5 Cara Memilih Lampu LED Agar Hemat Listrik

0
671
Sumber: Unsplash.com

Model lampu rumah semakin beragam. Bila dulu kita hanya menggunakan lampu bohlam sebagai penerangan di rumah, kini sudah hadir lampu LED dengan model yang lebih minimalis.

Apalagi, penggunaan lampu plafon ini tidak hanya bisa memberikan pencahayaan di dalam ruangan, tetapi juga bisa menjadi dekorasi rumah.

Ruparupa Banner

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Lampu LED yang Tepat? 

Umumnya, harga lampu LED mungkin sedikit lebih mahal dibandingkan lampu pijar biasa. Soalnya, lampu ini memiliki teknologi yang canggih dan bisa menghemat penggunaan listrik.  Namun, beberapa hal berikut ini perlu kita perhatikan.

1. Pilih Ukuran Lampu yang Tepat

Ukuran lampu juga bisa memengaruhi penggunaan listrik. Selain memperhatikan diameter dari lampu tersebut, terutama bila memakai lampu downlight, daya watt lampu juga perlu menjadi pertimbangan.

Kamu bisa melihat ukuran kecerahan lampu berdasarkan dari lumens dan watt lampu.

Nah, biasanya cahaya 800 lumen setara dengan lampu pijar 60 watt. Sedangkan 1600 lumen memiliki terang yang sama dengan lampu pijar 100 watt.

2. Gunakan Warna Lampu yang Sesuai

Warna lampu juga menjadi hal yang penting. Untuk mengetahui warna lampu yang sesuai, kita harus mengetahui letak pemasangan lampu tersebut..

Misalnya, untuk ruang kerja, kamu bisa memilih warna lampu warm white untuk melepaskan rasa penat atau lampu cool white bila kamu ingin lebih fokus bekerja.

lampu rumah

3. Pakai Lampu yang Bisa Diatur Tingkat Cahayanya

Seiring perkembangan teknologi, model lampu pun semakin canggih. Nah, salah satunya adalah adanya fitur pengaturan tingkat cahaya.

Baca Juga:   9 Warna Keberuntungan Feng Shui di Tahun Macan Air

Cara ini akan membuat kamu bisa lebih hemat dalam menggunakan lampu, lho. Soalnya, kamu bisa mengatur tingkat keterangan cahaya lampu sendiri.

4. Gunakan jumlah lampu yang sesuai

Lokasi pemasangan lampu juga akan memengaruhi jumlah lampu yang dibutuhkan. Selain itu, hal ini juga berpengaruh pada pencahayaan di dalam ruangan.

Bila kamu ingin membuat ruangan terlihat lebih terang, meletakkan beberapa lampu di sudut ruangan bisa menjadi solusi. Tentu, hal ini bisa membuat biaya listrik jadi lebih boros.

Untuk itulah, kita harus memilih lampu yang bisa menerangi seluruh ruangan, meski jumlah yang dipasang tidak banyak.  Jumlah lampu yang tepat bisa membuat penggunaan listrik jadi lebih hemat.

5. Ketahui Jenis Lampu

Jenis lampu LED di rumah cukup beraneka ragam. Untuk itu, kita perlu mengetahui model lampu plafon yang sesuai dengan gaya interior hunian kita.

Supaya tidak salah pilih, simak beberapa jenis lampu berikut ini.

  •  LED Flush Mount

Tipe Led Flush Mount cocok digunakan untuk ruangan dengan langit-langit yang rendah. Desain yang sederhana dan minimalis, tetapi bisa membuat rumah tampak lebih menawan. Kamu bisa menggunakannya di area ruang tamu, kamar tidur, dan lorong.

Namun, model lampu ini mungkin tidak cocok untuk langit-langit dengan ketinggian lebih dari 8 kaki atau 2,43 meter. Hal tersebut akan membuat ruangan tampak sesak.

Keuntungan lampu ini adalah tidak mudah kotor seperti model semi-flush atau lampu gantung, seperti  rekomendasi kami berikut ini.

Eglo Frania Lampu Langit-langit Round 33.5w 3000k

Beli di sini

  •  Lampu Sensor Gerak dan Smart LED

Jenis lampu satu ini biasanya dilengkapi dengan sensor gerak. Jadi, ketika kita berjalan di malam hari, lampu ini otomatis akan menyalah. Kamu bisa menggunakan lampu model ini di area lorong dekat kamar mandi dan area tangga.

Baca Juga:   7 Tips Menggunakan Rice Cooker Agar Tetap Awet

Sedangkan lampu Smart LED, biasanya memiliki fitur yang bisa kita atur hanya menggunakan ponsel, mulai dari warna lampu, intensitas lampu, serta timer untuk menyalakan dan mematikan lampu.

Berikut rekomendasi lampu sensor gerak dan Smart LEDyang bisa kamu gunakan di rumah.

cara memilih lampu
Krisbow Bohlam Smart Led Dimmable 14 W – Multi Color

Beli di sini

Kris Bohlam Led Dengan Sensor Gerak 6w – Cool Daylight

Beli di sini

  • Lampu downlight

Lampu plafon satu ini juga cocok untuk menerangi ruangan dengan plafon rendah. Agar lebih efektif, kamu perlu memasang gunakan beberapa lampu downligh. Nah, berikut rekomendasi lampu yang bisa kamu gunakan di rumah.

Krisbow Lampu Downlight Led Round 15w 3000k – Warm White

Beli di sini

lampu LED rumah
Krisbow Set Lampu Downlight Led Wave 8w 6500k 3pcs

Beli di sini

  • Lampu LED Strip

Lampu ini biasanya berbentuk seperti kabel panjang. Nah, kamu bisa memasang lampu ini di celah plafon untuk menciptakan efek mewah di dalam ruangan.

Namun, perlu diingat bahwa lampu model satu ini tidak bisa dijadikan sumber cahaya utama, melainkan sebagai aksen cahaya tambahan untuk membuat ruangan lebih menarik. Berikut rekomendasi lampu LED strip yang bisa kamu gunakan di rumah

lampu LED
Krisbow 5 Mtr Lampu Led Strip 25w 3000k

Beli di sini

Tips Memilih Lampu LED
Krisbow 5 Mtr Lampu Led Strip 25w 6500k

Beli di sini

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih lampu di rumah. Nah, bila kamu sedang mencari lampu plafon berkualitas, kamu bisa mengunjungi Ruparupa.

Temukan desain lampu plafon dengan harga yang terjangkau
Klik di sini

Selain itu, kamu juga bisa menemukan beragam perlengkapan dan perabot rumah tangga unggulan dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.