Traveling telah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat modern. Tak heran jika sangat banyak model, jenis dan ukuran koper yang ditawarkan. Karena banyaknya pilihan, justru membuat kita bingung dan galau saat memilih mana koper yang bagus dan tepat. Apakah koper yang mahal adalah yang terbaik? Belum tentu! Koper yang bagus adalah koper yang sesuai dengan kebutuhan. Simak tips memilih koper yang bagus berikut ini.

Koper yang bagus adalah koper yang sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum memutuskan untuk membeli koper, tentukan dulu kebutuhan Anda. Seberapa sering Anda melakukan perjalanan, baik itu untuk liburan ataupun alasan pekerjaan. Lalu berapa lama rata-rata setiap perjalanan Anda? Lalu apa tipe perjalanan Anda? Apakah Anda tipe petualang yang gemar menelusuri seluruh sudut kota? Atau Anda tipe penikmat perjalanan dan menghabiskan waktu untuk mengunjungi tempat wisata? Jika Anda telah menjawab semua pertanyaan di atas, yuk simak tips memilih koper agar pilihan Anda pas dan tidak mengecewakan.

Tips Memilih Koper yang Bagus:

1. Jenis Koper

Pilih koper yang terbuat dari material berkualitas dan tidak mudah rusak. Koper sendiri terdiri dari 2 jenis, koper softcase dan hardcase. Koper hardcase dapat memberikan perlindungan optimal terhadap barang bawaan Anda dan mudah dibersihkan, namun Anda harus berhati-hati saat memilih koper hardcase ini karena koper hardcase akan lebih mudak pecah, retak dan tergores. Pilihlah yang terbuat dari material polycarbonate yang cukup ringan namun kokoh dan tidak mudah retak. Untuk koper softcase, pilih koper yang terbuat dari bahan ballistic nylon, cukup awet dan tidak mudah sobek. Kekurangan koper softcase adalah jika terkena noda sulit untuk dihilangkan.

2. Jumlah Roda

Koper terdiri dari 2 atau 4 roda. Jika Anda banyak melakukan mobilisasi, koper dengan 4 roda menjadi pilihan tepat, karena koper dapat didorong maupun ditarik. Sehingga koper ini akan lebih mudah bermanuver disela keramaian, atau saat Anda harus melalui eskalator dan bepergian menggunakan kereta. Koper dengan 2 roda hanya dapat ditarik, sehingga lebih melelahkan. Namun jika koper yang Anda pilih berukuran kecil, koper 2 roda akan tetap nyaman digunakan.

3. Model Handle Koper

Tips memilih koper yang satu ini cukup sederhana, namun tidak kalah penting. Kerusakan yang sering terjadi pada koper terletak pada gagangnya. Petugas bandara biasanya memindahkan koper dengan cepat sehingga tak jarang koper dilempar ke dalam kereta dan conveyor belt. Pilih handle yang terdiri dari 2 bar karena handle 2 bar akan lebih kokoh dibanding handle 1 bar.

4. Sistem Penguncian

Perhatikan sistem penguncian pada koper yang akan Anda beli. Pilih retsleting berukuran besar, umumnya retsleting berukuran besar akan semakin kuat. Karena terkadang kita suka memaksakan untuk membawa barang berlebihan, jika ukuran retsleting kecil, maka kerusakan pada retsleting tidak dapat terelakkan. Perhatikan juga adanya lubang gembok pada retsleting untuk mengunci koper menggunakan gembok. Selain itu di beberapa negara seperti Amerika dan Eropa telah mengharuskan koper menggunakan kunci standar TSA (Travel Sentry Approved), agar petugas bandara dapat membuka koper dan melakukan pemeriksaan tanpa merusak koper secara paksa. Jangan marah dulu ya, petugas bandara memang berhak untuk memeriksa setiap bagasi yang dibawa penumpang jika ada kecurigaan membawa barang terlarang.

5. Ukuran koper

Ukuran koper sangat disesuaikan dengan perjalanan Anda. Jika Anda terbiasa bepergian dalam kurun waktu 3-4 hari, koper ukuran kabin sudah cukup untuk mengakomodasi seluruh barang bawaan Anda. Jika Anda terbiasa bepergian dalam kurun waktu lama, ukuran koper bisa diperbesar. Meskipun demikian, koper ukuran jumbo tidak disarankan. Karena koper ukuran jumbo tentunya dapat menampung lebih banyak barang, yang tentu saja akan sangat berat. Perlu diingat bahwa Anda harus mengangkat koper tersebut saat check in, saat melewati pemeriksaan X-ray, bahkan perlu mengangkatnya ke dalam bagasi mobil. Mengangkat koper yang terlalu berat dengan posisi yang kurang tepat dapat mengakibatkan cedera pada punggung.

Jika Anda memang pergi bersama keluarga, bagi barang bawaan Anda bersama seluruh anggota keluarga agar Anda tidak kerepotan mengangkat koper berat. Biasakan anak-anak membawa barang pribadi mereka dalam satu koper, agar mereka dapat berlatih untuk bertanggung jawab dan belajar mandiri atas barang kebutuhan mereka sendiri. Jangan khawatir mereka akan kesulitan, pilih koper ukuran kabin, dan mereka pun akan dengan senang hati menggeret koper mereka. Selebihnya, Anda bisa menggunakan koper berukuran medium untuk barang bawaan yang mungkin tidak muat di dalam koper mereka.

Rekomendasi

Pilih koper berukuran kabin atau medium dengan kualitas baik. Meskipun harga menentukan kualitas, namun Anda bisa tetap menyesuaikan dengan kemampuan Anda. Jika Anda termasuk orang yang gemar melakukan traveling, tak ada salahnya menginvestasikan sebuah koper berkualitas dengan harga sedikit mahal agar perjalanan Anda tetap nyaman dan koper awet lebih lama. Jangan lupa untuk menambahkan sarung koper, terutama pada koper hardcase, agar terhindar dari goresan. Selain itu sarung koper juga mampu mengurangi risiko pencurian karena proses membuka koper lebih sulit.

Ukuran koper yang tersedia

  • Kabin 18″ – 20″
  • Medium 22″ – 26″
  • Large 28″ – 30″

Jangan lupa ya untuk mengenali koper yang Anda miliki, jika memang Anda terlanjut senang dengan koper berwarna hitam atau gelap lainnya, Anda bisa memberi label nama atau luggage tag agar koper lebih mudah dikenali dan tidak tertukar dengan koper serupa. Apakah Anda sudah menentukan koper seperti apa yang Anda cari? Jika belum, lihat koleksi koper dari Ruparupa.com, dan nikmati diskon hingga 50%. Segera sebelum kehabisan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here