Ketahui 6 Perbedaan Air Cooler dan AC Ini

0
1274
perbedaan air cooler dan ac
Sumber: Ruparupa.com

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia pasti punya pendingin udara di rumah. Selain air conditioner atau AC,  ternyata air cooler juga dapat menjadi alternatif pilihan untuk mendingingkan udara di dalam rumah, lho.

Sayangnya, keberadaan air cooler masih kurang diketahui oleh banyak orang.  Apalagi, keduanya punya kesamaan fungsi yang mirip, yaitu sebagai pendingin ruangan. 

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Perbedaan Air Cooler dan AC?

Nah, berikut ini perbedaan air cooler dan AC yang jarang kita ketahui.

1. Besar Daya Listrik

Sebagai alat pendingin, ternayta air cooler mampu menghemat daya listrik hingga 20% lebih kecil dari AC, lho. Tentu, hal ini akan membuat kita lebih hemat listrik ketimbang memakai AC.

Umumnya, AC menggunakan daya sekitar 320 watt untuk ukuran ½ PK dan 660 watt untuk ukuran 1 PK. Namun, air cooler hanya membutuhkan daya sebesar 60-100 watt. Sangat hemat, bukan?

2. Penempatan

Seperti namanya, kamu hanya dapat menempatkan air cooler di daerah yang panas dan kering karena fungsinya untuk menyejukkan udara. Sedangkan AC, bisa kamu gunakan di daerah panas atau dingin karena punya fitur yang lebih canggih. 

Baca Juga:   6 Langkah Mudah Membersihkan Kipas Angin Gantung

Selain untuk mendinginkan ruangan, ada fitur AC yang bisa digunakan untuk menghangatkan ruangan. Tidak heran bila AC sering digunakan di negara empat musim juga. 

Meski begitu, air cooler bersifat portable sehingga mudah untuk dipindahkan ke mana saja yang kamu mau. Sedangkan AC, kamu hanya bisa memasangnya pada satu ruangan saja.

penempatan air conditioner
Sumber: Pexels.com

3. Segi Keramahan Lingkungan

Air cooler juga lebih ramah lingkungan dibandingkan AC. Soalnya, air cooler hanya membutuhkan air untuk menyerap udara panas. 

Di sisi lain, AC menggunakan bahan freon untuk dapat menyejukkan udara. Nah, hal ini menjadi salah satu penyebab terjadinya pemanasan global karena freon dapat merusak lapisan ozon bumi.

4. Segi Harga

Biasanya, harga air cooler lebih terjangkau daripada AC. Hal ini dikarenakan AC memiliki fitur yang lebih lengkap dan sistem yang cukup kompleks.

Selain itu, AC juga tidak dapat dipasang sendiri sehingga diperlukan biaya tambahan untuk memasang AC.

5. Cara Kerja

Cara kerja AC relatif lebih rumit karena menggunakan bahan kimiawi untuk mengalirkan udara panas ke kumparan, yang berisi cairan pendingin dan mengubahnya menjadi gas untuk melakukan pendinginan.

Baca Juga:   15 Alat Elektronik Rumah Tangga Untuk Keseharian

Namun, air cooler memiliki cara kerja yang lebih sederhana. Kamu hanya perlu mengisi dan memasukkan air ke dalamnya untuk menghasilkan udara yang sejuk. 

6. Segi Perawatan

Merawat AC juga harus dilakukan secara rutin dan membutuhkan jasa tukang service untuk membersihkan, serta menambahkan freon ke dalam AC agar tetap sejuk.

Sementara itu, untuk memelihara dan merawat air cooler cenderung lebih sederhana. Kamu hanya perlu membongkar dan membersihkan kipas dari debu.

menggunakan air cooler
Sumber: Ruparupa.com

Itu dia bedanya AC dan air cooler. Nah, dari kedua alat tersebut, mana yang paling pas dengan kebutuhan kamu, Ruppers?

Tenang, kamu bisa mendapatkan berbagai model air cooler dan AC dengan kualitas terbaik hanya melalui Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai peralatan rumah tangga kualitas terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi. 

Kami juga mempunyai rekomendasi air cooler dan AC yang bisa kamu gunakan di rumah, seperti berikut ini.

air cooler
Kris Air Cooler 600 Cmh 40 W
Air cooler ini dapat membantu untuk menyejukkan dan menjaga kelembaban udara.

Beli di sini

ac
Samsung Air Conditioner 1 Pk Ar09tghqasinse
AC ini cepat dalam menyejukkan udara dan dilengkapi dengan filter debu.

Beli di sini

air cooler kris
Kris Evaporative Air Cooler 1500 Cmh – Abu-abu
Tagihan listrik lebih hemat dengan menggunakan air cooler berikut ini.

Beli di sini

air conditioner
Sharp Air Conditioner 1/2pk Ah/au-a5vey
Mendinginkan ruangan lebih maksimal tanpa merusak lapisan ozon dengan AC berikut ini.

Beli di sini