25 Cara Menghemat Listrik agar Tagihan dapat Berkurang

0
2107
25 Cara Menghemat Listrik

Tagihan listrik terus membengkak setiap bulannya? Kesal dan bingung gimana cara menghemat listrik jika ada banyak alat elektronik di rumah kita ? Jangan khawatir ! Ada banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat kebutuhan listrik dan menekan tagihan listrik di rumah. 

Selain itu, ternyata dengan menghemat listrik, kita juga dapat membantu mengurangi emisi karbon dioksida dari pembakaran energi yang tidak bersih. 

Tidak perlu pusing. Kamu dapat menghemat lebih banyak daya listrik di rumah dengan mencoba 25 cara ini :

Gunakan listrik prabayar

Cara Menghemat Listrik dengan Listrik Prabayar

Dengan menggunakan meteran listrik dengan sistem prabayar ini, kamu dapat mengatur sendiri seberapa penggunaan listrik di rumahmu agar tetap hemat.

Matikan alat elektronik saat tidak digunakan

Menghemat listrik dengan mencabut kabel

Mematikan semua alat elektronik yang tidak digunakan di rumah merupakan cara yang sangat ampuh untuk menghemat listrik dan mengurangi tagihan secara signifikan.

Jangan biarkan peralatan elektronik kamu tetap terhubung dengan stop kontak listrik jika sudah selesai menggunakannya. Mulailah membiasakan diri untuk selalu mencabut kabel yang tidak terpakai.

Cabut steker pengisi daya baterai

Menghemat listrik dengan mencabut steker pengisi baterai

Siapa nih yang setelah mengisi daya baterai ponsel hingga penuh lalu membiarkan kabelnya tetap terhubung dengan stop kontak ? 

Stop melakukan hal itu ya, Ruppers! Kabel yang masih terhubung dengan stop kontak saat tidak terpakai tetap akan mengalirkan arus listrik loh. Jadi, jika ingin menghemat listrik, hindari kebiasaan ini ya.

Gunakan perangkat yang hemat daya atau low watt

Banyak peralatan elektronik saat ini yang sudah memiliki fitur khusus untuk menghemat penggunaan listrik, seperti pada AC, kulkas, mesin cuci, dan lainnya.

Biasanya akan ada keterangan yang dapat memudahkan kamu mencari alat elektronik mana yang memiliki watt kecil atau low watt.

Gunakan lampu LED

Menghemat listrik dengan lampu led
Dapatkan lampu led berkualitas hanya di Ruparupa.com

Walaupun harga lampu LED sedikit lebih mahal dibandingkan yang biasa, tetapi lampu ini memiliki banyak sekali keunggulan loh.

Pemakaian lampu LED dapat menghemat listrik hingga 90 persen. Lampu LED dapat mengeluarkan cahaya yang lebih terang, dan tahan lama daripada lampu biasa. Hal ini dapat menjadi salah satu cara menghemat listrik yang efektif. 

Gunakan lampu seperlunya

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan tagihan listrik adalah menyalakan lampu di siang hari atau saat tidak berada di rumah. 

Di siang hari, akan lebih baik jika mematikan lampu-lampu di rumah dan memanfaatkan sinar atau cahaya matahari yang masuk.

Gunakan kipas angin

Menghemat listrik dengan menggunakan kipas angin
Dapatkan kipas angin berkualitas hanya di Ruparupa.com

Kipas angin membutuhkan daya listrik yang lebih sedikit dibandingkan AC, sehingga dapat menjadi salah satu solusi jika merasa panas di suatu ruangan, tetapi ingin tetap menghemat listrik.

Maksimalkan pintu dan jendela

menghemat listrik dengan Cahaya dari jendela
Sumber : unsplash.com

Semakin banyak udara dan cahaya yang masuk melalui pintu atau jendela tentunya akan membantu kamu untuk menghemat listrik, khususnya di siang hari.

Sinar matahari yang masuk melalui pintu ataupun jendela akan cukup untuk menerangi rumahmu, sehingga tidak perlu menyalakan lampu lagi. Selain itu, dengan banyaknya ventilasi udara yang ada, rumahmu akan menjadi lebih sejuk.

Gunakan gorden yang sesuai

Jika sinar matahari yang masuk ke rumahmu saat siang hari terlalu panas, gunakanlah gorden atau tirai yang sesuai. Dengan begitu, kamu akan tetap nyaman dan rumahmu juga terang.

Matikan alat elektronik di malam hari

Saat aktivitas kita berakhir dan akan beristirahat di malam hari, jangan lupa untuk mematikan semua peralatan elektronik dan juga lampu di rumah. Selain dapat menghemat listrik, kamu juga dapat mendapatkan istirahat yang lebih maksimal.

Pilih mesin cuci yang sesuai kebutuhan

Saat akan membeli mesin cuci, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhanmu agar dapat lebih menghemat listrik dan juga biaya perawatannya. 

Semakin besar kapasitas tampungan mesin cuci, daya listrik yang terpakai juga akan lebih tinggi. 

Keringkan pakaian secara alami

menghemat listrik dengan menjemur pakaian secara alami
Sumber : unsplash.com

Kamu dapat mempertimbangkan cara ini untuk dapat lebih menghemat listrik. Walaupun mesin cuci saat ini kebanyakan sudah memiliki fitur pengeringnya sendiri, akan lebih baik jika tidak selalu menggunakannya agar dapat mengurangi konsumsi listrik. Kamu dapat memilih alternatif lain, yaitu dengan menjemur baju di bawah sinar matahari.

Gunakan TV LED

TV LED mengonsumsi listrik lebih hemat hingga 50 persen dibandingkan dengan model yang lama. Selain itu, tampilan dari TV LED ini sendiri tentunya akan lebih nyaman dan jelas, sehingga akan memberikan pengalaman menonton yang lebih baik. 

Gunakan laptop daripada PC

Gunakan laptop untuk menghemat listrik
Sumber : unsplash.com

Bagi sebagian orang, menggunakan PC akan lebih baik dan leluasa karena mampu menampung data yang besar. Akan tetapi, CPU pada PC dapat menyedot listrik dalam jumlah yang lebih banyak. PC membutuhkan daya listrik lebih dari 400 watt, sedangkan laptop hanya kisaran 25 watt

Dengan begitu, lebih baik untuk beralih ke laptop yang tentunya juga memiliki banyak keunggulan, seperti lebih hemat listrik, mudah membawanya kemana-mana, dan lain-lain.

Pilihlah setrika dengan pengatur panas otomatis

Saat menyetrika, tentunya akan menghabiskan waktu yang cukup lama. Setrika yang tidak memiliki pengatur panas otomatis akan terus mengalirkan listrik. 

Hal ini yang menjadi alasan mengapa kamu perlu memilih setrika yang memiliki pengatur panas otomatis agar dapat membantumu lebih menghemat listrik. 

Jangan sering-sering menghidupkan dan mematikan AC

Tidak sedikit orang yang seringkali mematikan AC saat suhu di ruangannya telah mencapai suhu tertentu sebagai langkah untuk menghemat listrik. 

Nyatanya, dengan terus menghidupkan dan mematikan AC akan menyedot daya listrik yang lebih banyak. Hal tersebut akan meningkatkan beban pada AC saat kamu menyalakannya kembali. 

Jadi, akan lebih baik jika menyalakan AC, atur di suhu 24 hingga 28 derajat. Kamu dapat menaikkan suhu AC secara bertahap 1 derajat apabila merasa sudah terlalu dingin, sehingga dapat menghemat listrik yang kamu gunakan.

Gunakan air panas saat memasak nasi

Memasak nasi menggunakan rice cooker hemat daya memang dapat mengurangi konsumsi listrik. Tetapi, tahukah kamu kalau ada cara lain yang dapat membuatmu lebih menghemat listrik ?

Kamu dapat mulai memasak nasi menggunakan air panas. Selain dapat menghemat listrik, ternyata memasak nasi dengan air panas dapat membuat prosesnya menjadi lebih cepat loh !

Kurangi penggunaan microwave

Mengurangi penggunaan microwave
Sumber : unsplash.com

Memanaskan makanan dengan microwave memang lebih simpel dan praktis. Tetapi, dalam sekali penggunaannya saja, microwave dapat menghabiskan daya sebesar 850 hingga 2000 watt. Jadi, akan lebih baik jika kamu memanaskan makanan dengan cara mengukusnya.

Meminimalisir penggunaan dispenser

Pemanas dan pendingin air pada dispenser ini ternyata dapat mengonsumsi daya listrik dalam jumlah yang lebih banyak. Jadi, untuk menghemat listrik, akan lebih baik jika kamu memasak air panas sendiri di kompor dan jika memerlukan air dingin, kamu dapat mendinginkannya di kulkas.

Batasi atau jadwalkan penggunaan elektronik daya besar

Ketahui mana saja perangkat elektronik di rumahmu yang memiliki daya listrik besar, sehingga kamu dapat mengatur penggunaan alat-alat tersebut. 

Kamu dapat menjadwalkan penggunaan dari setiap alatnya, seperti menggunakan mesin cuci dua kali seminggu, menggunakan AC hanya saat akan tidur di malam hari, dan sebagainya. 

Turunkan suhu kulkas

Kebanyakan orang mungkin tidak terlalu memperhatikan suhu dari kulkas kita. Kamu dapat menaikkan suhu kulkas saat dirasa sudah terlalu dingin atau tidak terlalu banyak isi di dalamnya untuk dapat lebih menghemat listrik.

Selain itu, suhu kulkas yang terlalu rendah atau dingin dapat membuatnya lebih berat bekerja sehingga bisa saja menjadi cepat rusak.

Tidak memasukkan makanan panas ke dalam kulkas

Siapa yang sering memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas ? Ternyata itu dapat membuat kamu gagal menghemat listrik loh!

Makanan atau minuman panas dapat berdampak pada suhu kulkas yang membuatnya lebih berat bekerja dan mengonsumsi lebih banyak daya listrik. Jadi, hindari memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas ya, Ruppers!

Jangan biarkan kulkas dalam keadaan terlalu penuh atau kosong

Tahukah kamu kalau isi kulkas yang tidak sesuai dengan kapasitasnya akan membuat kinerja kulkas menjadi kurang baik ? 

Kulkas yang terlalu penuh atau bahkan kosong dapat membuatnya bekerja ekstra untuk menyesuaikan suhu di dalamnya. Daya listrik yang terpakai juga tentunya akan semakin besar. Jadi, isi kulkas kamu sesuai dengan kapasitasnya ya.

Perbanyak tanaman di rumah

Membuat taman dalam rumah
Sumber : countryliving.com

Kamu juga dapat menghemat listrik di rumah dengan memperbanyak tanaman di sekitar rumah. Ada berbagai tanaman hias penyejuk rumah yang dapat menjadi pilihan kamu.

Selain dapat membuat rumahmu menjadi lebih indah, adanya tanaman-tanaman ini dapat membuat udara sekitar menjadi lebih sejuk dan segar. Hal ini tentunya dapat membantu kamu mengurangi penggunaan AC atau kipas angin.

Lakukan bersama seluruh anggota keluarga

Tentunya semua cara sebelumnya tidak dapat berjalan maksimal jika tidak seluruh orang di rumah yang melaksanakannya. Yuk ajak seluruh anggota keluargamu untuk dapat bersama-sama menghemat listrik!

Nah, Ruppers ! Sudah tahu kan bagaimana cara untuk menghemat listrik di rumah anda agar tagihan dapat berkurang ? Untuk membantu kamu lebih menghemat listrik, berikut rekomendasi produk-produk yang yang dapat kamu beli di Ruparupa.com :

Kris Kipas Angin 3 In 1 40 Cm
Kris Kipas Angin 3 In 1 40 Cm beli di Ruparupa.com

gorden magnolia pink
Arthome 140 x 250 cm Gorden Magnolia Pink beli di Ruparupa.com

Produk-produk rekomendasi diatas dapat kamu temukan dengan mudah di Ruparupa.com. Yuk, belanja sekarang dan dapatkan berbagai penawaran menarik!