4 Tips Olahraga Dengan Treadmill Untuk Pemula

0
336
Sumber: Ruparupa.com

Treadmill adalah alat olahraga yang dapat membakar lemak dengan cepat, setara ketika kita melakukan jalan kaki dan lari, tetapi tetap berada di dalam ruangan. Namun, memakai treadmill tidak boleh sembarangan, terutama untuk pemula.

Alat olahraga yang praktis ini memang cocok untuk kamu yang memiliki keterbatasan tempat dan waktu. Bahkan, kamu bisa olahraga sambil nonton film kesukaan .

Ruparupa Banner

Bagaimana Cara Latihan Treadmill untuk Pemula?

Memang, saat memakai treadmill pertama kali, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Bila tidak, bisa-bisa alat olahraga ini justru bisa menyebabkan cedera.

1. Latihan Secara Perlahan

Saat pertama kali latihan dengan treadmill, sebaiknya lakukan gerakan pelan-pelan saja. Hindari untuk langsung berlari dengan kecepatan tinggi karena justru bisa membuat kaki jadi kram dan cedera.

Kamu bisa mulai set kecepatan treadmil dari minimal, biasanya antara 1 sampai 2 mil per jam. Bila sudah terbiasa, kamu bisa menaikan kecepatan secara perlahan-lahan.

Baca Juga:   10 Jenis Olahraga di Rumah yang Seru untuk Isi Waktu Luang

2. Ayunkan Tangan

Saat memakai treadmill untuk pertama kali, pasti kita akan merasa takut dan pegangan dengan penyanggah treadmill yang tersedia. Namun, berpegangan selama kita latihan justru akan membuat kita terjatuh karena kehilangan kesimbangan.

Kamu bisa berpegangan saat baru menyalakan mesin untuk menjaga keseimbangan tubuh. Bila sudah mulai seimbang, kamu bisa melepaskan pegangan tangannya.

Lalu, tambah kecepatan treadmill sambil mengayunkan tangan. Dengan begitu, kamu juga bisa membakar lebih banyak kalori dibandingkan kalau berpegangan.

Lain halnya bila kamu memiliki masalah kesimbangan, maka kamu bisa berpegangan. Namun, pastikan kamu tidak menggunakan kecepatan yang terlalu tinggi karena bisa berisiko terjatuh.

3. Fokus ke Depan

Saat sedang berlari di atas treadmill, usahakan pandangan selalu melihat ke depan. Hal itu dikarenakan kaki akan cenderung mengikuti arah mata kita agar tetap lurus.

Bila saat latihan treadmill dan ada yang memanggil, kamu bisa berhenti sebentar, kemudian berbalik untuk menjawab. Hindari menengok ke kanan atau kiri, serta langsung membalikkan badan saat mesin treadmill masih bergerak karena kamu bisa cedera.

Baca Juga:   10 Alat Olahraga Tangan yang Efektif Membentuk Otot

4. Selalu Mengunakan Sepatu

Pastikan selalu menggunakan sepatu jalan atau sepatu lari yang nyaman untuk olahraga di atas treadmill.  Hindari berjalan di atas treadmill dengan telanjang kaki karena kamu akan lebih mudah terluka atau kapalan. Apalagi, permukaan karpet treadmill biasanya lebih kasar.

treadmill untuk pemula
Kinetic Motorized Treadmill 1.5hp 15p – Hitam/abu-abu

Beli di sini

Itu dia tips memakai treadmill untuk pemula. Jika kamu tertarik untuk memiliki treadmill, kamu bisa menemukannya dengan mudah hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini juga menjual perlengkapan dan perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Berikut kami memiliki rekomendasi berbagai jenis treadmill berkualitas dengan harga yang terjangkau.

treadmill untuk pemula
Kinetic Treadmill Motorized 0.8hp – Hitam/orange

Beli di sini

treadmill untuk pemula
Kinetic Motorized Treadmill 99p

Beli di sini