7 Tips Bersepeda yang Aman Buat Pemula

0
679
tips bersepeda
Sumber: Unsplash/Markus Spiske

Saat bersepeda, kita bisa olahraga sembari menikmati udara sejuk, sinar matahari, dan pemandangan indah. Namun, jalanan yang ramai membuat kita harus berhati-hati saat bersepeda. Tenang, ada beberapa tips bersepeda aman, terutama buat pemula.

Jadinya, kamu bisa bersepeda tanpa terganggu dengan berbagai kendala, seperti terpeleset atau terjatuh. Bukan berarti jenis olahraga ini berbahaya, lho.

Ruparupa Banner

Malahan, waktu 30 menit bersepeda dalam sehari bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke hingga 35%.

Lantas, Bagaimana Cara Bersepeda yang Aman?

Kalau kamu ingin mulai bersepeda, ini dia tips aman yang bisa dilakukan.

1. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Saat bersepeda, kita harus memilih pakaian yang bisa menyerap keringat. Kamu bisa memakai jersey khusus pesepeda yang terbuat dari bahan polyester.

Baju olahraga sepeda satu ini punya tekstu lembut di kulit dan tidak membuat iritasi, seperti rekomendasi berikut.

tips bersepeda
Alph Jersey Sepeda Pria Plain Stripe Ukuran L – Biru

Cek di sini

2. Lakukan di Pagi Hari

tips bersepeda
Sumber: Unsplash/Flo Karr

Waktu terbaik untuk bersepeda adalah pagi hari. Soalnya, cuaca pagi jauh lebih nyaman karena udaranya masih segar dan sejuk.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat positif kalau bersepeda di pagi hari, seperti meningkatkan energi dan melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Baca Juga:   5 Tips Memilih Kursi Taman yang Terbaik Buat Mempercantik Teras

Sedangkan pada sore hari biasanya tingkat kelembapan udara sudah mulai meningkat. Tentu, hal ini bisa membuat kita lebih mudah berkeringat dan lelah.

3. Pilih Sepeda dengan Pelana Nyaman

Kenyamanan adalah tips utama agar bisa bersepeda dalam waktu lama. Jadi, kamu perlu berinvestasi lebih kepada sepeda yang sudah dilengkapi pelana empuk dan nyaman.

Tenang saja, pelana dari sepeda Fingard berikut ini terbuat dari gel sehingga tubuh bagian bawah tidak akan terasa sakit.

tips bersepeda
Fingard Sepeda Mtb Xc 80d – Biru

Cek di sini

tips bersepeda
Fingard Sepeda Mtb X 80d – Merah

Cek di sini

4. Pakai Helm Khusus

Tentu, kamu harus melindungi kepala dan otak dengan memakai helm khusus pesepeda. Pilih helm yang ukurannya sesuai dengan kepala dan kencangkan tali sampingnya hingga membentuk huruf V di bawah daun telinga.

Ini dia rekomendasi helm sepeda yang bisa kamu dapatkan di situs ruparupa.com atau ACE Online.

 

tips bersepeda
Skorpion Helm Sepeda Bmx L xl – Hitam

Cek di sini

tips bersepeda
Dahon Helm Sepeda Windshield – Hitam putih

Cek di sini

5. Pilih Jalur yang Tepat

tips bersepeda
Sumber: Unsplash/David Dvoracek

Tips bersepeda aman buat pemula yang bisa kamu lakukan adalah memilih jalur dengan permukaan rata dan tidak dilalui banyak orang. Soalnya, jalanan yang kasar dan berkelok akan menjadi kendala saat melewatinya.

Kalau kamu sudah berpengalaman dan ingin bersepeda di jalan raya, maka pilih jalur khusus pesepeda supaya tidak mengganggu pengendara lain.

Baca Juga:   8 Cara Bikin Halaman Belakang Menjadi Taman Piknik

6. Berkendara dengan Kecepatan Sedang

Saat bersepeda, pastikan kamu berkendara dengan kecepatan sedang atau sekitar 27 kilometer per jam. Soalnya, mengayuh terlalu cepat bisa memberikan tekanan berlebih pada lutut dan kaki.

Bila kita mengayuh terlalu kencang, maka bisa meningkatkan risiko cedera kalau terjatuh. Tentunya, hal ini akan berbahaya ketika kamu bersepeda di jalan yang ramai.

7. Letakkan Tangan di Rem Sepeda

bersepeda aman
Sumber: Unsplash/Munbaik Cycling Clothing

Sama seperti motor dan mobil, sepeda juga memiliki rem buat memperlambat laju kendaraan. Nah, usahakan kamu selalu meletakkan tangan di rem untuk berjaga-jaga.

Rem kiri pada sepeda berfungsi untuk melambatkan roda belakang, sedangkan rem kanan untuk roda depan. Jadi, kalau kamu mau berhenti secara aman, maka tarik kedua tuas rem tersebut secara bersamaan.

Agar maksimal, kamu bisa menambahkan rem tambahan di sepeda. Rem di bawah ini sudah dilengkapi dengan lampu yang bisa membantu penerangan saat kamu bersepeda di malam hari.

tips bersepeda
Dahon Rem Sepeda Dengan Lampu Smart Brake – Hitam

Cek di sini

tips bersepeda
Dahon Smart Led Returning Light Lampu Rem – Hitam

Cek di sini

Itu dia ketujuh tips aman bersepeda yang bisa kamu terapkan. Semua perlengkapan sepeda terbaik bisa kamu dapatkan melalui ruparupa.com atau ACE Online.

miliki sepeda berkualitas terbaik
hemat hingga 50%  klik di sini

Kamu juga bisa menemukan peralatan olahraga lainnya, seperti treadmill hingga dumbbell dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, dari ACE, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi.