5 Keunggulan dan Tips Memilih Kipas Angin Dinding

0
4950

Kipas angin adalah salah satu alat elektronik pengganti AC, yang berfungsi untuk menyejukkan ruangan. Alat elektronik satu ini cukup populer karena harganya yang ekonomis. Selain itu,n cara pakainya juga mudah dan praktis. . 

Tidak seperti AC, kipas angin terdiri dari beragam jenis, mulai dari ceiling fan,  kipas angin dinding, hingga kipas angin uap. Tentu, hal ini memudahkan kita dalam memilih yang sesuai kebutuhan.

Ruparupa Banner

Salah satu jenis kipas yang cukup sering digunakan adalah kipas angin dinding. Tidak hanya untuk kebutuhan komersial, kipas ini juga cocok dipakai di rumah karena berbagai keunggulannya.

Lantas, Apa saja keuntungan memakai kipas angin dinding?

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa yang membedakan kipas dinding dengan kipas pada umumnya? Dan mengapa kamu harus memilih jenis kipas ini?

Nah, agar tidak penasaran, berikut ini adalah kelebihan kipas angin dinding yang perlu kamu tahu.

1. Menghemat ruangan

Keunggulan pertama yang dimiliki model kipas ini adalah mampu menghemat tempat. Tidak seperti kipas lantai atau duduk, kipas dinding justru memanfaatkan tembok dan ruang vertikal sebagai media pemasangannya. Jadinya, cocok untuk rumah minimalis.

kipas angin dinding

2. Jangkauan lebih luas

Posisinya yang berada di dinding membuat jenis kipas satu ini memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga ruangan pun akan cepat sejuk.

Kamu pun tidak perlu khawatir boros listrik karena daya yang digunakan kipas dinding jauh lebih rendah daripada kipas gantung atau AC. Jadinya, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan sedikit biaya.

Baca Juga:   6 Jenis Diffuser dan Cara Memilih yang Tepat Buat di Rumah

3. Aman bagi anak-anak

Penggunaan kipas dinding juga dinilai lebih aman bagi kamu yang memiliki anak.  Sebab, anak-anak tidak bisa menjangkau bilah kipas dan tidak ada kabel di lantai yang dapat membuatnya terjerat dann tersengat listrik.

4. Mudah dirawat

Tidak seperti AC dan kipas gantung yang posisinya cukup tinggi, kipas dinding dipasang pada ketinggian yang lebih rendah sehingga mudah dibersihkan secara rutin.

Selain itu, kamu juga bisa memasangnya sendiri tanpa memerlukan jasa service sehingga lebih ekonomis, lho!

5. Bisa Jadi Dekorasi

Terakhir, kamu bisa memakai kipas angin dinding sebagai hiasan, lho! Apalagi, ada banyak model dan warna kipas angin yang bisa dipilih sesuai dengan tema ruangan.

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Kipas Angin Dinding yang Baik?

Nah, buat kamu yang tertarik untuk menggunakannya, beberikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli kipas angin. 

1. Tentukan ukuran kipas

Sebelum memilih kipas dinding, tentu kamu perlu mengetahui ukuran ruangan untuk menentukan ukuran kipas yang akan digunakan.

Misalnya, kamu memiliki ruangan dengan ukuran kecil hingga sedang, maka kamu bisa memilih kipas berukuran 16 inci atau 18 inci, seperti berikut ini.

 

kipas angin dinding kris

Kipas hemat energi cocok dipasang pada dinding rumah, ruang kerja, dan cafe.

Beli di sini

kipas angin dinding krisbow

Kipas dengan penggunaan daya yang efisien dan tidak menimbulkan bisjng.

Beli di sini

2. Pertimbangkan kecepatan kipas

Kecepatan kipas angin akan memengaruhi kekuatan udara dan tingkat kebisingan yang dikeluarkan. Jadi, jika kamu menggunakannya di kamar atau ruang tamu, maka kamu bisa memilih kipas dengan kecepatan rendah hingga medium agar tidak terlalu berisik.

Baca Juga:   8 Alat Masak Elektronik Praktis yang Wajib Kamu Miliki

3. Perhatikan fitur tambahan

Beberapa kipas dinding saat ini sudah dilengkapi dengan fitur tambahan yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Sebagai contoh, terdapat kipas dinding yang bisa dikontrol dengan remote. Ada pula yang dilengkapi dengan thermofuse untuk mencegah terjadinya overheat, seperti rekomendasi kipas angin dinding di bawah ini.

 

kipas angin dinding
Kipas ini dilengkapi remote sehingga mempermudah pengoperasian dan mudah dibersihkan.

Beli di sini

kipas angin 2 in 1
Kipas hemat daya dengan thermofuse dan bisa diletakkan di lantai atau dipasang pada tembok.

Beli di sini

4. Pilih model kipas yang sesuai

Terakhir, kamu dapat mempertimbangkan model kipas yang kamu inginkan sebelum membelinya. Apakah kamu menyukai model kipas yang modern atau memiliki gaya komersial.

Jangan lupa untuk menyesuaikan model kipas ini dengan gaya ruangan kamu agar tetap harmonis, ya.

Nah, itu dia keunggulan dan tips memilih kipas angin dinding yang wajib kamu tahu. Jika kamu tertarik, kamu bisa mendapatkan beragam jenis kipas angin berkualitas hanya melalui ruparupa.

Beli kipas angin dinding hemat hingga 50%
klik di sini

Situs belanja online satu ini juga menawarkan berbagai perlengkapan rumah tangga lain dari merek terkenal milik Kawan Lama Group,yaitu INFORMA, INFORMA Elektroniks, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, belanja sekarang sebelum kehabisan!

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.