20 Perlengkapan Olahraga Ala Gym di Rumah

0
164

Banyak sekali alasan yang dilontarkan untuk menghindari aktivitas olahraga. Pasalnya, ada beragam alternatif yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Namum, salah satu alasan utama yang sebetulnya terjadi adalah rasa malas untuk pergi ke luar rumah dan perlengkapan olahraga yang tidak memadahi.

20 Perlengkapan Olahraga Ala Gym di Rumah

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah olahraga sendiri di rumah. Selain menyenangkan, olahraga di rumah juga bisa lebih fleksibel karena Anda sendiri yang dapat mengatur waktunya. Anda pun bisa memaksimalkan variasi gerakan olahraga Anda dengan bantuan perlengkap olahraga ala rumahan, tanpa perlu khawatir memakan banyak tempat. Apa saja perlengkapan olahraga tersebut?  Simak berikut ini!

1. Tali skipping

Beli di sini

Lompat tali merupakan salah satu jenis olahraga rumahan yang murah meriah. Olahraga ini cocok untuk Anda yang tidak suka lari dan kardio. Selain itu, bentuknya yang mungil juga memudahkan Anda membawanya ke mana pun dan tidak memenuhi ruangan di rumah.

Olahraga ini juga sangat baik untuk melatih otot bahu, lengan,dan kaki, meningkatka kekuatan otot jantung, menjaga stamina dan keseimbangan tubuh. Buat yang masih pemula, Anda bisa melakukan lompatan selama 30 detik atau setara dengan 50 lompatan. Kemudian, ulangi dalam 3-4 set setiap tiga kali seminggu.

2. Push up bar

Beli di sini

Penggunaan push up bar dapat membantu teknik push up yang lebih maksimal. Alat ini juga bisa membantu membentuk otot dada dan tangan yang lebih bidang. Selain itu, bentuk dan ukuran yang kecil membuat Anda lebih mudah untuk menyimpannya di rumah tanpa perlu takut rumah semakin sempit.

3. Matras yoga

Beli di sini

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kebugaran tubuh adalah dengan berlatih senam yoga. Nah, agar gerakan yoga lebih seimbang, Anda dapat menggunakan matras dengan bahan PVC. Selain itu, matras ini juga membantu untuk meminimalisir benturan tangan dengan permukaan lantai yang keras.

4. Gym ball

Beli di sini

Gym ball atau dikenal juga dengan sebutan bola fitness merupakan salah satu alat olahraga yang bisa Anda gunakan di rumah untuk membantu latihan stabilitas dan membentuk tubuh yang ideal. Alat ini fokus melatih area titik perut dan punggung belakang.

Bola fitness memiliki elastisitas yang tinggi sehingga aman digunakan pada semua kalanganm baik anak muda, ibu hamil, hingga lansia dengan kondisi tertentu. Ada beberapa gerakan sederhana yang dapat Anda coba di rumah dengan bantuan gym ball, seperti ball crunchsit up, leg raise, plank, dan push up.

5. Samsak tinju

Beli di sini

Samsak tinju merupakan alat olahraga yang dapat Anda gunakan semasa di rumah sebagai latihan bela diri. Alat ini terbuat dari material busa khusus yang tidak mudah sobek saat terkena tinjuan ataupun tendangan yang kuat. Selain itu, samsak tinju juga baik untuk kebugaran tubuh karena akan membuat Anda sangat berkeringat.

6. Perban tinju

Beli di sini

Bagi pecinta olahraga tinju, Anda dapat menggunakan perban persembahan dari Evolve, yang dapat membantu mencegah kemungkinan terjadinya cedera pada pergelangan tangan Anda. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan melilitkannya pada kepalan tangan. Pastikan terasa nyaman dan pas saat Anda melayangkan tinjuan.

7. Muscle foam roller

Beli di sini

Alat ini terbuat dari lapisan busa empuk dan antislip yang dapat menjaga Anda dari cedera salah urat saat melakukan gerakan yoga sendiri di rumah. Nah, perlengkapan olahraga satu ini juga dapat membantu agar proses latihan otot di atas matras dapat bekerja maksimal. Anda dapat gunakan alat ini pada berbagai gerakan, seperti latihan perut, pundak, dan kaki.

Baca Juga:   10 Fakta Anjing Kintamani Asal Bali yang Diakui Dunia

8. Dumbbell

Beli di sini

Dumbbell sangat cocok untuk membantu olahraga ringan hingga berat. Alat ini bekerja maksimal untuk melatih otot tangan dan bahu dengan variasi bobot yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Namun, jika Anda masih pemula dalam latihan mengangkat beban, sebaiknya Anda memilih bobot yang ringan sebagai pemanasan terlebih dahulu.

9. Tummy trimmer

Beli di sini

Memiliki perut ramping dan langsing merupakan idaman semua kaum hawa. Selain perlu menjaga pola makan sehari-hari, Anda juga harus melakukan olahraga yang fokus pada otot perut. Cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan tummy trimmer persembahan dari Champs ini.

Alat ini memiliki elastisitas tinggi sehingga awet walaupun sering digunakan. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu cukup kaitkan kedua telapak kaki dan tarik handle pegangan. Jika dilakukan secara rutin, maka bisa membantu membentuk otot perut, lengan, dan juga kaki.

10. Jogging trimmer

Beli di sini

Untuk membentuk postur tubuh yang lebih sempurna, Anda dapat mencoba menggunakan alat jogging trimmer, yang dapat Anda gunakan dengan mudah di dalam rumah. Caranya cukup dengan lakukan gerakan melingkar ke kanan dan kiri. Meski terlihat simpel, faktanya alat ini sangat berguna untuk melancarkan kelejar hormon dan mengencangkat otot perut, dada, lengan, hingga kaki.

11. Mini stepper

Beli di sini

Mini stepper merupakan alat pedal dengan gerakan mengayuh sembari berdiri. Alat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melatih otot bagian bawah tubuh di rumah. Tenang, alat ini tidak begitu besar sehingga mudah Anda simpan di dalam lemari.

12. Roda yoga

Beli di sini

Yoga merupakan salah satu olahraga ringan yang dapat Anda lakukan dengan mudah di rumah. Nah, buat melengkapi sesi olahraga satu ini, Anda dapat mencoba menggunakan roda yoga. Fungsi dari roda yoga adalah untukmencapai postur tubuh yang tepat sesuai dengan pose yoga.

13. Ab wheel

Beli di sini

Ab wheel merupakan roda berputar dengan dua pegangan pada masing-masing sisinya. Fungsi dari alat olahraga ini adalah untuk membantu mengencangkan dan meratakan otot perut secara cepat. Selain itu, Anda bisa menggunakan alat ini untuk melatih kekuatan lengan, bahu punggung, dan inti tubuh.

Gunakan alat ini pada posisi tubuh tengkurap dengan tumpuan lutut dan tangan untuk melakukan gerakan roll in and out. Anda tidak perlu khawatir takut terjatuh karena grip pada pegangan menggunakan desain antislip dengan posisi roda yang lebar dan stabil.

14. Flex strap

Beli di sini

Lengkapi kebutuhan olahraga Anda dengan menggunakan flex strap sebagai latihan kekuatan tanpa perlu mengangkat beban. Flex strap terbuat dari material elastisitas yang tinggi sehingga dapat Anda menggunakannya dengan cara ditarik. Olahraga ini ampuh untuk meningkatkan massa otot. Anda bisa menggunakannya sebagai alat pemanasan (stretching) ataupun terapi khusus. Bentuknya yang praktis sehingga mudah digunakan di mana saja dan dibawa berpergian.

15. Chest expander

Beli di sini

Punya bahu bidang dan kekar merupakan salah satu aset para pria agar tampilan fisik tubuhnya terlihat gagah. Nah, Anda bisa menggunakan alat bernama chest expander.Alat ini terbuat dari material latex yang elastis tetapi berat sehingga bisa membantu proses pembentukan otot bahu dan dada Anda.

Baca Juga:   Intip 10 Dekorasi Dapur Kekinian Dengan Tema Natal

Cara menggunakan alat ini pun cukup mudah. Anda cukup  posisikan kepala sedikit ke atas, lalu tarik kedua sisi chest expander hingga sejajar dengan bahu.

16. Kettlebell

Beli di sini

Alat satu ini mirip dengan dumbbell, tetapi kettlebell memiliki bentuk seperti bola. Biasanya, kettlebell memiliki pegangan pada bagian atasnya untuk memudahkan pengguna menggenggam dengan lebih nyaman. Fungsi alat ini adalah memperkuat dan membentuk otot tangan.

Anda bisa menggunakannya dengan gerakan mengayun atau mendorong. Selain itu, kettlebell juga bisa digunakan sebagai alat tambahan saat squat, deadlift, push up, dan overhead presses. Jadinya, otot bagian bawah tubuh, seperti bokong, paha, dan betis juga akan terbentuk dengan bagus.

17. Wonder core

Beli di sini

Wonder core merupakan alat fitness revolusioner yang berfungsi untuk membentuk otot perut, lengan, pinggang, dan kaki. Alat ini dirancang khusus untuk bagi Anda yang suka berolahraga di rumah, tetapi tetap ingin memiliki bentuk tubuh sixpack. Bagi pengguna baru, sebaiknya melakukan latihan maksimal 30 menit per hari.

18. Sepeda statis

Beli di sini

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu luang untuk bersepeda di luar rumah, maka sepeda statis bisa menjadi alternatif terbaik untuk menjaga kesehatan Anda walau di rumah saja. Sepeda statis bisa membuat olahraga Anda lebih kondusif tanpa terpapar polusi kendaraan di luar rumah. Pastikan Anda tetap menggunakan pakaian dan sepatu olahraga yang nyaman saat memakai alat ini.

Dengan rutin memakai alat ini, Anda  bisa membakar kalori secara optimal. Selain itu, kebugaran tubuh Anda pun tetap terjaga karena Anda bisa memantau waktu, jarak, kecepatan, dan tingkatan berat pengayuh cukup dengan satu alat saja.

19. Air walker

Beli di sini

Untuk Anda yang kurang menyukai olahraga angkat beban, alat cardio air walker dapat menjadi pilihan rutinitas olahraga di rumah. Alat ini dapat bekerja maksimal untuk melatih otot tangan sampai kaki dengan beragam  gerakan yang efektif membakar kalori keseluruhan tubuh. Selain itu, Anda dapat dengan mudah memantau jumlah kalori, waktu, dan jarak selama proses olahraga berlangsung.

20. Pemberat pergelangan kaki dan tangan

Beli Di sini

Ini adalah alat olahraga pemberat yang dapat menyesuaikan ukuran pergelangan kaki atau tangan. Tali perekatnya bisa Anda gunakan untuk mengencangkan saat dipakai. Selain itu, alat ini memiliki bantalan yang lembut dan jahitan yang kuat agar pengguna tetap merasa nyaman.

Nah, Anda dapat menggunakan alat bantu ini saat sedang melakukan gerakan senam, treadmilbody combat yoga, olahraga lari dan jalan, serta latihan gerakan lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir karena beban berat per buahnya berkisar 1 kg dan aman untuk ditopang tubuh Anda.

***

Itu dia 20 perlengkapan olahraga yang dapat Anda miliki di rumah. Anda bisa mendapatkan seluruh produk kebugaran kualitas terbaik dengan harga terjangkau hanya di Ruparupa.com.

Selain perlengkapan olahraga, Ruparupa juga menyediakan beragam kebutuhan rumah tangga hingga kebutuhan taman dari berbagai merek ternama rilisan Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Toys Kingdom, dan lain sebagainya. Yuk, segera kunjungi Ruparupa dan dapatkan berbagai penawan menarik lainnya.