11 Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan di Rumah

0
424
olahraga ringan di rumah
Sumber : pexels.com

Sejak pandemi COVID-19 ini, tentunya banyak orang yang berusaha untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, salah satunya adalah dengan berolahraga. Namun, karena terdapat himbauan social distancing, banyak dari kita yang terpaksa harus olahraga dari rumah. Meski begitu, ada banyak sekali jenis olahraga ringan yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. 

Promo 12 12 Ruparupa

11 Olahraga Ringan di Rumah

Ingin menjaga tubuh tetap sehat? Yuk, simak 11 gerakan olahraga ringan ini yang dapat Anda lakukan di rumah dengan mudah!

1. Gerakan duduk-berdiri

gerakan duduk berdiri
Sumber : prevention.com

Olahraga pertama yang mudah dilakukan adalah gerakan duduk-berdiri, yang hanya membutuhkan kursi sebagai alat bantu. Anda hanya perlu melakukan gerakan duduk selama 3 detik, lalu berdiri. Ulangi gerakan tersebut sesuai irama selama kurang lebih 5 menit. Saat duduk, pastikan Anda tidak bersandar dan tubuh harus tegak. Posisi perut Anda ditarik kedepan dan tatapan harus lurus. Gerakan ini dapat membantu Anda melatih pernapasan dan juga memperkuat otot kaki. 

2. Gerakan wall sit

gerakan wallsit
Sumber : prevention.com

Ternyata, dinding di rumah Anda juga dapat menjadi alat bantu olahraga, loh. Carilah wilayah dinding yang kosong, kemudian berdiri tegak membelakangi dinding dengan punggung menempel pada dinding. Perlahan turunkan badan dengan menekuk lutut Anda hingga tubuh membentuk posisi duduk di kursi. Setelah 3 detik, kembali berdiri dan ulangi kembali gerakan tadi sebanyak 15-20 kali. Gerakan ini dapat membantu Anda melatih otot perut dan bagian bawah tubuh.

3. Naik-turun tangga atau kursi

olahraga naik turun tangga
Sumber : edition.cnn.com

Jika Anda memiliki rumah 2 lantai, manfaatkanlah tangga rumah sebagai alat bantu olahraga. Anda cukup berjalan naik-turun tangga seperti jalan biasa, tetapi lakukan berulang kali. Perlahan-lahan Anda bisa naikkan kecepatan berjalan.

Jika tidak memiliki tangga, Anda dapat menggunakan kursi kecil sebagai alat bantu. Cukup lakukan gerakan naik-turun kursi tersebut secara berirama. Gerakan ini dapat membantu melatih otot kaki Anda.

4. Olahraga kardio

olahraga kardio
Sumber : pexels.com

Jika Anda ingin fokus membakar lemak dalam tubuh dan mencari keringat, olahraga kardio akan sangat membantu. Olahraga ini dapat Anda lakukan di rumah, yaitu dengan menggunakan treadmill, sepeda statis, atau alat bantu kardio lainnya. Namun, Anda juga dapat melakukan skipping atau lompat tali sebagai alternatif jika Anda tidak memiliki alat-alat tersebut. Olahraga ini juga cocok dilakukan jika Anda ingin menurunkan berat badan, loh

5. Sit up

gerakan sit up
Sumber : pexels.com

Olahraga satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Mulailah dari mengambil posisi baring dengan kaki ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Anda juga dapat mencoba opsi lain dengan meluruskan kaki ke depan.

Untuk tangan, Anda dapat meluruskannya atau menyilangkannya di depan dada. Perlahan angkat tubuh bagian atas Anda hingga membentuk sudut 90 derajat, tahan selama 1,5 detik, dan kembalilah ke posisi semula, tetapi hanya 145 derajat saja untuk menjaga kekuatan otot perut tetap terkunci. Ulangi gerakan tersebut 20-35 kali atau selama 5-7 menit. Gerakan sit up ini dapat membantu melatih otot perut. 

6. Push up

gerakan push up
Sumber : pexels.com

Anda juga dapat melakukan olahraga ringan satu ini di rumah, bahkan pada ruangan yang kecil. Ambil posisi tubuh tengkurap dengan kedua tangan menyentuh lantai untuk menopang tubuh. Jaga posisi kaki tetap lurus. Perlahan turunkan badan ke bawah tanpa menyentuh lantai, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut 20-35 kali atau selama 5-7 menit. Gerakan ini dapat membantu melatih otot dada, lengan, bahu, dan perut. 

7. Plank

olahraga ringan plank
Sumber : pexels.com

Gerakan plank kurang lebih sama dengan push up. Bedanya, plank lebih mempertahankan posisi tubuh di atas selama 30 detik hingga 1 menit, tanpa menggerakkannya. Ambil posisi tengkurap dengan kedua tangan ditekuk dan siku menyentuh lantai untuk menopang tubuh. Lalu, usahakan menahan bobot tubuh Anda selama beberapa waktu. Gerakan ini dapat membantu melatih otot perut.

8. Squat

olahraga ringan squat
Sumber : pexels.com

Gerakan squat juga dapat Anda lakukan tanpa alat bantu, loh. Mulailah mengambil posisi berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu. Perlahan turunkan pinggul ke bawah seperti posisi jongkok, tetapi tahan posisi saat mencapai sudut 90 derajat. Kemudian, naikkan kembali pinggul Anda ke posisi semula. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 30-35 kali. Gerakan ini dapat membantu mengecilkan dan melatih otot paha, pinggul, dan punggung.

9. Gerakan bridge

gerakan bridge
Sumber : pexels.com

Anda dapat dengan mudah melakukan olahraga ringan satu ini di rumah dengan memanfaatkan lantai saja. Mulailah mengambil posisi dengan berbaring telentang, tangan di samping badan, dan menekuk kaki. Perlahan angkat pinggul Anda ke atas dan tahan selama beberapa detik, kemudian turunkan ke posisi awal. Ulangi gerakan olahraga ini sebanyak 20-25 kali untuk membantu melatih otot pinggul, paha, dan juga mengencangkan bokong. 

10. Senam aerobik atau zumba

senam aerobic atau zumba
Sumber : pexels.com

Anda juga dapat melakukan olahraga satu ini di rumah untuk membakar lemak, loh. Olahraga ini biasa dilakukan oleh para wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi pria untuk ikut melakukannya. Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah membuka video zumba atau senam melalui aplikasi Youtube. Kemudian, Anda dapat meniru gerakannya dengan semangat. Selain membakar lemak, olahraga ini dapat membantu Anda mengurangi rasa stres, loh

11. Yoga

olahraga ringan yoga
Sumber : pexels.com

Olahraga ringan selanjutnya yang dapat dilakukan di rumah adalah yoga. Umumnya, gerakan yoga menonjolkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh. Yoga  dapat membantu menenangkan pikiran, menghilangkan stres, dan menenangkan otot tubuh. 

***

Baca Juga:   Berapa Harga Kucing Anggora? Bisa Jutaan Rupiah Loh!

Nah, itu dia 11 gerakan olahraga ringan di rumah yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Jangan lupa meluangkan waktu Anda untuk berolahraga, ya, Ruppers! Kesehatan tubuh adalah investasi untuk masa depan. 

Wellness at home Ruparupa

Nah, simak juga beberapa rekomendasi produk dari Ruparupa.com berikut ini:

Berwyn Matras Yoga Double Layer
Berwyn Matras Yoga Double Layer beli di Ruparupa.com.
Matras ini terbuat dari material material Polyurethane yang anti slip agar menghindari risiko tergelincir ketika berolahraga.

Beli di sini

Berwyn Sepeda Statis 515b
Berwyn Sepeda Statis 515b beli di Ruparupa.com.
Sepeda statis Berwyn menawarkan kesimbangan yang sangat baik untuk membantu Anda membakar kalori. Anda dapat memilih 8 pengaturan beban sepeda untuk mendukung kebutuhan latihan Anda.

Beli di sini

Kinetic Magnetic Treadmill Manual
Kinetic Magnetic Treadmill Manual beli di Ruparupa.com.
Dengan treadmill ini, Anda tidak perlu lagi jauh-jauh meninggalkan rumah untuk olahraga jogging atau lari.

Beli di sini