6 Tips Membersihkan Kamar Tidur saat ART Mudik

0
775
tips membersihkan kamar saat art mudik

Saat lebaran, banyak orang pulang ke kampung halaman atau biasa disebut dengan mudik. Nah, inilah yang membuat kita jadi kewalahan untuk membersihkan rumah, khususnya kamar tidur, ketika ART (Asisten Rumah Tangga) ikutan mudik

Namun, sebenarnya cukup mudah untuk membersihkan rumah sendiri saat tidak ada ART, lho. Memang, bagian kamar tidur harus dibersihkan setiap hari. Bila tidak, area tempat istirahat kita akan mudah kotor dan berdebu.

Ruparupa Banner

Bagaimana Cara Membersihkan Kamar Tidur Tanpa ART?

Tenang, ada cara mudah untuk merapikan kamar tidur sediri tanpa bantuan ART. Simak jawabannya berikut ini.

1. Langsung rapikan tempat tidur saat bangun

Tips pertama membersihkan kamar tidur saat ART mudik adalah langsung merapikan tempat tidur setelah bangun. Kebiasaan ini bisa membuat kamu lebih mudah menjaga kamar tidur tetap rapi.

Pertama-tama, pastikan kamu melipat selimut yang berantakan setelah tidur. Kemudian, kamu dapat mengibas ranjang menggunakan sapu lidi untuk mengangkat debu dan kotoran. Setelah itu, baru susun semua bantal ke atas kasur.

2. Bersihkan kasur menggunakan vacuum cleaner

Agar tempat tidur terhindar dari bakteri dan tungau yang berbahaya bagi tubuh, kamu bisa membersihkan kasur menggunakan vacuum cleaner. Tidak perlu setiap hari ya, Ruppers. Cukup jadwalkan sekitar satu kali dalam 3 hari. 

Baca Juga:   Resep Semur Ayam Rumahan yang Praktis

Siapkan vacuum cleaner dengan corong yang datar dapat kamu gunakan untuk membersihkan permukaan atas kasur. Gunakan juga corong yang ujungnya lancip untuk mengangkat debu dan kotoran di bagian ujung ranjang.

Berikut ini rekomendasi vacuum cleaner yang dapat kamu beli. 

Apa Penghisap Debu Kering Eco 700 Watt membersihkan kamar saat art mudik
Apa Penghisap Debu Kering Eco 700 Watt

Beli di sini

Krisbow Alat Penghisap Debu Kering Turbo Tiger 600 W
Krisbow Alat Penghisap Debu Kering Turbo Tiger 600 W

Beli di sini

3. Sapu semua permukaan lantai kamar

Setelah tempat tidur sudah rapi, selanjutnya adalah menyapu lantai dengan bersih. Kamu perlu menyiapkan sapu serta pengki, kemudian mulailah menyapu lantai kamar.

Nah, pastikan pengki yang kamu gunakan memiliki penutup agar debu atau kotoran tidak terbang dan berhamburan. Kamu juga perlu menggunakan sapu dengan gagang yang panjang agar tidak membuat tubuh pegal saat menyapu.

Berikut ini rekomendasi sapu dan pengki yang dapat kamu beli. 

Proclean Sapu Dan Pengki - Krem membersihkan kamar saat art mudik
Proclean Sapu Dan Pengki – Krem

Beli di sini

Aricasa Set Pengki dan Sapu Avio - Oranyeabu-abu membersihkan kamar saat art mudik
Aricasa Set Pengki dan Sapu Avio

Beli di sini

4. Gunakan alat pel spray

Setelah menyapu, kamu perlu mengepel lantai kamar agar debu dan kotoran terangkat sempurna sehingga jadi lebih bersih. Namun, pasti akan sangat melelahkan kalau harus mengepel dan memerasnya menggunakan tangan berkali-kali, bukan? 

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan alat pel spray yang memiliki tangki air dan tuas untuk menyemprotkan air. Kamu cukup mengisi air dan cairan pel ke dalam tangki tersebut dan mulailah mengepel.

Ini dia rekomendasi alat pel praktis yang bisa kamu beli dan gunakan di rumah. 

Proclean Alat Pel Spray Dengan Sweeper Manual
Proclean Alat Pel Spray Dengan Sweeper

Beli di sini

Rubbermaid Alat Pel Spray Mop Reveal
Rubbermaid Alat Pel Spray Mop Reveal

Beli di sini

5. Bersihkan debu menggunakan kemoceng

Kalau lantai sudah bersih, sekarang giliran kamu membersihkan permukaan meja, nakas, hingga rak di kamar tidur. Kamu bisa membersihkannya menggunakan kemoceng dan lap microfiber ya, Ruppers. 

Baca Juga:   Resep Sop Ayam Rumahan, Menu Sahur Praktis dan Enak

Pindahkan semua peralatan yang ada di atas meja, lalu bersihkan menggunakan kemoceng. Kalau menggunakan kain microfiber, basahkan secara menyeluruh, lalu peras hingga tidak terlalu basah.

Kemudian, mulailah untuk mengusap semua permukaan meja hingga bersih dan debu terangkat. Mudah, ‘kan? Ini dia rekomendasi kemoceng dan kain microfiber yang bisa kamu beli.

Satto Kemoceng Flexible
Satto Kemoceng Flexible

Beli di sini

Proclean Kemoceng Microfiber - Hijau
Proclean Kemoceng Microfiber – Hijau

Beli di sini

6. Susun baju yang sudah disetrika dengan rapi di lemari

Baju yang sudah dicuci dan disetrika, kamu perlu langsung dengan rapi di dalam lemari. Hindari membiarkan tumpukan baju tersebut tergeletak di atas meja dan kursi kamar karena justru akan membuatnya berantakan. 

Kamu bisa menyusunnya sesuai dengan kategori. Misalnya, untuk pakaian dalam diletakkan pada rak bawah, sedangkan kaus dan bawahan bisa diletakkan pada rak tengah. Tambahkan pengharum lemari agar pakaian tidak bau apek atau lembab.

Ini dia beberapa rekomendasi produknya.

Kris Set Hanger Natural Tube
Kris Set Hanger Natural Tube

Beli di sini

Bagus Gel Anti Bau Lemari Dan Rak 180 Gr
Bagus Gel Anti Bau Lemari Dan Rak 180 Gr

Beli di sini

Nah, itu dia tips membersihkan kamar tidur saat ART mudik. Asalkan kamu tahu cara yang efektif dan efisien, rumah akan tetap rapi dan wangi.

Jika ingin menemukan berbagai peralatan kebersihan rumah lainnya, kamu bisa menemukannya dengan mudah di Ruparupa.com, lho.

Situs belanja onlinine ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari ACE, Informa, hingga Krisbow, tentunya dengan kualitas terbaik ya, Ruppers.

Ingin belanja perabot dengan lebih hemat? Di Ruparupa.com saja yuk, karena ada banyak sekali promo menarik. Selamat membersihkan rumah.