6 Tips Grooming Kucing yang Tepat di Rumah

0
646
grooming kucing
Sumber: unsplash.com

Pernahkah kamu melihat kucing menjilati dirinya sendiri? Bila ya, itu adalah cara dia membersihkan diri atau melakukan self grooming.

Kucing memang hewan yang suka dengan kebersihan. Selain memberikan makanan dan mengajaknya bermain, kamu juga harus rutin merawat kucing dengan melakukan grooming.

Ruparupa Banner

Sayangnya, masih banyak dari kita yang bingung bagaimana cara melakukan grooming pada kucing. Padahal, bila kita melakukan grooming dengan tidak benar, bisa-bisa membuat kucing jadi bad mood dan stres.

Lantas, Bagaimana Cara Membersihkan Kucing?

Nah, simak langkah-langkah melakukan grooming pada kucing kesayangan berikut ini.

1. Mandikan Kucing

Sebelum memandikan kucing, pastikan kucing dalam keadaan tenang dan sehat. Kamu bisa membasahi tubuh kucing secara perlahan dengan air. Kemudian, menyabuninya dengan shampo khusus kucing.

Namun, pastikan kamu menghindari bagian wajah dan kepala kucing karena dapat menyebabkan iritasi. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa shampo di tubuh kucing dengan air bersih.

2. Sisir Bulu Kucing

Setelah memandikan kucing, kamu bisa menyisir bulunya. Melansir dari Union Lake, menyisir bulu kucing secara rutin bisa mencegah terjadinya bola rambut pada kucing, serta bisa mengetahui masalah yang terjadi pada bulu dan kulitnya.

Jadi, gunakan sisir yang dapat mengurangi bulu-bulu lebih dan kusut pada kucing, seperti berikut ini.

sisir kucing
M-pets 2 In 1 Sisir Hewan Mini – Cokelat
Mampu menghilangkan rambut mati, simpul, dan kusut pada kucing.

Beli di sini

sisir untuk grooming kucing
M-pets Sisir Hewan Mini – Biru
Sisir ini lembut dan mampu menjangkau bulu bagian bawah.

Beli di sini

3. Gunting Kuku Kucing

Kuku kucing yang tajam dan panjang dapat melukai kita. Selain itu, kuku tersebut akan menyebabkan ketidaknyamanan pada kucing saat sedang berjalan. Jadi, kamu bisa menggunting kukunya secara rutin.

Namun, pastikan kucing terbiasa ketika cakarnya dipegang. Setelah siap, tekan cakar kucing dan gunting kukunya secara perlahan untuk menghindari bagian merah muda pada cakar.

4. Bersihkan Telinga Kucing

Untuk membersihkan telinga kucing, siapkanlah cotton bud dan cairan pembersih telinga. Kemudian, bersihkan perlahan secara bergantian di telinga kiri dan kanan dengan cotton bud yang berbeda.

Sembari membersihkannya, periksa juga saluran telinga kucing untuk melihat apakah ada kotoran atau tanda kemerahan. Jika kamu menemukan masalah, kamu bisa mengeceknya langsung ke dokter hewan.

Baca Juga:   Perbandingan Umur Kucing dan Manusia, Bikin Syok!

Berikut rekomendasi cairan pembersih telinga kucing yang bisa kamu pakai.

cairan pembersih telinga kucing
Mpets Pembersih Telinga Kucing 118ml
Mengandung formula lembut untuk membersihkan dan megurangi bau tak sedap pada telinga kucing.

Beli di sini

5. Bersihkan Area Mata dan Hidung Kucing

Kotoran dan kerak hitam seringkali menempel pada area mata dan hidung kucing. Untuk membersihkan bagian-bagian tersebut, kamu bisa menggunakan handuk lembab yang hangat dan mengusapnya secara perlahan.

6. Beri Kucing Hadiah Setelah Grooming

Setelah selesai melakukan grooming pada kucing, berikan mereka hadiah berupa makanan ringan atau mainan yang akan membuatnya merasa senang.

Dengan begitu, kucing tidak akan merasa stres dan mau untuk melakukan grooming kembali. Berikut rekomendasi camilan untuk kucing kesayangan.

snack kucing
Vitakraft Snack Kucing Stik Mini Poultry & Liver
Snack kucing yang bebas gula dan bebas pengawet sehingga lebih sehat.

Beli di sini

camilan untuk kucing
Purina Cemilan Kucing Dentalife Rasa Ayam 51 Gr
Snack rasa ayam bantu mengurangi plak pada gigi kucing.

Beli di sini

Nah, itu dia beberapa tips membersihkan kucing yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa mendapatkan perlengkapan grooming dari Pet Kingdom hanya melalui ruparupa.com.

Dapatkan berbagai produk pembersih dan  alat grooming dengan harga terjangkau
di sini

Situs belanja online satu ini menyediakan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Pet Kingdom, Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, rawat kebersihan hewan peliharaan kamu sekarang juga!