8 Tips Puasa Sehat Agar Tubuh Tidak Mudah Lemas

0
1011
tips puasa
Sumber: Freepik

Menjelang bulan Ramadan tiba, kita pun perlu mempersiapkan diri untuk mulai puasa. Apalagi, saat berpuasa, tubuh mudah lemas akibat tidak mendapatkan asupan yang cukup. Namun, kamu tidak perlu khawatir, kali ini kami punya tips puasa yang bisa dilakukan.

Tips Agar Badan Tidak Lemas Saat Puasa

Berikut ini ada beberapa tips puasa sehat agar tubuh tidak mudah lemas yang bisa kamu lakukan saat bulan puasa tiba nanti.

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan tubuh lemas, fokus berkurang, bibir pecah-pecah, serta sakit kepala. Apalagi, tubuh kita membutuhkan asupan cairan sebanyak 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas.

Untuk itulah, saat berpuasa kamu perlu membuat aturan minum air putih dengan pola 2-2-4, yaitu 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas saat makan malam.

Selain itu, pastikan kamu menghindari minuman manis saat sedang berpuasa karena bisa membuat tubuh cepat haus.

air mieral
Sumber: Freepik

Kamu bisa menggunakan botol minuman dengan ukuran 250ml berikut ini, untuk memudahkan dalam mengukur jumlah cairan yang masuk ke tubuh.

Selain itu, botol minum ini juga bisa kamu gunakan saat sedang berpergian. Jadi, ketika buka puasa, kamu pun tetap bisa minum air putih yang cukup.

botol 250ml
Kris 250 Ml Letter Botol Kaca Double Wall – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

botol minuman
Ataru 250 Ml Botol Kaca Double Wall – Putih – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

2. Jaga porsi makan

Saat puasa, pastikan kamu menjaga porsi makanan yang dikonsumsi, baik saat sahur ataupun ketika sedang buka puasa. Hindari mengonsumsi makanan secara berlebihan dengan alasan untuk mengisi energi di saat berpuasa.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Menu Makan Buka Puasa Sehat

Konsumsi porsi besar justru akan menyebabkan tubuh mengantuk dan perut menjadi kembung. Jadi, pastikan kamu makan dengan porsi yang biasa kamu konsumsi sehingga perut  tidak kaget, terutama saat sahur.

Selain itu, pastikan menu sahur dan buka puasa memiliki kandungan yang sehat dan bergizi lengkap, seperti buah-buahan dan sayuran.

3. Lakukan aktivitas seperti biasa

Hindari menjadikan alasan kelaparan sebagai jaminan untuk tidak melakukan aktivitas apapun. Di saat puasa, kita pun tetap perlu melakukan aktivitas seperti biasa agar lebih produktif dan juga bisa menjaga kesehatan tubuh.

mencuci pakaian
Sumber: Freepik

4. Lakukan olahraga ringan

Untuk menjaga tubuh tetap fit di masa puasa, kamu juga perlu melakukan olahraga. Tidak perlu olahraga berat, cukup lakukan latihan ringan, seperti jalan kaki, jogging 10 menit, yoga, atau melakukan pekerjaan rumah.

Pastikan juga untuk melakukan peregangan sebelum berolahraga agar tubuh tidak kaku dan bisa menyebabkan kram otot.

Nah, kami punya rekomendasi produk olahraga yang bisa kamu gunakan saat bulan puasa, seperti berikut ini.

matras olahraga
Berwyn Matras Yoga Double Layer – Biru – Temukan hanya di Ruparupa.com

Beli di sini

5. Menghindari makanan dan minuman manis

Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis karena bisa menyebabkan lebih cepat haus. Memang benar konsumsi sesuatu yang manis bisa menambah energi, tetapi tidak disarankan untuk mengkonsumsinya, terutama saat sahur.

Kamu bisa tetap mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka saja. Meski begitu, tidak boleh berlebihan, ya.

Pastikan kamu mengetahui batasan normal konsumsi gula untuk menghindari hal tidak diinginkan, seperti kenaikan kadar gula darah dan obesitas.

Baca Juga:   7 Cara Mengatasi Rasa Mengantuk Saat Bulan Puasa

6. Lengkapi kebutuhan gizi dan serat

Meski sedang puasa, kita juga harus tetap melengkapi kebutuhan gizi dan serat. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang adalah dengan cara konsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan serat alami.

Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi saat sahur, seperti roti, nasi merah, alpukat, dan sebagainya, untuk menyimpan cadangan energi ketika sedang puasa.

Di masa pandemi COVID-19, kamu juga memerlukan banyak asupan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dan menghindari paparan virus berbahaya.

tips puasa sehat
Sumber: Freepik

7. Kurangi kafein

Tips puasa sehat berikutnya adalah mengurangi minum kafein. Soalnya, kafein dapat meningkatkan stimulasi pengeluaran cairan dalam tubuh melalui air kemih.

Lebih baik kamu mengkonsumsi air mineral yang baik untuk melengkapi kebutuhan cairan agar tubuh tetap fit.

kopi
Sumber: Freepik

8. Istirahat yang cukup.

Saat hari normal pun kita wajib untuk mendapatkan istirahat yang cukup, apalagi saat bulan puasa. Pastikan kamu sudah cukup tidur minimal 6 jam sehari dan 7 jam sehari untuk anak-anak.

Istirahat yang cukup dapat menghindari tubuh menjadi lemas dan tidak bisa fokus beraktivitas di siang hari.

Nah, kamu bisa melengkapi kebutuhan untuk meningkatkan kualitas tidur dengan menggunakan produk berikut ini.

matras tidur
Informa Sleep 200×200 Cm Cordova Kasur Roll Packed Dengan Bantal & Guling – Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Itu dia beberapa tips puasa sehat untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan tidak mudah lemas. Pastikan tubuh memiliki imun yang kuat untuk menangkal bermacam-macam virus penyakit, ya.

Kamu bisa menemukan berbagai produk home living berkualitas hanya di Ruparupa.com. Situs belanja online yang menyediakan produk dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.