6 Cara Untuk Mulai Rutin Olahraga di Rumah

0
370
Kinetic Sepeda Statis - Abu-abu/hitam

Olahraga secara rutin memang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, kadang kita suka bingung cara mulai olahraga, terutama di rumah.

Biasanya, rasa malas membuat kita lebih memilih untuk tidak bergerak. Padahal, memulai  olahraga cukup mudah dilakukan.

Ruparupa Banner

Lalu, Bagaimana Cara Mulai Olahraga di Rumah?

Nah, kali ini, saya akan membagikan beberapa tips dari pengalaman saya sendiri ketika mulai olahraga. Bila saya bisa, pasti kamu juga bisa melakukannya, lho. Simak berikut ini. 

1. Tetapkan Target yang Masuk Akal

Ketika membicarakan tentang kebugaran tubuh, penurunan berat badan, dan tubuh yang ideal, pasti ada sangkut pautnya dengan olahraga dan makanan. Kedua hal tesebut merupakan bagian dari hidup yang sudah menjadi kebiasaan.

Oleh karena itu, kita harus membuat target yang masuk akal supaya mendorong kita buat mulai bergerak. Misalnya, saya punya target untuk menurunkan berat badan.

Nah, saya berusaha untuk mencapai tujuan tersebut dengan tiga hal, yaitu mengurangi makan fast food, tidak makan gorengan berlebih, dan rutin olahraga 3 kali seminggu. Hal tersebut akan memudahkan saya buat lebih fokus dan mencapai target.

Jadi, kita harus membuat target yang masuk akal dan menjalaninya dengan sabar sampai berhasil mencapainya.

cara mulai olahraga
Kinetic Motorized Treadmill 1.5hp 15p – Hitam/abu-abu

2. Rancang Program Olahraga yang Sesuai

Cara untuk mulai olahraga secara rutin berikutnya adalah kita harus mulai merancang program olahraga yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tulis rancangan program olahraga kamu di sebuah kertas supaya lebih termotivasi.

Baca Juga:   10 Olahraga Meninggikan Badan di Rumah

Saat membuat rancangan olahraga, perhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Tetapkan Tujuan yang Jelas

Pertama-tama, kamu harus menentukan apa tujuan kamu mulai berolahraga. Apakah ingin menuruntkan berat badan, persiapan lomba, atau alasan lainnya.  Tujuan yang jelas bisa membuat kamu untuk tetap fokus dan konsisten dalam menjalani program olahraga.

  • Mulai Sedikit Demi Sediki

Kalau kamu baru mulai olahraga, sesuaikan program dengan kemampuan tubuh kamu. Misalnya, hindari olahraga angkat beban yang terlalu berat atau memaksakan diri untuk lari terlalu lama.

Hal tersebut bisa membuat tubuh kamu yang belum terbiasa berolahraga jadi mudah cidera. Jika kamu memiliki kondisi fisik tertentu, maka alangkah baiknya untuk berkosultasi dengan dokter atau terapis olahraga terlebih dahulu tentang program olahraga.

  • Menentukan Waktu Untuk Berolahraga

Hal yang satu ini mungkin salah satu tantangan terbesar buat kamu yang baru mulai untuk berolahraga. Cari waktu yang paling memungkinkan bagi untuk berolahraga di tengah kesibukkan. 

  • Konsisten

Setelah merancang program olahraga yang cocok, selanjutnya adalah kamu harus lakukan secara konsisten. 

3. Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan dan pendinginan tidak hanya penting bagi pemula. Bahkan, orang yang sudah rutin olahraga juga pasti menyarankan untuk melakukan 2 hal ini.

JSebelum latihan, lakukan pemanasan dinamis terlebih dahulu untuk menyiapkan tubuh kamu, termasuk sendi dan otot tubuh. Kamu bisa melakukan pemanasan dengan  erakan ntensitas yang lebih rendah.

Misalnya, kalau kamu berencana untuk melakukan squat dengan memakai beban, maka kamu bisa mulai pemanasan squat tanpa beban terlebih dulu. Pemanasan penting  dilakukan karena bisa membantu mengurangi resiko cidera saat latihan.

Setelah selesai olahraga, kamu juga perlu melakukan pendinginan atau stretching. Hal tersebut bisa membantu mengurangi nyeri otot atau pegal-pegal yang kamu rasakan setelah olahraga..

Baca Juga:   Ini Dia 5 Jenis Sepeda yang Umum Dipakai Wanita

4. Menyiapkan Alat Olahraga yang Diperlukan

Setelah merancang program latihan, kamu perlu menyiapkan alat olahraga sederhana di rumah, seperti dumbbell, matras, barbell, dan lain-lain. Tenang, kamu tidak perlu memiliki semua peralatan gym dalam satu waktu.

Jika memiliki ruangan olahraga di rumah yang lebih besar, kamu bisa menambahkan alat olahraga, seperti treadmil dan sepeda statis.

Berwyn Matras Yoga Single Layer Weave- Pink

5. Mulai Perlahan dan Tak Terburu-buru

Saat mulai berolahraga, hindari memaksakan diri buat latihan berat setiap hari tanpa istirahat. Kamu juga perlu mengetahui keadaan tubuh kamu.

Jika kamu merasa tidak enak badan, maka istirahatlah selama 1-2 hari. Selain itu, beri juga waktu tubuh untuk memulihkan diri setelah berolahraga.

Kalau ada kepentingan mendadak pada hari saat jadwal olahraga, maka lakukan gerakan yang ringan dengan durasi yang lebih sedikit. Sesi olahraga singkat lebih baik dari tidak olahraga sama sekali.

cara mulai olahraga
Kinetic Air Walker 360 – Hitam

Itu dia langkah praktis bagi kamu yang ingin mulai berolahraga. Ingat, masing-masing orang memiliki jalurnya sendiri-sendiri. Hindari membandingkan diri kamu dengan orang lain. Yang penting, kamu telah berusaha melakukan yang terbaik setiap harinya.

Nah, kalau sedang mencari alat gym, maka kamu wajib mengunjungi  ruparupa.com

Temukan berbagai jenis perlengkapan dan peralatan olahraga terlengkap
Klik DI sini

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai keperluan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Kami juga punya beberapa rekomendasi peralatan olahraga yang bisa kamu gunakan di rumah.

Berwyn Set Dumbbell 50 Kg 3 Pcs – Hitam

Beli di sini

Tunturi Multi Gym Hg80 – Hitam

Beli di sini

 

Kinetic Air Walker – Orange

Beli di sini

Kinetic Sepeda Statis Lipat Ns-658s – Hitam/gold

Beli di sini

Body Sculpture Toning Ball 2 Kg – Biru

Beli di sini

Berwyn Dumbbell Neoprene 1 Kg – Pink

Beli di sini