10 Manfaat Bersepeda di Pagi Hari untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

0
28058
manfaat bersepeda untuk kesehatan
Sumber: Unsplash/Coen van de Broek

Bersepeda merupakan jenis olahraga yang mudah dilakukan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, kamu bisa melakukannya di pagi atau sore hari sembari bersantai menikmati udara yang asri dan sejuk.

Bahkan, banyak orang yang memilih bersepeda sebagai moda transportasi ke kantor, kampus, atau sekadar ke swalayan. Tak heran, Pemprov DKI ikut mendukung gerakan tersebut dengan menyajikan 196,45 kilometer jalur sepeda yang tersebar di 26 ruas jalan.

Ruparupa Banner

Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan karena bersepeda memiliki manfaat, baik untuk kesehatan tubuh dan juga mental.

Lantas, Apa Saja Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan?

Melansir dari berbagai sumber, ini dia beberapa manfaat bersepeda di pagi hari yang bisa kamu dapatkan.

1. Mengontrol Berat Badan

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Sumber: Unsplash/I Yunmai

Ingin mengontrol berat badan dengan cara mudah dan menyenangkan? Maka, kamu bisa bersepeda di pagi hari. Soalnya, aktivitas ini bisa membakar lemak di dalam tubuh.

Akan tetapi, kamu tetap perlu memperhatikan pola makan yang sehat agar hasil dietnya jadi maksimal.  Selain itu, perlu diingat bahwa kalori yang dibakar saat bersepeda, biasanya tergantung dari seberapa lama, cepat, dan jarak yang kamu tempuh.

2. Meningkatkan Stamina

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Sumber: Unsplash/Markus Spiske

Manfaat bersepeda di pagi hari juga bisa meningkatkan stamina. Soalnya, kegiatan ini dapat memperkuat jantung dan paru-paru, apalagi saat kita mengayuh sepeda dalam jangka waktu lama. 

Baca Juga:   6 Rekomendasi Makanan Anjing Terbaik dan Bernutrisi

3. Mengurangi Stres

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Sumber: Unsplash/Surface

Pernah merasa suntuk dengan pekerjaan sehari-hari dan ingin refreshing? Tidak perlu berpikir jauh hingga berlibur ke luar kota atau negeri, kamu bisa melakukannya dengan cara bersepeda.

Ternyata, bersepeda secara rutin bermanfaat untuk membantu tubuh memproduksi hormon endorfin. Hormon inilah yang bisa memunculkan rasa nyaman dan meningkatkan suasana hati.

4. Meningkatkan Kemampuan Otak

Selain fungsi tubuh, bersepeda juga mampu menjaga kesehatan otak. Olahraga satu ini dipercaya dapat mengurangi penurunan fungsi daya pikir dan risiko demensia. 

Soalnya, ketika kita mengayuh sepeda, peningkatan aliran darah menuju otak jadi semakin lancar. Agar maksimal, kamu bisa bersepeda selama 45-60 menit setiap harinya.

5. Mengurangi Risiko Kanker

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Sumber: Unsplash/Olga Kononenko

Bersepeda ternyata juga bisa mengurangi risiko penyakit kanker dan bermanfaat untuk penderita kanker yang sedang dalam masa pemulihan. Namun, kamu tetap perlu menyeimbangkannya dengan konsumsi makanan yang sehat.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Selain kanker, kegiatan bersepeda juga dapat membantu kita buat mengurangi risiko penyakit jantung. Bila kita bersepeda secara rutin, fungsi jantung, paru-paru, dan sirkulasi darah akan lebih baik.

Selain itu, kamu juga bisa meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan kadar lemak dalam darah, dan memperkuat otot jantung.

7. Manfaat Bersepeda untuk Sistem Pernapasan

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Sumber: Unsplash/Darius Bashar

Sering merasa lebih cepat capek saat beraktivitas? Bila ya, maka kamu perlu memiliki sistem pernapasan yang lebih sehat. Salah satu caranya adalah dengan bersepeda secara rutin, yang mampu meningkatkan kesehatan sistem pernapasan.

Baca Juga:   4 Tipe Traveler yang Sering Kita Jumpai, Kamu Termasuk Mana?

8. Meningkatkan Suasana Hati

Ternyata, manfaat bersepeda ada pengaruh positifnya buat kesehatan mental juga, yaitu meningkatkan mood atau suasana hati. Saat bersepeda, tubuh akan menghasilkan hormon dopamin, yang bisa meningkatkan rasa bahagia dan mengurangi gangguan kecemasan.

9. Mengatasi Insomnia

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Sumber: Unsplash/Kinga Cichewicz

Jika kamu termasuk orang yang sering mengalami insomnia atau susah tidur, kegiatan bersepeda bisa mengatasi masalah ini. Umumnya, insomnia dipicu oleh aktifnya hormon kortisol. Cukup dengan bersepeda selama 20-30 menit di pagi hari.

10. Menambah Keseimbangan, Kekuatan, dan Koordinasi Otot Tubuh

Manfaat bersepeda berikutnya adalah bisa meningkatkan kekuatan otot tubuh. Soalnya, saat bersepeda, kamu harus mengatur keseimbangan agar dapat mengayuhnya dengan lancar dan tidak terjatuh.

Inilah yang membuat olahraga bersepeda bisa meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi otot pada tubuh. Selain itu, bersepeda juga bisa menjadi bentuk latihan yang ideal, terutama bagi penderita osteoporosis, lho.

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Sumber: Unsplash/Coen van de Broek

Itu dia sepuluh manfaat bersepeda di pagi hari yang bisa kamu dapatkan. Selain menyenangkan, ternyata banyak sekali keuntungannya, bukan?

dapatkan SEPEDA berkualitas
hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Kamu bisa menemukan berbagai jenis sepeda melalui ruparupa.com. Situs belanja online ini juga menyediakan perlengkapan olahraga terbaikdari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, dari ACE, Informa, Selma, Krisbow, dan masih banyak lagi.

Kami juga memiliki beberapa rekomendasi sepeda terbaik yang bisa kamu dapatkan, seperti berikut ini.

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Fingard Sepeda Mtb Xc 80d – Biru

Beli di sini

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Airwalk Jedi Sepeda Lipat 16 Inci 1-speed – Hitam

Beli di sini

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Fingard Sepeda Lipat Commute 20 Inci – Merah

Beli di sini

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Dahon Sepeda Lipat 19 Boardwalk D8 – Biru

Beli di sini

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Merida Sepeda Road Bike Scultura 400 54 – Hitam silver

Beli di sini

manfaat bersepeda untuk kesehatan
Airwalk Expresso Sepeda Lipat 20 Inci 6-speed – Hitam

Beli di sini