8 Tips Puasa Sehat Agar Tubuh Tidak Mudah Lemas

0
4732
tips puasa
Sumber: Freepik

Menjelang bulan Ramadan tiba, pasti kamu akan mempersiapkan diri untuk mulai puasa, bukan? Apalagi, saat berpuasa, tubuh mudah lemas akibat tidak mendapatkan asupan yang cukup.

Untuk itulah, menjalankan ibadah puasa dengan cara yang sehat menjadi hal penting. Hal ini bertujuan agar kesehatan tubuh selama beribadah tetap terjaga dengan baik.

Ruparupa Banner

Lantas, Bagaimana Cara Agar Tubuh Tidak Lemas Selama Puasa?

Berikut ini ada beberapa tips puasa sehat  yang bisa kamu lakukan saat bulan puasa tiba nanti.

1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan tubuh lemas, fokus berkurang, bibir pecah-pecah, serta sakit kepala. Apalagi, tubuh membutuhkan asupan cairan sebanyak 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas.

Untuk itulah, saat berpuasa kamu perlu membuat aturan minum air putih dengan pola 2-2-4, yaitu 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas saat makan malam.

Selain itu, pastikan kamu menghindari minuman manis saat sedang berpuasa karena bisa membuat tubuh cepat haus.

tips puasa sehat

Kamu bisa menggunakan botol minum dengan ukuran 250ml berikut untuk memudahkan dalam mengukur jumlah cairan yang masuk ke tubuh saat buka puasa.

 

botol 250ml
Kris 250 Ml Letter Botol Minum Kaca Double Wall

Beli di sini

botol minum kaca double wall
Kris 250 Ml Cherry Blossom Botol Minum Double Wall

Beli di sini

2. Jaga Porsi Makan

Saat puasa, pastikan kamu menjaga porsi makanan yang dikonsumsi, baik saat sahur ataupun ketika sedang buka puasa. Hindari mengonsumsi makanan secara berlebihan dengan alasan untuk mengisi energi di saat berpuasa.

Konsumsi porsi besar justru akan menyebabkan tubuh mengantuk dan perut menjadi kembung. Jadi, pastikan kamu makan dengan porsi yang biasa kamu konsumsi sehingga perut  tidak kaget, terutama saat sahur.

Baca Juga:   6 Kue Kering Khas Lebaran Favorit dan Wajib Ada di Rumah

Selain itu, pastikan menu sahur dan buka puasa memiliki kandungan yang sehat dan bergizi lengkap, seperti buah-buahan dan sayuran.

3. Lakukan aktivitas seperti Biasa

Hindari menjadikan alasan kelaparan sebagai jaminan untuk tidak melakukan aktivitas apapun. Di saat puasa, kamu pun tetap perlu melakukan aktivitas seperti biasa agar lebih produktif dan juga bisa menjaga kesehatan tubuh.

tips puasa sehat

4. Lakukan Olahraga Ringan

Untuk menjaga tubuh tetap fit di masa puasa, kamu juga perlu melakukan olahraga. Tidak perlu olahraga berat, cukup lakukan latihan ringan, seperti jalan kaki, jogging 10 menit, yoga, atau melakukan pekerjaan rumah.

Pastikan juga untuk melakukan peregangan sebelum berolahraga agar tubuh tidak kaku dan bisa menyebabkan kram otot.

Nah, kami punya rekomendasi alat olahraga yang bisa kamu gunakan saat bulan puasa, seperti berikut ini.

matras olahraga puasa sehat
Berwyn Matras Yoga Double Layer – Biru

Beli di sini

5. Menghindari Makanan dan Minuman Manis

Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis karena bisa menyebabkan lebih cepat haus. Memang benar konsumsi sesuatu yang manis bisa menambah energi, tetapi tidak disarankan untuk mengkonsumsinya, terutama saat sahur.

Kamu bisa tetap mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka saja. Meski begitu, tidak boleh berlebihan, ya.

Pastikan kamu mengetahui batasan normal konsumsi gula untuk menghindari hal tidak diinginkan, seperti kenaikan kadar gula darah dan obesitas.

6. Lengkapi Kebutuhan Gizi dan Serat

Meski sedang puasa, kamu juga harus tetap melengkapi kebutuhan gizi dan serat. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang adalah dengan cara konsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan serat alami.

Baca Juga:   7 Daftar Belanja Lebaran Hemat Agar THR Tidak Habis

Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi saat sahur, seperti roti, nasi merah, alpukat, dan sebagainya, untuk menyimpan cadangan energi. Berikut adalah alat masak praktis yang bisa kamu pakai saat bulan puasa.

multicooker
Kels 4 Ltr Moshi Panci Multi Cooker – Krem

Beli di sini

slow juicer
Hurom Slow Juicer H-101 – Merah Empire

Beli di sini

7. Kurangi Kafein

Tips puasa sehat berikutnya adalah mengurangi minum kafein. Soalnya, kafein dapat meningkatkan stimulasi pengeluaran cairan dalam tubuh melalui air kemih.

Lebih baik kamu mengkonsumsi air mineral yang baik untuk melengkapi kebutuhan cairan agar tubuh tetap fit.

kopi
Sumber: Freepik

8. Istirahat yang Cukup

Saat hari normal pun kamu wajib untuk mendapatkan istirahat yang cukup, apalagi saat bulan puasa. Pastikan kamu sudah cukup tidur minimal 6 jam sehari dan 7 jam sehari untuk anak-anak.

Istirahat yang cukup dapat menghindari tubuh menjadi lemas dan tidak bisa fokus beraktivitas di siang hari.

Nah, kamu bisa melengkapi kebutuhan untuk meningkatkan kualitas tidur dengan menggunakan produk berikut ini.

kasur agar puasa sehat
Informa Sleep 200×200 Cm Cordova Kasur Roll Packed

Beli di sini

Itu dia beberapa tips puasa sehat untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan tidak mudah lemas. Pastikan tubuh memiliki imun yang kuat untuk menangkal bermacam-macam virus penyakit, ya.

Kamu bisa menemukan berbagai produk home living berkualitas hanya di ruparupa.

dapatkan alat kesehatan hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan produk dari brand ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, ATARU, Toys Kingdom, Krisbow, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.