14 Jenis Olahraga Saat Puasa, Manfaat, dan Waktu yang Tepat

1
8126
olahraga saat puasa
olahraga saat puasa

Melakukan olahraga saat puasa merupakan hal yang penting agar tubuh tetap sehat dan bugar. Bahkan, banyak pakar kesehatan yang menganjurkan untuk tetap aktif bergerak meski sedang menjalani ibadah puasa.

Hal ini juga diungkap oleh Deta Tanuwidjaja, yang merupakan Ahli Ilmu Faal Olahraga Klinis Departemen Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Ruparupa Banner

Ia mengatakan bila tubuh kurang bergerak di masa Covid-19 dan Ramadan ini, justru akan memperbesar resiko terkena berbagai penyakit, termasuk terinfeksi virus korona.

Untuk itu, yuk, Ruppers, tetap rajin melakukan olahraga saat puasa, ya.

Apa Saja Jenis Olahraga yang Cocok Saat Puasa?

jenis Olahraga yang tepat saat puasa
Source: Pixabay

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa. 

1. Jalan Cepat

Alternatif olahraga pertama adalah jalan cepat. Olahraga ini dapat menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa.Nah, kamu bisa melakukannya setiap sore hari menjelang berbuka puasa. Luangkan waktu 30 menit saja sebelum berbuka untuk melakukan olahraga ini. 

Cukup lakukan jalan cepat selama sekita 15-30 menit setiap hari, maka kamu sudah bisa mendapatkan banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

2. Zumba

Berikutnya adalah zumba. Olahraga ini bisa menjadi menyenangkan karena Ruppers dapat bergerak mengikuti irama lagu.  Kamu bisa melakukan olahraga zumba sebelum buka puasa agar tubuh terasa lebih segar. 

3. Jogging

Olahraga jogging bisa membakar kalori secara maksimal dan meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh.  Namun, selama bulan puasa, kamu bisa melakukan jogging dengan intensitas ringan untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan.

Waktu yang tepat untuk melakukan jogging adalah setelah sahur karena tubuh masih memiliki energi yang cukup untuk bergerak. Kamu pun tetap bisa melakukannya menjelang buka puasa dengan durasi lebih pendek, yaitu sekitar 20 menit. 

4. Treadmill

Treadmill merupakan salah satu jenis olahraga saat puasa yang bisa membantu metabolisme lebih cepat dan membantu detoksifikasi tubuh. Nah, bila kamu memiliki alat olahraga ini di rumah, kamu bisa melakukannya sebelum buka puasa selama 20 menit.

5. Lompat Tali

Aktivitas yang membutuhkan tali skipping ini bisa dilakukan siapa saja, baik itu anak kecil maupun orang dewasa. Olahraga ini dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dan kepadatan tulang. Kamu bisa melakukannya menjelang buka puasa selama 15 menit.

6. Yoga

Mampu menjaga pikiran tetap stabil setelah seharian lelah bekerja, maupun membantu menyuplai oksigen ke dalam otak. Manfaat lainnya dari Yoga adalah membantu untuk tenang, nyaman dan menenangkan. Jenis olahraga ini ringan serta tidak memiliki ancaman resiko berbahaya. Untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal pilih ruangan yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk.

Baca Juga:   7 Warna Dinding Rumah Minimalis Menyambut Lebaran

7. Bersepeda

Olahraga alternatif yang cocok dilakukan saat pagi hari saat udara masih segar dan menyegarkan mata adalah bersepeda. Cukup lakukan selama kurang lebih 45 menit untuk membakar 300-350 kalori. 

8. Squat

Selama bulan puasa, kamu juga bisa melakukan olahraga yang melatih ketahanan dan kekuatan tubuh. Salah satunya adalah squat. Cukup lakukan olahraga ini sebanyak 10 kali dalam 4 set untuk membuat tubuh lebih bugar. 

Kamu bisa melakukannya sebelum buka puasa dan juga di pagi hari sebelum mulai sahur. 

9. Naik Turun Tangga

Saat membacanya mungkin sangat sederhana dan mudah, bukan? Namun, gerakan ini bisa menyebabkan dehidrasi berlebihan. Cukup lakukan gerakan ini  selama 10 menit dan membuat tubuh tetap bugar. 

Kamu bisa melakukannya sebelum buka puasa agar bisa mengembalikan stamina tubuh. 

10. Jumping jack 

Latihan ini dikenal cukup efektif untuk mengurangi lemak berlebihan pada tubuh. Caranya pun cukup mudah yaitu, cukup melompat sambil membuka kaki lebar, sambil merentangkan pada bagian atas kepala. Lakukan gerakan ini secara bergantian. 

11. Bowling

Olahraga saat puasa yang menyenangkan adalah bowling. Olahraga ini bisa menguatkan otot tangan dan kaki. Kamu bisa melakukannya sebelum buka puasa bersama dengan kerabat atau keluarga. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan untuk buka puasa bersama.

12. Mountain Climbers

Olahraga ini merupakan salah satu jenis latihan kardio yang melatih bagain perut, kaki, dan bokong.

Untuk melakukannya posisikan tubuh seperti push up, kemudian gerakan lutut maju mendekati bagian dada. Silangkan secara bergantian selama 30-60 detik. Lakukan 4-5 set untuk mendapatkan hasil terbaik.

13. Plank

Olahraga ringan lainnya yang bisa kamu lakukan di bulan puasa adalah plank. Jenis olahraga ini termasuk latihan kardio yang bisa melatih pernapasan dan mengencangkan otot perut.

Kamu bisa melakukannya di atas matras yoga dengan gerakan tengkurap. Lalu, angkat punggung dan pinggul sejajar dengan memakai siku. Kamu bisa menjaga posisi ini selama 30 detik hingga 1 menit.

Sebagai permulaan, kamu dapat melakukannya selama 30 detik dan menaikannya secara bertahap. Olahraga ini aman dilakukan sebelum sahur dan buka puasa.

14. Angkat Beban

Selama bulan puasa, kamu juga tetap bisa melakukan gerakan angkat beban. Namun, cukup gunakan dumbel kecil berukuran 1-5 kg. Lalu, lakukan gerakan shoulder press, bicep curl, dan gerakan compound.

Itulah 14 jenis olahraga yang dapat kamu lakukan selama bulan suci ramadhan. Lawan segala kemalasan dan jangan jadikan puasa sebagai sesuatu yang menghalangi untuk bergerak lebih aktif, ya.

Apa Manfaat Berolahraga Pada Bulan Ramadan?

olahraga saat puasa
Source: Pixabay

Apalagi, olahraga selama bulan puasa sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini manfaat olahraga yang bisa kamu dapatkan. 

1. Dapat menjaga kebugaran tubuh agar kamu bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih bersemangat.

Baca Juga:   Kenali Jenis dan Cara Memilih Diffuser yang Tepat

2. Mempertahankan massa otot, yang tentunya bisa berkurang jika kamu tidak melakukan olahraga.

3. Memicu hormon endorfin atau hormon kebahagiaan yang dihasilkan saat kamu berkeringat.

4. Membakar kalori berlebih di dalam tubuh.

5. Menjaga berat badan agar tidak terjadi kenaikan saat bulan puasa.

6. Membantu penurunan berat badan dengan cara yang sehat dan tepat.

7. Meningkatkan kinerja hormon insulin, yang berfungsi mengubah glukosa menjadi energi.

8. Meningkatkan kepadatan tulang secara bertahap.

9. Bisa sebagai detoksifikasi  organ-organ tubuh.

10. Memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh berjalan dengan lebih lancar.

11. Memperlancar metabolisme tubuh.  

12. Memaksimalkan fungsi kognitif dan konsentrasi saat beraktivitas.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk malas olahraga selama bulan puasa, ya. 

Kapan Waktu Terbaik Untuk Olahraga di Bulan Puasa?

Waktu yang tepat untuk berolahraga sata puasa
Source: Pixabay

Meskipun olahraga saat puasa baik, tetapi kita tetap harus memilih waktu yang tepat untuk olahraga. Biasanya, waktu olahraga selama bulan puasa baik dilakukan sebelum sahur dan sebelum tidur. 

Namun, pemilihan waktu tersebut harus melihat kondisi tubuh. Bila tubuh sudah mendapatkan asupan nutrisi yang optimal di pagi hari, maka kamu bisa melakukannya setelah sahur. 

Cukup lakukan olahraga intensitas ringan agar tenaga kita tidak habis. Kamu hanya perlu melakukan 10-15 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukannya dua sampai tiga jam setelah buka puasa. Apalagi, setelah berbuka puasa,  tubuh sudah mendapatkan asupan makanan yang bernutrisi sehingga kamu pun bisa lebih berenergi.

Rekomendasi Produk Olahraga

Tidak melulu harus olahraga di luar rumah. Kamu pun bisa melakukan latihan olahraga di dalam rumah. Nah, berikut ini beberapa produk olahraga yang bisa kamu gunakan.  

Treadmill

Alat olahraga yang dapat dilipat maupun dipindahkan dengan mudah karena terdapat roda pada bagian bawah.  Memililiki 12 fitur program, dengan lima pengaturan kecepatan. Selain itu, produk Bodimax ini juga lengkap dengan monitor, yang berfungsi untuk memantau kalori.

Sepeda Statis

 

 

Olahraga semakin menyenangkan dengan sepeda statis dari Berwyn. Sepeda statis ini  sudah dilengkapi dengan panel display dan tidak bising saat menyala.

Matras Yoga

 

Matras Yoga dengan bahan rubbers dan double layer, yang lebih nyaman untuk berolahraga. Hadir dengan warna-warna cantik yang membuat kamu semakin bersemangat.

Sepeda Airwalk

 

Sepeda lipat seri Expresso Suspension yang cukup berada pada bagasi mobil serta memiliki gear 7-speed yang ringan dan sederhana. Hadir dengan ukuran 20 inci, sehingga pas untuk semua umur.

Kini dengan peralatan yang ada, Ruppers dapat melakukan aktivitas tanpa batasan waktu dan ruang, sekaligus dapat memiliki privasi sendiri, tanpa tanpa gangguan dari luar.

Temukan semua kebutuhanmu hanya di Ruparupa, e-commerce terpercaya dengan konsep one stop solution. Menyediakan aneka keperluan Gym & Fitnes, Yoga & Pilates, Sepeda Lipat hingga keperluan lainnya yang dapat mendukung aktivitas olahraga.