaman.

Namun, pastikan kamu memilih motif karpet yang sesuai dengan konsep desain rumah. Jadinya, rumah bisa terlihat lebih elegan dan mewah.

Untuk rumah minimalis,  kamu bisa menggunakan karpet berwarna netral dan motif sederhana, seperti rekomendasi produk di bawah ini.

manfata penggunaan karpet
Karpet 120×170 Cm Shannon 3f – Abu-abu Muda

Beli di sini

3. Menjaga suhu tetap hangat dan nyaman

Banyak peneliti yang membuktikan bahwa penggunaan karpet bisa menjaga suhu tetap hangat daripada lantai keras, seperti keramik.

Hal ini karena karpet memiliki sifat yang bisa berinsulasi dengan ruangan, yang merupakan proses penghambatan untuk mencegah aliran energi panas.

Dengan menjaga ruangan tetap hangat, ternyata cara ini juga efektif untuk mengurangi gejala bagi mereka yang memiliki penyakit pernapasan, loh. Wah, menarik sekali, ya.

4. Lebih aman bagi anak

Bagi kamu yang memiliki anak kecil, pasti memiliki kekhawatiran bahwa si kecil akan terluka atau cedera apabila jatuh di atas lantai yang keras.

Baca Juga:   Jadi Tren Warna 2022, Ini Dia 10 Kombinasi Warna Very Peri!

Maka dari itu, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan karpet lantai yang nyaman dan lembut. Jadi, anak-anak bisa bermain dengan bebas dan orang tua tidak perlu khawatir lagi, deh.

karpet lantai
Sumber: Freepik

5. Mengurangi kebisingan

Secara signifikan, karpet dapat mengurangi kebisingan di dalam ruangan. Penggunaan karpet sendiri mampu menyerap suara di udara terbuka. Tidak hanya itu, saat kita berjalan di atas karpet, langkah kaki kita cenderung teredam atau tidak menimbulkan suara.

Jadi, bagi kamu yang menyukai suasana tenang dan tidak menyukai suara bising, kamu bisa menggunakan karpet di dalam ruangan, seperti produk rekomendasi berikut ini.

manfaat penggunaan karpet
Karpet Genesis 160×220 Cm 143 – Krem

Beli di sini

Itu tadi beberapa manfaat penggunaan karpet lantai di dalam rumah. Nah, bagi kamu yang menggunakan karpet sebagai alas di lantai rumah kamu bisa menemukannya hanya di Ruparupa.com.

Selain itu, situs belanja online satu ini juga menawarkan alat kebersihan berkualitas, mulai dari vacuum cleaner, sikat, hingga cairan pembersih, seperti produk berikut ini.

vacuum cleaner
Krisbow Alat Penghisap Debu Kering Turbo Tiger 600 W

Beli di sini

robot vacuum cleaner
Dibea Penghisap Debu Kering Robotic D960 – Putih

Beli di sini

pembersih karpet
Astonish 1 Ltr Pembersih Noda Karpet Vac Maxx Machine

Beli di sini

sikat karpet
Sikat Penggosok Serbaguna

Beli di sini