6 Tips Puasa agar Anak Tetap Kuat dan Semangat

0
768
tips puasa anak
Sumber: Unsplash.com

Berpuasa di bulan Ramadan menjadi kewajiban bagi seluruh umat muslim. Tidak heran,  banyak orang tua yang sudah mengajarkan anak-anaknya untuk melakukan puasa sedari kecil.

Namun, buat anak-anak yang baru melakukan puasa, hal ini mungkin akan sulit baginya. Berusaha menahan haus dan lapar akan membuat tubuh mereka jadi mudah lemas dan kehilangan semangat.

Ruparupa Banner

Untuk itulah, sebagai orang tua, kita perlu memberikan motivasi dan dorongan pada anak sebagai orang tua. Memang, awalnya akan terasa berat untuk mengajarkan puasa pada anak-anak, tetapi kita tidak boleh putus asa.

Bagaimana Cara Anak Tetap Semangat Saat Puasa?

Menjawab pertanyaan tersebut, kali ini kami akan membahas beberapa tips yang bisa kita lakukan agar anak tetap semangat untuk belajar puasa. Apa saja itu?

1. Berikan Anak Istirahat yang Cukup

Untuk menjalankan puasa, tentu kondisi tubuh harus sehat. Salah satu cara yang bisa kita ajarkan kepada anak-anak adalah miliki waktu istirahat yang cukup. Pastikan mereka mendapatkan tidur malam yang cukup agar mereka bisa bangun saat sahur.

Nah, agar anak tidak kurang tidur dan mengantuk di siang hari, yang mengganggu aktivitasnya, mulailah terapkan jam tidur untuknya ya, Ruppers.

Baca Juga:   Resep Sambal Goreng Ati Khas Indonesia
tips puasa anak tidur cukup
Sumber: Unsplash.com

2. Jadilah Teladan bagi Anak

Sebagai orang tua, tentunya kita perlu menjadi teladan bagi anak-anak. Apalagi, mereka akan mengikuti segala tindakan dan tutur kata dari orang tua.

Maka dari itu, berikanlah contoh puasa yang baik dan benar dari sekarang dengan mengajaknya melakukan sahur, buka puasa, dan ibadah bersama-sama.

3. Latih Anak Puasa Secara Bertahap

Saat pertama kali mulai puasa, tentu tidak semua anak dapat melakukannya secara langsung. Daripada memaksanya, akan lebih baik untuk mengajarkannya berpuasa secara bertahap.

Misalnya, ajarkan untuk puasa setengah hari terlebih dahulu, dari sahur sampai siang hari. Jika anak sudah bisa puasa pada jam tersebut, kamu bisa menambahkan waktu puasanya.

Kamu juga bisa memberikan makan di siang hari, lalu meminta mereka untuk melanjutkan puasa. Cara ini akan memudahkan mereka belajar puasa yang benar.

4. Penuhi Kebutuhan Gizi dan Cairan tubuh Anak

Di bulan puasa, asupan energi dari makanan akan berkurang, yang membuat tubuh si kecil jadi mudah lemas. Untuk mencegah terjadinya hal ini, berikanlah menu buka puasa dan sahur yang memiliki nutrisi lengkap untuk memenuhi gizi harian.

Kemudian, jangan lupakan pentingnya air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain meredakan rasa haus, air putih juga dapat menjaga kesehatan pencernaan anak.

Setelah menahan lapar, keinginan anak untuk makan enak dalam jumlah banyak pasti akan muncul. Nah, kamu juga perlu membatasi makanan yang dikonsumsi oleh si kecil. Tidak apa untuk memberikannya makanan manis, tapi jangan sampai berlebihan, ya.

Baca Juga:   6 Tips Pilih Tas Sekolah yang Tepat untuk Anak Sekolah
tips puasa anak makan sehat
Sumber: Unsplash.com

5. Berikan Pujian dan Apresiasi

Anak-anak senang diapresiasi atas keberhasilannya dalam melakukan sesuatu. Sekecil apapun pencapaiannya saat berpuasa, berikanlah ia pujian dan apresiasi, seperti membuatkan makanan favoritnya.

Hal ini akan membuatnya lebih bersemangat dalam menuntaskan puasa selama satu bulan ke depan.

6. Ajak Anak Mengikuti Kegiatan Seru

Menahan haus dan lapar terkadang membuat anak-anak malas melakukan aktivitas. Akibatnya, mereka jadi kurang produktif dan mudah bosan.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, coba ajak mereka untuk melakukan kegiatan seru, tetapi tidak menghabiskan energi.

Misalnya, melibatkan anak dalam kegiatan memasak untuk berbuka, mewarnai, dan membaca buku bertemakan Ramadan. Kamu juga bisa memberika berbagai permainan menarik yang bisa kamu lakukan dengan anak, seperti berikut ini.

mainan anak ular tangga
Kiddy Fun Mainan Ular Tangga Dan 4 In A Row
Permainan ular tangga dan 4 in a row dalam satu set untuk bermain bersama anak-anak agar tidak bosan di bulan puasa.

Beli di sini

set cardboard
Kiddy Fun Games In Cardboard
Set cardboard ini memiliki 150 permainan klasik yang dapat dimainkan bersama anak-anak.

Beli di sini

buku cerita dan mewarnai
Buku Gambar Alqolam-augmented Reality Colouring Book
Buku mewarnai tema binatang yang mirip seperti aslinya untuk edukasi sekaligus hiburan bagi anak.

Beli di sini

puzzle
Kiddy Fun Puzzle Animal Story
Permainan puzzle tema binatang untuk edukasi dan hiburan bagi anak.

Beli di sini

Nah, itu tadi beberapa tips puasa anak yang perlu kamu pahami agar si kecil tetap kuat dan bersemangat. Pastikan untuk selalu menyertai dan mendukung anak di setiap proses belajarnya, ya.

Sebagai penyemangat, kami juga memiliki berbagai mainan dari Toys Kingdom yang bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan beragam peralatan rumah tangga untuk melengkapi isi hunian dalam menyambut Ramadan, yang berasal dari merek ternama milik Kawan Lama Grorup, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Selamat menunaikan ibadah puasa bersama si kecil!