Ini Dia Waktu dan Cara Tepat untuk Memandikan Kucing

0
1750
cara mandi kucing
Sumber: Unsplash.com

Merawat kucing agar tetap bersih dan terhindar dari penyakit dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memandikan kucing secara rutin.

Menurut National Cat Groomers of America, kamu perlu memandikan kucing setidaknya 4-6 minggu sekali. Selain itu, pastikan untuk memandikan kucing pada saat matahari masih terang atau sekitar pukul 10.00-16.00 supaya kucing tidak kedinginan.  

Ruparupa Banner

Namun, lingkungan tempat tinggal dan aktivitas kucing juga dapat menjadi faktor penentu kapan harus memandikan kucing. Jika kucing kamu senang berkeliaran di luar rumah, maka kamu harus memandikannya lebih sering.

Begitu pula dengan kucing yang memiliki bulu panjang dan masalah kesehatan kulit, tentu  membutuhkan lebih banyak perhatian dan perawatan.

Sayangnya, memandikan kucing bukanlah perkara yang mudah. Soalnya, hewan satu ini terkenal tidak suka dengan air sehingga ia dapat menjadi agresif sewaktu-waktu dan melukai kamu dengan cakarnya.

Lalu, Bagaimana Cara Memandikan Kucing yang Benar?

Nah, supaya kamu dapat memandikan kucing dengan lancar dan aman tanpa terluka, kamu bisa mengikuti cara-cara memandikan kucing di bawah ini. Apa saja itu?

1. Pilih Waktu Mandi Kucing yang Tepat

Sebelum memandikan mereka, kamu perlu memastikan kucing dalam keadaan sehat dan mood yang baik. Jika tidak, kucing bisa memberontak dan mencakar kamu ketika akan memandikannya.

Baca Juga:   Ketahui 5 Jenis Handuk dan Bahannya Sesuai Kegunaan

Agar kucing lebih rileks, kamu bisa memberikan makanan kucing atau mengajaknya bermain terlebih dahulu.

bermain dengan kucing
Sumber: Unsplash.com

2. Memotong Kuku Kucing Sebelum Mandi

Agar terhindar dari cakaran kucing ketika memberontak, kamu bisa memotong kukunya. Namun, pastikan memotong kuku kucing ketika mereka terasa tenang.

Kamu bisa memberikan belaian terlebih dahulu agar mereka merasa nyaman. Setelahnya, tekan kaki kucing dengan lembut untuk mengeluarkan kukunya dan potong secara perlahan.

Hindari memotong kuku kucing terlalu pendek karena dapat mengakibatkan pendarahan dan rasa sakit pada kucing.

3. Menyiapkan Peralatan Mandi Kucing

Jika kucing sudah siap mandi, kamu bisa mulai menyiapkan perlengkapan, mulai dari sampo, handuk, hingga sikat bulu yang lembut untuk memudahkan saat proses memandikannya.

Nah, berikut ini kami juga mempunyai rekomendasi alat sikat untuk hewan peliharaan yang dapat membantu kamu saat memandikan kucing.

sikat mandi kucing
M-pets Tempat Sabun Dan Sikat Pembersih Hewan – Hijau
Dapat membersihkan sekaligus memjiat tubuh kucing.

Beli di sini

sikat pijat hewan
Vetocanis Sikat Pijat Silikon Untuk Kucing
Sikat pijat yang lembut merangsang sirkulasi daran dah mengurangi ketombe serta kulit mati pada tubuh kucing.

Beli di sini

4. Basahi Tubuh Kucing dengan Air Hangat

Setelah semuanya siap, kamu bisa membawa kucing ke tempat mandi dan mulai membasahi tubuhnya dengan air hangat.

Jika kamu menggunakan semprotan atau shower, hindari mengarahkannya langsung ke bagian mata, telinga, dan hidung kucing, ya.

5. Gunakan Sampo Khusus Kucing

Memandikan kucing bukan hanya sekadar membilasnya dengan air, lho. Namun, kamu juga perlu menggunakan sampo untuk membersihkan bulu-bulunya.

Cukup usap sampo ke seluruh bagian tubuh kucing, mulai dari kaki hingga leher. Kemudian, pastikan agar sampo tidak mengenai matanya.

Namun, dalam memilih sampo pun tidak boleh dilakukan sembarangan, melainkan harus memakai sampo yang memang dikhususkan untuk kucing, seperti rekomendasi berikut ini.

6. Bilas Tubuh Kucing

Berikutnya, bilas kucing dengan air hangat. Namun, pastikan tidak mengenai bagian mata serta telinganya. Pastikan juga tidak ada sisa sampo yang menempel pada bulu-bulu kucing untuk mencegah iritasi dan kotoran menempel.

7. Bersihkan Wajah Kucing

Usai membilas seluruh tubuh kucing, kini kamu perlu membersihkan wajah dan telinganya. Gunakanlah lap wajah atau handuk lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Jika kamu perlu menggunakan sabun, ambil sedikit saja dan seka wajah kucing secara perlahan tanpa mengenai bagian matanya.

banner

8. Keringkan Tubuh Kucing Secara Menyeluruh

Kucing adalah hewan yang tidak terlalu nyaman dengan bulu basah. Oleh karena itu, kamu perlu mengeringkan seluruh tubuhnya sehabis mandi dengan menggunakan handuk lembut atau pengering.

Setelah kucing benar-benar kering, kamu bisa menyisir bulunya agar kembali rapi dan cantik serta menghilangkan kutu kucing.

Berikut adalah rekomendasi sisir kucing terbaik yang bisa kamu gunakan.

sisir kucing
Doggyman Flea & Coarse Sisir Hewan Peliharaan
Membantu menata bulu kucing dan anjing agar tampil menawan.

Beli di sini

sisir kutu
Doggyman Sisir Kutu Anjing & Kucing – Pink
Sisir ini efektif untuk menyisir kutu pada anjing dan kucing.

Beli di sini

Nah, itu dia langkah-langkah tepat dalam memandikan kucing peliharaan. Untuk membantu kamu saat memandikan kucing, pastikan kamu memakai alat perawatan kucing berkualitas hanya dari ruparupa.com.

Beri makan hewan kesayangan dengan produk makanan pilihan mulai dari Rp7 Ribu dengan klik di sini

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai perlengkapan dan peralatan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Pet Kingdom, Selma, Krisbow, dan masih banyak lagi.

Yuk, pastikan hewan peliharaan kamu terawat dengan baik!