8 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Paling Seru

0
4296
rekomendasi mainan anak
Sumber: Unsplash.com

Setiap anak pasti menyukai mainan, yang menjadi media hiburan dan ekspresi bagi mereka. Sebagai orang tua, mungkin kamu khawatir apabila anak tidak mendapatkan manfaat yang berarti dengan bermain. 

Namun, sesungguhnya sudah banyak mainan yang bisa menjadi sarana edukasi bagi anak, lho. Tidak hanya melatih kemampuan fisik, tetapi juga melatih otak dan kreativitas.

Ruparupa Banner

Nah, inilah tugas orang tua untuk memilih mainan-mainan tersebut agar lebih bermanfaat. Lalu, apa saja mainan edukatif tersebut? Dan apa manfaatnya bagi anak? Simak ulasannya berikut ini.

Daftar Mainan Edukasi Anak Terbaik

Di saat pandemi COVID-19, sebagian besar waktu dan kegiatan anak dilakukan di rumah. Terkadang, hal ini dapat membuatnya menjadi tidak aktif dan kurang berinteraksi dengan teman-temannya yang lain.

Terlebih, saat memasuki bulan puasa  yang dapat menurunkan semangat si kecil karena harus menahan haus dan lapar. Nah, salah satu cara agar anak tetap ceria adalah dengan memberikannya mainan yang edukatif, seperti beberapa rekomendasi berikut ini.

rekomendasi mainan anak edukatif
Sumber: Unsplash.com

1. Building Blocks

Permainan building blocks mengajarkan anak untuk membentuk bangunan sesuai dengan kreasinya.

Permainan ini bermanfaat untuk melatih motorik halus dan mengembangkan logika anak. Apalagi, jika bermain dengan teman seusianya, yang dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosialnya.

Kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis blocks yang sesuai untuk anak-anak. Bahkan, ada pula mega bloks yang memungkinkan anak untuk menciptakan bangunan besar, seperti berikut ini.

rekomendasi mainan anak blocks
Mainan Mega Bloks Peek A Blocks Playhouse Gkx70
Mainan blocks dan puzzle untuk mengembangkan kreativitas anak.

Beli di sini

Mainan Edukasi Anak
Mega Blocks Big Building Bag Nonwoven Dch55 (60)
Blocks ini memungkinkan anak untuk membuat menara besar dan tinggi yang menyenangkan.

Beli di sini

2. Puzzle

Permainan puzzle terkenal sebagai mainan edukatif untuk melatih konsentrasi dan daya ingat anak. Dengan bermain puzzle, kamu juga dapat mengajarkan kesabaran pada anak sehingga cocok dimainkan pada bulan puasa.

Baca Juga:   5 Jenis Mainan Puzzle untuk Tingkatkan Kecerdasan Anak

Menariknya, jumlah keping pada mainan ini bisa disesuaikan dengan segala jenis umur, lho. Misalnya, untuk anak berumur 4 tahun ke atas, kamu sudah bisa memberikannya mainan edukasi puzzle berjumlah 100-200 keping, seperti berikut ini. 

rekomendasi mainan edukasi puzzle
Kiddy Fun Puzzle Animal 100pcs
Puzzle 100 pcs dengan gambar lucu untuk melatih sensorik dan koordinasi tangan-mata.

Beli di sini

rekomendasi mainan anak puzzle 100 pcs
Kiddy Fun Puzzle Underwater World
Puzzle 100 pcs untuk melatih motorik, ketelitian dan kesabaran anak.

Beli di sini

3. Lego

Siapa bilang Lego hanya boleh dimainkan untuk anak dengan kategori umur tertentu? Nyatanya, sudah banyak Lego yang didesain khusus untuk segala jenis usia, lho.

Tidak heran  permainan ini memiliki banyak peminat, mulai dari anak-anak hingga usia remaja. Tentunya, dengan bermain lego dapat melatih kemampuan anak dalam memecahkan masalah dan meningkatkan kreativitasnya.

Berikut ini adalah rekomendasi mainan edukasi Lego dengan tema Super Mario yang bisa kamu pilih.

Mainan Edukasi Anak
LEGO Super Mario Toad Treasure Hunt Exp Set – 71368
Lego Super Mario untuk meningkatkan daya imajinasi dan keceriaan anak.

Beli di sini

4. Stacking Toys

Stacking toys adalah permainan menumpuk balok kecil dengan mengambil balok lain yang ada di bawah tumpukan. Permainan ini akan sangat menyenangkan jika dimainkan bersama keluarga dan teman, yang tentunya dapat meningkatkan jiwa sosial anak.

Selain itu, mainan stacking toys juga dapat melatih kemampuan analisa dan strategi pada anak, lho. Soalnya, anak akan mencari cara agar tumpukan balok ini tidak runtuh.

Nah, kalau kamu tertarik menghabiskan waktu bersama anak di bulan puasa dengan bermain stacking toys, berikut adalah rekomendasinya.

mainan stacking
Jenga Stacking Game
Stacking toys untuk meningkatkan konsentrasi dan menyenangkan dimainkan bersama keluarga.

Beli di sini

stacking toys
Kiddy Fun Ice Stacking
Permainan ini dapat melatih koordinasi mata dan tangan anak.

Beli di sini

 

5. Mainan Musik

Rekomendasi mainan edukasi selanjutnya adalah alat musik. Mengajarkan anak bermain musik di bulan puasa juga menjadi salah satu kegiatan yang menarik.

Saat ini, sudah banyak mainan-mainan anak yang dirancang khusus untuk membantunya dalam mengenal vokal dan melatih pendengaran.

Dengan memberikannya alat musik seperti rekomendasi di bawah ini, mungkin kamu juga bisa menemukan bakat terpendam anak, lho, Ruppers.

mainan musik
Top Bright Elephant Xylophone
Kenali anak dengan musik sedari dini dengan mainan musik berikut ini.

Beli di sini

6. Play Doh

Banyaknya ide permainan dari play doh membuatnya menjadi favorit anak-anak dari segala usia. Bagaimana tidak? Kamu bisa membentuk hewan, makanan, bahkan bangunan dengan menggunakan mainan plastisin satu ini.

Baca Juga:   7 Tips Dekorasi Ruang Bermain Anak yang Nyaman

Anak-anak pun dapat menyalurkan imajinasi dan kreativitasnya melalui play doh. Selain itu, untuk anak berusia di bawah 5 tahun, permainan ini dapat melatih kemampuan motorik halusnya.

Apalagi, sekarang sudah banyak play doh yang dilengkapi peralatan mencetak, seperti berikut ini.

play doh
Play-doh Fundamentals E8530
Play doh dengan cetakan untuk mengasah kreativitas anak di bulan puasa.

Beli di sini

mainan play doh
Playdoh Pj Masks Mainan Hero Set F1805
Play doh PJ Mask yang dilengkapi dengan cetakan sebagai hiburan bagi anak.

Beli di sini

7. Papan Gambar

Sedari kecil, anak-anak suka mengeksplor apa yang ada dalam pikirannya. Nah, daripada mereka menyalurkannya dengan mencoret-coret tembok atau benda yang ada di sekitarnya, akan lebih baik kalau kamu menyediakan papan gambar khusus untuknya.

Penggunaan papan gambar ini juga dapat melatih kemampuan seninya. Jadi, pastikan kamu membeli papan gambar yang berkualitas dan mampu menunjang kreativitasnya, seperti rekomendasi berikut ini.

papan gambar
Kiddy Star Papan Gambar Magnet Magic 2in1
Papan gambar ini dilengkapi pulepn dan stempel khusus yang membantu anak dalam menggambar.

Beli di sini

mainan papan gambar
Kiddy Star Papan Gambar Magnetic Kuning – M
Salurkan kreativitas dan imajinasi anak melalui papan gambar khusus berikut ini.

Beli di sini

8. Membuat Slime

Rekomendasi mainan edukasi yang terakhir adalah membuat slime, mainan berlendir yang terbuat dari bahan baku lem dan campuran activator kimia. Biasanya, mainan ini bisa membuat  anak lebih kreatif.

Soalnya, mereka bisa  membuat slime berdasarkan bentuk, model, dan warna yang ia sukai.  Tidak hanya menyenangkan, bermain slime dapat  menjadi pelepas stres.

Agar lebih praktis dan aman, gunakanlah slime making kit, yang memudahkan kamu dan buah hati dalam membuat slime, seperti rekomendasi di bawah ini.

mainan edukatif
Kiddy Star Creations Slimy Light Up Slime
Slime ini juga berisi giltter untuk anak berkreasi dan mengurangi stres.

Beli di sini

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi mainan edukasi terbaik buat anak. Dari seluruh mainan di atas, mana yang menjadi favorit anak kamu?

Kamu bisa mendapatkan banyak mainan anak yang aman dan berkualitas hanya melalui Toys Kingdom dari ruparupa.com, lho.

Situs belanja satu ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, dapatkan mainan edukasi terbaik untuk buah hati kamu sekarang juga!