5 Tips Agar Listrik Rumah Tetap Aman Saat Pergi Mudik

0
1947
tips listrik aman
Sumber: Zoro

Tidak terasa hari Raya Idul Fitri sebentar lagi tiba. Sejak pemerintah menetapkan jadwal libur lebaran dan cuti bersama, banyak orang yang mulai berbondong-bondong melakukan persiapan mudik.

Apalagi, mudik merupakan salah satu tradisi yang dimiliki masyarakat Indonesia ketika merayakan hari kemenangan, yakni pulang ke kampung halaman. Tidak heran bila banyak orang yang sudah mulai membeli tiket mudik.

Ruparupa Banner

Selain persiapan buat perjalanan mudik, ada hal lain yang juga penting untuk kita pikirkan, yaitu keamanan rumah. Tentu, hal krusial yang sering menjadi kekhawatiran banyak orang adalah memastikan bahwa listrik rumah tidak mengalami gangguan.

Bagaimana Cara Menjaga Listrik Aman saat Mudik?

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi. Kali ini, kami akan memberikan tips agar listrik tetap aman selama kamu melakukan perjalanan mudik yang bisa kamu terapkan. Apa saja tipsnya?

1. Mencabut semua colokan listrik

Hal pertama yang harus kamu lakukan mencabut semua colokan listrik, mulai dari AC, kipas angin, rice cooker, TV, komputer, dan lain-lainnya. Hal ini bisa mencegah terjadinya kerusakan dan terbakar akibat sambaran petir saat hujan.

Selain itu, semakin sedikit listrik yang mengalir di dalam ruma, maka semakin aman pula sebuah hunian saat ditinggal pergi.

Baca Juga:   Ini 8 Penyakit Saat Lebaran yang Sering Muncul
tips listrik aman
Sumber: mdelectrical.nz

2. Mematikan alat elektronik yang tidak diperlukan

Selain mencabut colokan listrik, pastikan juga semua perangkat elektronik yang tidak perlu sudah berada dalam keadaan tidak menyala. Dengan mematikan semua alat elektronik, maka kemungkinan terjadinya korsleting pun akan berkurang.

3. Menyalakan lampu secukupnya

Untuk menjaga rumah tetap aman dan terjaga, kamu perlu menyalakan lampu agar rumah tetap terang. Jadinya, rumah kamu pun tidak menjadi sasaran bagi oknum yang tidak bertanggung jawab.

Meski perlu menyalakan lampu, ada baiknya kamu hanya menyalakan lampu secukupnya, seperti di area bagian teras rumah saja. Selain menghemat tagihan listrik, hal ini juga bisa menghindari korsleting listrik akibat lampu terbakar.

Nah, agar biaya listrik lebih hemat, kamu bisa menggunakan lampu LED yang lebih hemat dan tahan lama, seperti produk berikut ini.

tips listrik aman
Krisbow Set Bohlam Led 11w 5 Pcs – Cool Daylight

Beli di sini

bohlam lampu
Krisbow Bohlam Smart Led Dimmable 14 W – Multi Color

Beli di sini

4. Pastikan token listrik cukup

Tidak semua alat elektronik bisa dimatikan, seperti kulkas. Apalagi, kulkas akan berisi bahan makanan. Untuk itu, kamu harus memastikan token listrik tidak habis.

Isilah token listrik terlebih dahulu, sebelum pergi mudik. Pastikan juga nominal yang kamu isi tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik selama kamu pergi mudik.

Baca Juga:   7 Cara Mengatasi Rasa Mengantuk Saat Bulan Puasa
tips listrik aman
Sumber: thisismoney.co.uk

5. Melapor kepada tetangga atau RT setempat

Mesti kamu telah melakukan berbagai perencanaan matang, tetapi kamu tidak boleh gegabah. Kamu juga perlu memastikan rumah tetap aman saat ditinggal dalam waktu lama.

Untuk itu, kamu perlu melaporkan ke tetangga atau ke RT setempat bahwa kamu akan melakukan perjalanan sehingga membutuhkan bantuan untuk mengawasi rumah kamu.

Sebaiknya, kamu bertukar kontak dengan tetangga terdekat. Jadinya, saat ada keadaan mendesak, kamu bisa segera dihubungi.

tips listrik aman
Sumber: Freepik

Nah, itu dia beberapa tips menjaga listrik aman saat melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Jadi, kamu bisa lebih tenang, deh.

Bagi kamu yang berencana pulang kampung, kami berikan beberapa rekomendasi produk buat persiapan traveling untuk menemani kamu, seperti berikut ini.

masker
S Sip Set 10 Pcs Masker Anti Virus Natural Series Kf94

Beli di sini

hand sanitizer
Simply 50 Ml 75% Alkohol Hand Sanitizer

Beli di sini

koper
Supercase 24 Inci Koper Cotton Candy – Coral

Beli di sini

tas ransel
Mountain Inn Tas Ransel Rui 30 Ltr – Merah

Beli di sini

tas bahu
Susen Tas Bahu Dengan Padlock – Merah Wine

Beli di sini

botol minum
Appetite 1 Ltr Wisely Botol Minum – Hijau

Beli di sini

Kamu bisa menemukan berbagai produk di atas hanya di Ruparupa.com. Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.