Kapan Libur Lebaran 2022? Cek Ini Beserta Syarat Mudik

0
1468
Sumber: Freepik

Momen libur lebaran 2022 menjadi hari yang ditunggu-tunggu banyak orang. Apalagi, setelah dua tahun lebih menghadapi pandemi virus korona, membuat kita tidak bisa berkumpul bersama keluarga saat hari Raya Idul Fitri.

Beruntung, di tahun ini, kita sudah bisa merayakan hari kemenangan bersama dengan keluarga tercinta.

Ruparupa Banner

Bila tahun lalu pemerintah meniadakan cuti bersama guna membatasi mobilitas masyarakat, akhirnya pada tanggal 6 Maret 2022 pemerintah resmi menetapkan libur lebaran 2022 dan cuti bersama.

Kapan Jadwal Libur Lebaran 2022?

Dalam tayangan video YouTube Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi telah menetapkan hari libur nasional Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 2-3 Mei 2022.

Sedangkan, cuti bersama akan berlangsung pada tanggal 29 April dan berlanjut hingga 4-6 Mei 2022. Berikut daftar libur lebaran 2022 selengkapnya.

  • 29 April 2022: Cuti bersama
  • 30 April – 1 Mei 2022: Libur Sabtu-Minggu
  • 2-3 Mei 2022: Libur Hari Raya Idul Fitri
  • 4-6 Mei 2022: Cuti Bersama
  • 7-8 Mei: Libur Sabtu-Minggu

Keputusan penetapan libur dan cuti bersama telah diatur dengan rinci bersama keputusan para menteri.

Presiden Jokowi mengatakan libur panjang dan cuti bersama ini bisa menjadi ajang silaturahmi dengan orang tua, keluarga, dan teman-teman di kampung halaman.

Baca Juga:   8 Rekomendasi Bantal Leher Terbaik dan Tips Memilihnya

Seperti kita semua ketahui, libur lebaran 2022 akan menjadi libur mudik pertama yang pemerintah izinkan setelah 2 tahun lamanya kegiatan ini dilarang selama pandemi covid-19.

Meski telah mendapat izin untuk melakukan mudik perjalanan, pemerintah tetap menganjurkan untuk mengikuti setiap ketentuan dan syarat dan berlaku. Salah satunya adalah menjalankan protokol kesehatan guna mencegah risiko penyebaran virus korona.

Pemerintah telah memperkirakan ada sekitar 85 juta penduduk yang akan melakukan mudik perjalanan. Mengingat kemungkinan penularan virus korona yang masih tinggi, maka pemerintah pun menetapkan sejumlah syarat yang harus dipatuhi.

mudik lebaran
Sumber: Freepik

Apa Saja Syarat Mudik Lebaran 2022?

Berikut ini kami telah merangkum beberapa syarat mudik selama libur lebaran 2022, yang perlu kamu perhatikan dan patuhi.

1. Taat protokol kesehatan

Selama melakukan perjalanan, setiap pemudik wajib mematuhi protokol kesehatan. Karena jumlah pemudik akan banyak, ingat untuk selalu menutup bagian hidung dan mulut dengan selalu menggunakan masker kesehatan.

Pastikan juga kamu menjaga jarak dengan penumpang lain, terutama ketika menggunakan transportasi umum.

2. Melakukan vaksinasi dosis ketiga

Setelah sebelumnya sempat mendapat keringan untuk tidak perlu melakukan tes bagi penerima vaksin dosis kedua. Namun, menjelang libur lebaran, pemerintah menganjurkan melakukan vaksinasi booster sebagai salah satu syarat perjalanan.

Baca Juga:   7 Tips Aman Buka Puasa Di Restoran Selama Pandemi

Jadi, bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan tanpa melakukan tes antigen atau PCR, maka kamu bisa segera melakukan vaksin dosis ketiga.

3. Menunjukkan tes bebas covid-19

Bagi yang penumpang yang belum melakukan vaksin booster, pemerintah akan meminta menunjukkan hasil tes bebas covid-19.

Ketentuan yang berlaku adalah menunjukkan hasil tes antigen bagi penerima vaksin kedua dan hasil ter PCR bagi yang baru menerima vaksin pertama.

Selama masa libur lebaran, kamu tetap bisa mendapatkan suntikan vaksin booster pada posko-posko vaksinasi yang sudah disipakan oleh pemerintah.

vaksin booster buat libur lebaran 2022
Sumber: Freepik

Nah, itu dia daftar libur lebaran 2022 yang bisa kamu jadikan kesempatan untuk melepas rindu dengan keluarga tercinta.

Meskipun sudah bisa mudik, pastikan kamu tetap mematuhi protokol kesehatan dan syarat perjalanan yang telah pemerintah anjurkan.

Nah, agar mudik terasa lebih mudah, kamu berikan beberapa rekomendasi produk yang perlukan kamu siapkan saat melakukan perjalanan mudik, seperti berikut ini.

koper
Supercase 20 Inci Koper Lollipop – Tosca

Beli di sini

tas ransel
Portal Tas Ransel Blaze 35 Ltr – Merah

Beli di sini

botol minum buat libur lebaran 2022
Appetite 1 Ltr Wisely Botol Minum – Hitam

Beli di sini

masker kesehatan buat libur lebaran
S Sip Set 5 Pcs Masker Anti Virus Kn95 – Hitam

Beli di sini

Semua produk di atas bisa kamu temukan hanya di Ruparupa.com. Situs e-commerce ini menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari brand-brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. Selamat mudik!