Atasi Cuaca Panas Indonesia dengan 5 Alat Berikut!

0
3146
cuaca panas Indonesia
Sumber: Ruparupa.com

Beberapa hari terakhir ini, sebagian wilayah Indonesia sedang dilanda dengan suhu panas yang diperkirakan akan berlangsung hingga pertengahan Mei nanti.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu maksimal yang tercatat mulai 1-7 Mei 2022 mencapai 33-36,1 derajat Celsius. Suhu panas ini terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara.

Ruparupa Banner

Penyebab fenomena panas ini terjadi karena posisi semu matahari sudah berada di wilayah utara ekuator. Ini menandakan bahwa beberapa wilayah di Indonesia akan memasuki musim kemarau.

Melansir dari beberapa sumber, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam keterangan tertulis mengatakan bahwa pertumbuhan awan dan fenomena hujan akan mulai berkurang.

Akibatnya, intensitas sinar matahari akan berada di tingkat yang maksimal. Keadaan inilah yang akan membuat cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari lebih mendominasi.

Selain itu, Guswanto juga mengungkapkan bahwa suhu panas terik yang terjadi di Indonesia ini bukan fenomena gelombang panas. Namun, hal yang sedang terjadi adalah fenomena kondisi suhu panas atau terik dalam skala variabilitas harian.

Untuk menghadapi cuaca panas di Indonesia, BMKG pun menghimbau agar masyarakat dapat menjaga stamina tubuh dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Apalagi, cuaca panas ini bisa menyebabkan dehidrasi, kelelahan, dan dampak lainnya.

Rekomendasi Perlengkapan Rumah Tangga untuk Mengatasi Cuaca Panas Indonesia

Untuk itulah, kali ini, kami punya rekomendasi perlengkapan rumah tangga yang bisa kamu gunakan untuk menghadapi cuaca panas di Indonesia.

Baca Juga:   4 Keunggulan dan Tips Memilih Kipas Angin Dinding

Selain alat penyejuk ruangan, ada juga alat elektronik yang berfungsi untuk menghindari suhu udara yang kering di dalam rumah. Lalu, apa saja perlengkapan rumah tangga tersebut? Yuk, simak berikut ini.

1. Air conditioner

Jika mendengar mengenai penyejuk udara, pasti alat elektronik pertama yang kita pikirkan adalah air conditioner (AC). Sebenarnya, AC berfungsi untuk mengatur temperatur di dalam ruangan tetap seimbang.

Namun, di negara tropis seperti Indonesia, AC lebih sering digunakan untuk mendinginkan ruangan.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari air conditioner terbaik, kami punya rekomendasinya berikut ini.

cuaca panas indonesia
Daikin Air Conditioner Inverter 3/4 Pk Stkq20uv

Beli di sini

air conditioner
Panasonic Air Conditioner 1 Pk Cs/cu-xn9wkj – Putih

Beli di sini

2. Kipas angin

Kipas angin bisa jadi andalan untuk menghasilkan udara lebih sejuk di dalam rumah. Selain modelnya yang lebih mudah dipindah-pindahkan, model kipas angin cukup beragam, mulai dari kipas lantai, kipas uap, hingga kipas dinding.

Namun, jika kamu membutuhkan kipas yang lebih sejuk dan bisa melembabkan udara, kamu bisa memilih untuk menggunakan kipas uap, seperti rekomendasi produk berikut ini.

cuaca panas Indonesia
Krisbow Kipas Angin Uap Dengan Remote 75 W

Beli di sini

3. Air cooler

Bagi kamu yang sedang mencari alternatif pendingin ruangan yang tidak seboros air conditioner, maka kamu bisa memilih menggunakan air cooler.

Meski kipas angin juga mampu menyejukkan ruangan, tetapi air cooler memiliki fitur yang lebih canggih karena bisa melakukan pengaturan suhu.

Nah, kami memiliki produk rekomendasi air cooler dengan model minimalis yang bisa jadi pilihan terbaik buat rumah kamu, seperti berikut ini.

air cooler untuk cuaca panas Indonesia
Krisbow Evaporative Air Cooler 6 Ltr – Putih

Beli di sini

air cooler
Klaz Evaporate Air Cooler 5.5 Ltr

Beli di sini

4. Air purifier

Cuaca yang panas cenderung membuat udara menjadi kering. Akibatnya, rumah kita akan dipenuhi dengan debu yang terbawa oleh partikel udara. Nah, untuk menyaring udara kotor tersebut, kamu bisa menggunakan air purifier.

Air purifier bekerja dengan menyaring udara kotor untuk menghasilkan udara bersih. Tidak hanya itu, air purifier bisa menyaring bau yang tidak sedap, loh.

Baca Juga:   Resep Strawberry Orange Yakult, Segarkan Dahaga

Kami memiliki rekomendasi air purifier yang bisa kamu gunakan untuk menyaring udara di rumah kamu, seperti produk berikut ini.

air furifier
Kris Smart Air Purifier 24m2 – Putih

Beli di sini

air purifier
Kris Air Purifier Portable – Hitam

 Beli di sini

5. Air humidifier

Untuk melembabkan udara kering, kamu bisa memakai air humidifier. Apalagi, ruangan yang panas lebih mudah menjadi kering. Untuk itulah, kelembaban udara di dalam ruanagn harus selalu dijaga, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Kami punya beberapa rekomendasi air humidifier untuk mengatasi udara panas dan kering di rumah, seperti berikut ini.

cuaca panas Indonesia
Bear Humidifier 5 Ltr 30 Watt – Putih

Beli di sini

Nah, itu dia beberapa rekomendasi alat elektronik untuk mengatasi cuaca panas di Indonesia, terutama menjelang musim kemarau.

Selain menggunakan alat pendingin, pastikan asupan air minum tetap terjaga dengan selalu membawa botol minum ke mana pun kamu pergi. Jadinya, tubuh pun terhindar dari dehidrasi dan tetap sehat.

Berikut rekomendasi botol minum yang bisa kamu gunakan.

suhu panas indonesia
Quokka 670 Ml Mineral Mint Botol Minum Tritan

Beli di sini

 

botol minum suhu panas indonesia
Quokka 520 Ml Mineral Geo Palm Botol Minum Tritan

Beli di sini

Kamu bisa menemukan berbagai alat penyejuk ruangan dan botol minum terbaik
hanya di Ruparupa.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai kebutuhan home living dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.