9 Jenis Sepeda yang Bagus Untuk Olahraga

0
6354
jenis sepeda
Sumber: Freepik

Sepeda adalah sebuah kendaraan roda dua atau tiga yang memiliki sepasang pengayuh untuk bergerak. Sepeda sudah populer, bahkan sebelum kendaraan bermotor menjadi alat tranportasi populer. Seiring perkembangan zaman, jenis sepeda semakin berkembang.

Bahkan, tidak jarang sepeda juga menjadi alat olahraga, yang baik untuk kesehatan. Tidak heran, di kala pandemi COVID-19, banyak orang yang mulai mencoba olahraga bersepeda secara rutin di jalanan.

Ruparupa Banner

Selain digunakan sebagai alat transportasi dan alat olahraga, sepeda juga menjadi salah satu jenis olahraga balap yang memiliki banyak kompetisi.

Tidak kalah dengan balapan motor, nyatanya balapan sepeda juga cukup populer. Salah satunya adalah perlombaan balap sepeda Milan-San Remo, yang baru-baru ini dimenangkan oleh Matej Mohoric.

Apa Saja Jenis Sepeda?

Meski semua sepeda memiliki fungsi utama yang sama, tetapi ada beberapa sepeda yang memang dirancang secara berbeda dengan menyesuaikan kebutuhan penggunanya.

Nah, agar tidak salah pilih saat membeli sepeda, kenali dulu beberapa jenis sepeda terbaik yang kerap digunakan banyak orang berikut ini.

1. Sepeda balap atau road bike

Jenis sepeda yang pertama adalah sepeda balap atau road bike. Sepeda ini biasanya memiliki kerangka yang ringan dan kokoh, serta lengkap dengan handlebar yang melengkung agar lebih aerodinamis.

Karena berfungsi untuk balapan, sepeda ini juga dilengkapi dengan ban yang tipis agar bisa meningkatkan kecepatan di pengguna saat berada di jalanan.

Jdi, bagi kamu yang ingin mencoba olahraga sepeda secara professional, kami memiliki rekomendasi sepeda balap yang pernah juga pernah menjuarai kompetisi balapan sepeda, yakni merida ,seperti produk berikut.

2. Sepeda onthel

Sepeda onthel telah hadir sejak zaman dahulu. Sekarang ini, sepeda onthel sendiri sudah menjadi barang yang antik dan sering diburu oleh para kolektor sepeda. Karena semakin tua dan klasik modelnya, maka harga jualnya pun akan semakin tinggi.

jenis sepeda onthel
Sumber: bikeindex.org

3. Sepeda lipat

Sepeda lipat merupakan sepeda yang ringkas dan memiliki bobot ringan. Sesuai namanya, sepeda ini bisa kamu lipat dan bawa ke mana pun dengan mudah.

Banyak masyarakat perkotaan yang sangat menggandrungi jenis sepeda lipat karena punya model yang simpel. Nah, kami memiliki beberapa rekomendasi sepeda lipat berkualitas dan praktis, seperti berikut ini.

jenis sepeda lipat
Airwalk Jedi Sepeda Lipat 16 Inci 1-speed – Oranye

Beli di sini

jenis sepeda lipat
Fingard Sepeda Lipat Vintage 20 Inci – Hijau

Beli di sini

4. Sepeda fixie

Salah satu jenis sepeda yang memiliki mekanisme yang unik adalah sepeda fixie. Sepeda jenis ini memiliki fixed wheel atau roda tetap dan tidak memiliki rem tangan.

Untuk menghentikannya, kamu bisa dengan mengarahkan handlebar ke arah yang berlawanan. Jika sepeda lain tidak bisa kamu kayuh ke arah belakang, justru sepeda fixie bisa melakukannya. Menarik sekali, ya.

jenis sepeda fixie
Sumber: bricklanebikes.co.uk

5. Sepeda BMX

Sepeda BMX (bicycle motocross) memiliki desain stang tinggi, jok rendah, dan ban tebal. Banyak anak muda yang menyukai jenis sepeda BMX  untuk melakukan gerakan freestyle.

Kamu bisa menemukan banyak pengguna sepeda BMX di daerah taman kota. Mereka kerap menghabiskan waktu melakukan lomba freestyle sepeda yang unik dan sangat menyenangkan.

Buat kamu yang menyukai sepeda jenis ini, kami memiliki beberapa rekomendasi produk sepeda BMX, seperti berikut ini.

jenis sepeda bmx
United Bike Bicycle Bmx 20inc Roouse 01 Bk-rd

Beli di sini

jenis sepeda bmx
United Bike Bicycle Bmx 20 Inc Roouse 01 Rd-bk

Beli di sini

6. Sepeda tandem

Sepeda tandem adalah jenis sepeda yang cocok untuk keluarga. Uniknya, sepeda satu ini memiliki desain yang memanjang dengan 2 jok, 2 stang, dan 2 kayuhan. Biasanya, kamu bisa menemukan sepeda ini di tempat rekreasi.

Baca Juga:   Apa Manfaat Bersepeda?
jenis sepeda tandem
Sumber: Pinterest

7. Sepeda hybrid

Jika kamu mencari sepeda yang merupakan gabungan sepeda balap dan MTB, kamu bisa memilih sepeda hybrid. Sama seperti sepeda road bike, sepeda hybrid memiliki kekuatan cepat dan mampu menempuh perjalanan jarak jauh.

Selain itu, jenis sepeda ini juga multifungsi karena bisa melewati berbagai rintangan, seperti arena off-road.

jenis sepeda hybrid bike
Sumber: thecoolist.com

8. Sepeda listrik

Sepeda listrik adalah perpaduan sepeda konvensional dan teknologi listrik yang lebih ramah lingkungan daripada kendaraan bermotor.

Kamu bisa mengayuhnya secara otomatis menggunakan daya listrik sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Tidak heran bila sepeda ini cukup populer dan jadi favorit masyarakat perkotaan, yang memakai sepeda sebagai alat tranpostasi.

jenis sepeda listrik
Sumber: electricbikereview.com

9. Sepeda gunung

Sepeda gunung atau yang lebih terkenal dengan sebutan MTB (Mountain Bike) merupakan jenis yang paling sering orang gunakan untuk kegiatan luar ruangan, seperti di hutan dan gunung.

Memiliki kerangka yang kokoh, sepeda ini cocok berada di area dengan permukaan yang tidak rata, seperti arena off-road yang sulit dilalui.

Jadi, jika kamu ingin bersepeda di area terbuka, seperti hutan atau gunung, kami memiliki rekomendasi sepeda MTB di bawah ini.

jenis sepeda MTB
Fingard Sepeda Mtb Xc 100d – Hitam/merah

Beli di sini

jenis sepeda MTB
Fingard Sepeda Mtb Xc 80d – Biru

Beli di sini

Nah, itu tadi beberapa model dan jenis sepeda yang banyak digunakan orang sesuai kebutuhan yang mereka miliki.

Jadi, buat kamu yang sedang mencari produk sepeda berkualitas dengan berbagai jenis dan warna, kamu bisa menemukannya hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan beberapa kebutuhan home living dari brand-brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.