7 Tips Menghemat Listrik di Rumah Saat Cuaca Panas

0
355
tips cuaca panas

Menggunakan penyejuk ruangan memang menjadi salah satu cara terbaik untuk menghadapi cuaca panas di Indonesia. Sayangnya, terlalu sering memakai alat elektronik bisa membuat tagihan listrik jadi membengkak.

Apalagi, kalau penyejuk ruangan yang digunakan memiliki daya tinggi. Bisa-bisa, uang bulanan akan cepat habis hanya untuk membayar listrik.

Ruparupa Banner

Maka dari itu, kita perlu mengakalinya dengan mencari cara lain agar dapat merasakan udara dingin tanpa membuat kantong jadi menipis.

Lantas, Bagaimana Cara Menghemat Listrik saat Cuaca Panas?

Mungkin kamu mengira bahwa satu-satunya cara menghemat listrik adalah dengan menghindari penggunaan alat elektronik. Padahal, tidak harus, lho! Simak beberapa tips berikut ini.

1. Membersihkan AC Secara Teratur

Debu dan kotoran yang menumpuk pada filter AC dapat membuat AC bekerja lebih keras sehingga meningkatkan penggunaan daya listrik.

Oleh sebab itu, kamu perlu rutin membersihkannya agar kinerja AC lebih efisien. Selain itu, merawat AC secara berkala juga akan membuatnya lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

2. Mengatur Suhu AC

Semakin rendah suhu AC, maka semakin tinggi daya listrik yang digunakan. Jadi, cobalah untuk mengatur AC pada suhu 24-25 derajat celcius untuk mencegah tagihan listrik yang membengkak.

Baca Juga:   8 Tips Jitu Menghadapi Suhu Panas Indonesia

Tenang, suhu AC ini bisa tetap menyejukkan ruangan, kok. Jadinya, kamu tidak akan merasa gerah. Agar AC dapat mendinginkan lebih cepat, tutup pintu rapat dan hindari membuka-tutup pintu terlalu sering.

3. Matikan Lampu

Selain menghemat listrik, memadamkan lampu ketika tidak digunakan juga dapat menyejukkan ruangan, lho. Soalnya, lampu dapat menghasilkan energi panas yang membuat ruangan terasa lebih gerah.

Sebagai gantinya, kamu juga bisa beralih ke lampu LED. Soalnya, lampu satu ini lebih hemat energi dan tidak menghasilkan panas berlebih seperti bohlam lampu biasa. Berikut adalah rekomendasinya.

lampu LED hemat listrik
Krisbow Set Bohlam Led 7w 5 Pcs – Cool Daylight
Lampu LED hemat energi dengan warna cahaya putih.

Beli di sini

lampu led bohlam rumah
Krisbow Set Bohlam Led 11w 5 Pcs – Cool Daylight
5 pcs lampu LED yang awet dan baik bagi lingkungan.

Beli di sini

4. Menjaga Suhu dalam Rumah

Menjaga suhu di rumah juga cukup penting. Hindarilah hal-hal yang akan membuat udara di rumah jadi semakin panas, seperti memasak terlalu lama.

Soalnya, alat penyejuk ruangan kamu akan bekerja lebih keras untuk membuat ruangan terasa dingin ruangan, yang membuat tagihan listrik jadi ikut membengkak. Apalagi, jika dapur kamu tidak memiliki ventilasi yang cukup sehingga terasa pengap.

5. Menutup Jendela dan Tirai

Cara berikutnya untuk menghadapi panas tanpa mengeluarkan listrik adalah dengan menutup tirai dan jendela rumah yang mengarah langsung ke arah cahaya matahari. 

Bahkan, kamu bisa memasang penutup jendela atau kaca film untuk mencegah sinar matahari menembus masuk ke dalam rumah. Jadinya, udara di dalam rumah pun tetap terasa lebih sejuk.

Nah, kami juga memiliki rekomendasi tirai dan penutup jendela yang bisa kamu beli di bawah ini.

6. Menggunakan Termostat Pintar

Pernah mendengar konsep rumah pintar? Smart home atau yang dikenal rumah pintar merupakan hunian berbasis teknologi yang dapat dikontrol secara otomatis.

Salah satu teknologi pendukung rumah pintar adalah termostat pintar. Alat satu ini dapat menyesuaikan suhu di rumah secara otomatis ketika kamu berada di dalam atau luar rumah.

Keunggulan lainnya adalah kamu dapat mematikan AC di rumah dengan menggunakan smartphone. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi ketika lupa mematikan AC saat berada di luar.

7. Pilih Penyejuk Ruangan Hemat energi

Kini, ada banyak penyejuk ruangan yang hemat energi, tapi tetap mampu menghasilkan udara dingin layaknya penyejuk ruangan biasa, seperti kipas angin dan air cooler berikut ini.

Tentunya, jangan lupa untuk mematikan seluruh alat elektronik ini ketika kamu akan pergi keluar, ya!

kipas hemat listrik
Kris Kipas Angin Lantai 2 In 1 15750 – Hitam
Ketinggian kipas dapat diatur dan mampu menghemat biaya listrik hingga 20%.

Beli di sini

air cooler hemat listrik
Kris Air Cooler 600 Cmh 40 W
Menyejukkan udara di dalam ruangan dengan penggunaan daya yang efisien.

Beli di sini

Itu tadi beberapa tips menghemat listrik saat cuaca panas yang dapat kamu lakukan. Temukan juga cara menghadapi suhu panas hanya dengan klik di sini.

Dapatkan kipas angin dan air conditioner terbaik hanya melalui Ruparupa.

Situs belanja online satu ini juga menawarkan berbagai perlengkapan rumah tangga, seperti sofa, lemari, dan lainnya. Tentu, seluruh perabot ini berasal dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Tetap jaga kesehatan saat cuaca panas ya, Ruppers!