3 Jenis dan Kelebihan Bahan Polyester yang Perlu Kamu Tahu

0
3692
bahan polyester

Memiliki sofa dan tempat tidur yang lembut memang membuat kita merasa lebih nyaman. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan seprai dan sarung sofa yang terbuat dari bahan polyester.

Selain lembut, material yang satu ini juga tidak mudah berkerut walaupun selalu kita pakai setiap harinya. Jadi, segi perawatannya pun cukup mudah. Kita bisa menyedot kotoran dan debu menggunakan vacuum cleaner saja.

Ruparupa Banner

Tak heran, bila material polyester menjadi bahan kain interior rumah yang cukup digemari banyak orang.  Nah, ada beberapa jenis bahan polyester yang bisa kita gunakan.

Apa Saja Jenis-jenis Bahan Polyester?

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini berbagai jenis bahan polyester yang biasa kita gunakan, baik untuk pakaian maupun interior rumah.

1. Bahan Lacoste CVC Pique

Lacoste CVC Pique merupakan campuran antara bahan polyester dengan katun yang biasanya kita temukan di pakaian seperti kaos. Tekstur permukaannya cukup kasar dan memiliki pori yang agak besar. Namun, bahan ini bisa menyerap keringat tubuh.

2. Bahan Woven

Berbeda dengan jenis di atas, bahan woven hanya menggunakan polyester saja. Namun, karakter seratnya yang saling mengikat karena melalui proses tenunan. Biasanya, kamu akan menemukan woven di berbagai pakaian dan pelapis interior.

bahan polyester
Bahan woven biasanya ditemukan di pakaian yang cocok untuk aktivitas luar ruangan

3. Bahan Polyethylene (PE)

Sama halnya dengan woven, bahan PE atau polyethylene juga merupakan polyester yang tidak dicampurkan dengan bahan lain. Pada umumnya, bahan PE terkenal lebih ringan daripada yang ditenun dan bisa kita temukan di pakaian juga.

Apa Saja Kelebihan Bahan Polyester

Ada beberapa kelebihan dari bahan polyester sebagai kain interior rumah, seperti berikut ini.

Baca Juga:   5 Tips Cuci Gorden agar Tampak Seperti Baru

1. Awet

Bahan satu ini terkenal cukup awet dan bisa digunakan dalam waktu lama. Soalnya, tiap serat kain di bagian dalamnya sangat kuat dan mengikat sehingga tidak mudah meregang dan robek. Bahan ini juga aman untuk dicuci berkali-kali menggunakan mesin cuci.

bahan polyester
Berbeda dengan material lain, polyester memiliki serat yang kuat sehingga aman jika dicuci menggunakan mesin

2. Tidak Mudah Lecek

Bahan yang mudah lecek memang agak menyebalkan. Namun, polyester mampu menahan adanya kerutan sehingga bentuknya bisa tetap bagus walaupun sering digunakan. Bahkan, bahan ini juga tidak perlu disetrika terlalu sering untuk menghaluskannya.

3. Ringan

Jika dibandingkan dengan katun, kain polyester memiliki tekstur yang lebih ringan dan halus. Namun, penggunaanya lebih maksimal saat musim hujan karena permukaannya bisa menahan rasa hangat.

Soalnya saat cuaca panas, kain polyester malah bisa menjebak keringat di kulit kita sehingga jadi terasa lebih panas.

4. Cepat Kering Saat Dijemur

Bahan yang terbuat dari katun bisa kering sepenuhnya jika kamu jemur dalam waktu 3-5 jam di bawah sinar matahari. Namun, bahan polyester hanya membutuhkan waktu setidaknya 2 jam untuk kering.

bahan polyester
Pakaian, seprai, hingga selimut dari polyester lebih cepat kering saat dijemur

Rekomendasi Perlengkapan Rumah Tangga Bahan Polyester

Dengan berbagai kelebihan di atas, memiliki perlengkapan rumah tangga berbahan polyester jadi lebih menguntungkan daripada yang lainnya, bukan? Maka dari itu, kami punya beberapa rekomendasi perlengkapan rumah tangga dari kain bahan satu ini.

1. Seprai 

Saat tidur, kita ingin berbaring di kasur yang empuk dan nyaman. Namun, penggunaan seprai juga berpengaruh penting terhadap tingkat kenyamanan.

Baca Juga:   Belanja Perlengkapan Rumah Tangga di Serbu Voucher Home Living Week dari ruparupa!

Kamu bisa memilih yang terbuat dari polyester supaya lembut dan meminimalisir adanya ruam kulit, seperti pilihan seprai di bawah ini.

seprai bahan polyester
Sleeplite 180×200+30 Cm Set 10 Pcs Seprai Polyester Flower – Pink

Beli di sini

2. Selimut 

Tidur bisa lebih nyenyak kalau kamu menggunakan selimut, apalagi saat musim hujan. Seprai polyester memiliki permukaan yang halus dan lembut sehingga memberikan kehangatan lebih untuk tubuh.

Terlebih lagi, kamu bisa menggunakan selimut sbagai tambahan dekorasi sofa.

selimut bahan polyester
Informa 150×200 Cm Lousvart Selimut Polyester – Biru Rose

Beli di sini

3. Bed Cover 

Jika kamu tidak ingin repot membeli seprai dan selimut satu per satu, maka bisa langsung memilih bed cover. Pilih yang warnanya cerah supaya kamar tidur terlihat lebih ceria dan menyenangkan. Ini dia rekomendasi bed cover bahan polyester yang bisa kamu gunakan.

bed cover bahan polyester
Sleeplite 120×200 Bed Cover Polyester Flower Reyna – Ungu

Beli di sini

4. Gorden 

Gorden yang terbuat dari polyester memiliki jangka waktu pemakaian yang lama. Apalagi, bahannya yang tidak mudah kusut ini membuat tampilan jendela jadi lebih cantik.

Selain itu, kamu juga bisa mempercantik kamar mandi dengan menggunakan gorden polyester bermotif, seperti rekomendasi di bawah ini.

gorden bahan polyester
Kris 180×200 Cm Tirai Kamar Mandi Polyester Feather – Hitam

Beli di sini

Itu dia serba-serbi bahan polyester yang perlu kamu ketahui, mulai dari jenis, kelebihan, dan rekomendasi perlengkapan rumah tangganya yang bisa kamu dapatkan di situs ruparupa.com.

dapatkan diskon 50% untuk perlengkapan rumah tangga klik di sini

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga lainnya dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Krisbow, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.