7 Manfaat Minum Air Putih yang Baik untuk Tubuh

0
363
manfaat minum air putih
sumber: unsplash.com

Apakah Anda termasuk orang yang suka malas minum air putih? Bila ya, sebaiknya segera mengubah kebiasaan buruk tersebut. Tubuh yang kurang terhidrasi ternyata dapat memicu beragam penyakit, lho. Padahal, ada segudang manfaat minum air putih yang baik untuk tubuh. Penasaran apa saja? Yuk, simak.

Manfaat Minum Air Putih

Berikut ini berbagai manfaat air putih buat kesehatan yang perlu Anda ketahui.

manfaat minum air putih
sumber: unsplash.com

1. Mencegah Kerusakan Ginjal

Air dapat membantu ginjal membuang kotoran dari darah dalam bentuk urin. Dengan rajin minum air putih, Anda juga bisa menjaga pembuluh darah tetap terbuka. Inilah yang akan membuat darah bisa mengalir bebas ke ginjal untuk mengantarkan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Rajin minum air juga bisa membuat kulit Anda menjadi lebih elastis, lho. Selain itu, air putih juga bisa mengatasi bekas luka, mengurangi kerutan, dan meminimalisir berbagai tanda penuaan dini lainnya. Jadi, tidak perlu mahal buat melakukan perawatan kulit, bukan? 

Baca Juga:   21 Manfaat Gula Aren bagi Kesehatan Tubuh

3. Mengantarkan Oksigen ke Seluruh Tubuh

Tahukah Anda kalau darah ternyata mengandung lebih dari 90 persen air? Nah, dengan banyak minum air putih, maka darah bisa mendistribusikan oksigen lebih banyak ke seluruh sel dalam tubuh.

Apalagi, peran oksigen sangat penting untuk tubuh, seperti membantu merubah glukosa menjadi energi, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan berbagai hal penting lainnya. Jadi, pastikan Anda rajin minum air minimal 8 gelas setiap hari, ya.

4. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Kurang minum bisa membuat darah menjadi lebih kental. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan membuat darah mengental.

Bila darah mengental, maka bisa berisko darah menggumpal sehingga memaksa jantung bekerja dengan lebih keras memompa darah. Inilah yang bisa berbahaya untuk kesehatan jantung.  

5. Menstabilkan Detak Jantung

Tubuh yang terhidrasi akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Hal ini juga akan membantu jantung dalam memompa darah dengan lebih mudah. Dengan begitu, detak jantung pun akan jauh lebih stabil.

6. Melindungi Organ dan Jaringan Tubuh

Air dapat melindungi berbagai organ dan jaringan di dalam tubuh, termasuk otak. Bila kurang minum, cara kerja otak juga dapat terganggu. Hal inilah yang kerap menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah lemas, tidak bertenaga, serta sulit berkonsentrasi.

Baca Juga:   18 Manfaat Bunga Saffron bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya itu, air juga dapat membuat seluruh jaringan tubuh, seperti mulut, mata, dan hidung, bekerja dengan lebih maksimal.

7. Dapat Melumasi Sendi

Persendian dan tulang belakang mengandung sekitar 80 persen air. Apabila Anda kurang minum air, hal ini dapat menyebabkan Anda bisa lebih mudah mengalami nyeri sendi. Inilah yang membuat minum air putih menjadi sangat penting, khususnya bagi mereka para lansia.

Yuk, lebih rajin minum air putih, apalagi bagi Anda yang memiliki banyak aktivitas. Pastikan Anda selalu membawa botol minum saat berpergiaan agar tetap terhidrasi setiap saat.

Nah, Anda bisa mendapatkan berbagai model botol minum kekinian hanya di Ruparupa, seperti rekomendasi kami berikut ini.

manfaat minum air putih

Kris 900 Ml Botol Minum Tritan – Jaga tubuh terhidrasi di manapun dan kapanpun dengan botol minum cantik ini.

Beli di sini

Quokka 730 Ml Splash Indigo Botol Minum Tritan
Quokka 730 Ml Splash Indigo Botol Minum Tritan – Miliki botol minum dengan bentuk yang ergonomis dan tahan bocor, sehingga aman dibawa bepergian.

Beli di sini

manfaat minum air putih
Ataru Botol Minum Tritan Dengan Tutup 1.9 Ltr – Hadirkan tempat minum yang mampu mengisi banyak air agar Anda tetap terhidrasi saat berolahraga.

Beli di sini