6 Cara Mengatur Suhu AC agar Cepat Dingin

0
229
cara mengatur suhu ac agar cepat dingin
Sumber : pexels.com

Pada saat cuaca panas, AC akan menjadi penolong dan teman utama. Banyak orang yang tidak sabar ingin membuat suhu AC ruangannya cepat dingin. Nah, agar AC tidak cepat rusak, kami punya beberapaa cara mengatur suhu AC yang tepat.

Ini Tips agar AC Cepat Dingin

Simak beberapa tips untuk membuat ruangan Anda lebih cepat dingin dan nyaman berikut ini.

1. Pastikan AC sudah dalam mode Cool

Setiap AC biasanya memiliki berbagai mode, seperti cool, dry, fan, dan auto, yang masing-masingnya mempunyai fungsi berbeda. 

Untuk membuat ruangan menjadi cepat dingin, Anda harus memastikan AC berada pada mode cool. Biasanya, mode ini ditandai dengan simbol “atau seperti serpihan salju. 

Dengan menggunakan mode ini, AC pada ruangan Anda akan menjadi lebih dingin dengan cepat.

2. Ketahui suhu yang tepat untuk ruangan

Saat membeli AC, pastikan  Anda menyesuaikan dayanya dengan luas ruangan. Lalu, Anda dapat mengatur suhu AC sesuai dengan standar yang ada, yaitu berkisar pada 22 hingga 25 derajat Celcius (°C). 

Baca Juga:   Tips Memilih Botol Minum Bpa Free Untuk Keluarga

3. Turunkan suhu secara bertahap

Seringkali, kita punya kebiasaan untuk langsung memasang suhu AC ke derajat yang paling rendah, yaitu 16-18°C. Ternyata, hal tersebut tidak boleh dilakukan, loh, Ruppers.

Bila Anda langsung mengatur AC pada suhu terendah, maka AC akan bekerja lebih keras dan memakan banyak daya listrik. Hal ini sangat tidak dianjurkan bagi Anda yang sedang menghemat listrik.

Lebih baik Anda dapat menurunkan suhunya dengan perlahan dan secara bertahap. Misalnya, berikan jeda waktu selama 10 menit dengan menurunkan satu derajat sampai  mencapai suhu yang diinginkan. 

mengatur suhu AC pada ruangan
Sumber : pexels.com

4. Atur fan speed atau kecepatan kipas ke maksimal

Biasanya, setiap AC memiliki tiga pengaturan kecepatan putaran kipas, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Agar AC pada ruangan cepat dingin, aturlah kecepatannya pada tingkat maksimal. Cara ini juga bisa membuat udara AC lebih cepat merata.

Namun, pastikan arah AC tidak langsung mengarah ke tubuh Anda, ya. Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Baca Juga:   5 Tips untuk Prewedding Outdoor Anda

5. Nyalakan mode swing

Buatlah udara dari AC cepat merata ke seluruh ruangan, Anda bisa menyalakan mode swing. Biasanya, setiap AC memiliki dua mode swing, yaitu ke arah atas bawah dan kanan kiri. 

Nah, Anda dapat menyalakan kedua mode itu sekaligus agar ruangan lebih cepat terasa sejuk. 

6. Jangan menyalakan dan mematikan AC terlalu sering

Banyak orang yang seringkali menyalakan AC terlalu dingin hingga 16°C. Kemudian, saat sudah kedinginan, mereka akan segera mematikannya dan menyalakannya lagi jika mulai merasa panas.

Namun, hindari melakukan hal seperti ini, ya, Ruppers. Cara ini justru akan membuat AC bekerja terlalu keras sehingga menyerap daya listrik yang semakin besar. Tentunya, bisa-bisa tagihan listrik Anda membengkak. 

Nah, itu dia 6 cara yang dapat Anda coba untuk mengatur suhu AC di ruangan agar bisa lebih cepat dingin. 

Pastikan juga Anda menggunakan AC berkualitas, yang bisa Anda dapatkan hanya melalui Ruparupa.com. Yuk, simak beberapa rekomendasi produk berikut ini!

Samsung Air Conditioner 1pk Ar09tghqasinse
Samsung Air Conditioner 1pk Ar09tghqasinse beli di Ruparupa.com.
AC satu ini memiliki berbagai fitur canggih dan lengkap sehingga dapat memberikan kesejukan yang nyaman pada ruangan Anda.

Beli di sini

Krisbow Talang Ac Tipe Split
Krisbow Talang Ac Tipe Split beli di Ruparupa.com
Talang AC ini mampu menahan atau mencegah semburan AC agar tidak langsung mengenai tubuh Anda sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh.

Beli di sini

Daikin Set Air Conditioner Multi Split B 2mkc30rvm
Daikin Set Air Conditioner Multi Split B 2mkc30rvm beli di Ruparupa.com.
Dengan set AC ini, Anda dapat lebih menghemat dan praktis. Selain itu, AC ini juga sangat hemat biaya dan juga tahan lama.

Beli di sini

Apa Air Cooler 10ltr 85w
Apa Air Cooler 10ltr 85w beli di Ruparupa.com.
Air cooler ini dapat menjadi pengganti AC dengan daya listrik yang hemat dan dapat menyejukkan area dengan cepat.

Beli di sini