Kapan Waktu Tepat Untuk Memberikan Anak Sepeda?

0
188
Sumber: Unsplash.com

Melihat sang buah hati tertawa sambil mengayuh sepeda mungil pasti menjadi pemandangan yang tak terlupakan bagi orang tua. Namun, kapan waktu yang tepat untuk memberikan anak sepeda? 

Memang, bersepeda merupakan salah satu mainan anak yang bisa memberi banyak manfaat untuk anak, seperti dapat melatih motorik kasar anak dan menjaga kesehatan jantung. 

Ruparupa Banner

Meskipun demikian, tentu kita tidak bisa sembarangan memberi sepeda pada anak. Biasanya, anak baru benar-benar bisa mengayuh saat mereka berusia 3-8 tahun. 

Namun, usia 2-3 tahun, sebenarnya kita sudah bisa mengajarkan si kecil untuk mengayuh sepeda secara perlahan-lahan. Kamu bisa menggunakan sepeda roda tiga yang memang dirancang khusus untuk anak belajar bersepeda.

memberikan sepeda untuk anak
Sumber: Unsplash.com

Lalu, Apa Saja Jenis Sepeda Anak?

Supaya kamu bisa memberikan sepeda yang sesuai dengan usia si kecil, simak dua jenis sepeda anak berikut ini.

1. Sepeda Keseimbangan

Untuk tahapan awal, kamu bisa memberikan Balancing bike atau sepeda keseimbangan. Sepeda ini biasanya tidak memiliki pedal yang dibuat khusus untuk anak belajar bersepeda. Biasanya, kamu bisa memberikan sepeda ini ketika anak berusia 18 bulan.

Kamu hanya perlu mendudukan si kecil di atas pelana. Lalu, biarkan mereka menggerak-gerakkan kaki agar sepeda bisa bergerak maju dan mundur.

Banyak yang berpendapat bahwa anak lebih mudah belajar dengan sepeda keseimbangan daripada roda bantu. Hal tersebut dikarenakan anak akan benar-benar mengandalkan keseimbangan mereka, bukan roda.

Baca Juga:   5 Langkah Mencuci Peralatan Makan Bayi yang Benar

Berikut rekomendasi sepeda keseimbangan anak yang bisa kamu berikan untuk si kecil. 

Rastar Balance Bike Landrover Fold 3in1 Blue

Beli di sini

 

sepeda anak
Rastar Balance Bike Landrover Fold 3in1 Silver

Beli di sini

2. Sepeda Roda 3

Selain sepeda keseimbangan, kamu juga bisa memberika sepeda roda 3. Sepeda model satu ini juga cocok untuk anak berusia 2-4 tahun. 

Sepeda ini akan membantu anak belajar cara mengayuh, mengerem, dan menjaga keseimbangan.

sepeda anak
Rastar Balance Bike Landrover Fold 3in1 Blue

Beli di sini

Okiedog Bike Geko With Stick Black 5in1

Beli di sini

3. Sepeda Dengan Roda Tambahan 

Bila anak sudah semakin besar, kamu bisa memberikannya sepeda roda 2 dengan tambahan 2 roda lagi di samping kanan dan kiri belakang.

Sepeda dengan roda tambahan ini cocok untuk si kecil yang berusia 3-6 tahun. Roda bantuan biasanya bisa dilepas ketika si kecil sudah mampu menyeimbangkan diri di atas sepeda. 

Bila si kecil sudah mulai bisa bersepeda dengan seimbang, kita bisa melepaskan roda tambahan pada bagian belakang sepeda. Jadinya, secara perlahan-lahan dia bisa memakai sepeda roda 2. 

Element Bike Black Panther 16 Inch

Beli di sini

 

sepeda anak
London Taxi Kids Bike 16v Sport Red

Beli di sini

Metode Mengajari Anak Bersepeda

Ada banyak cara untuk mengajari anak mengayuh sepeda. Namun, kemauan untuk belajar tersebut harus datang dari anak sendiri. Kita tidak bisa memaksakannya untuk belajar bersepeda, tetapi kita bisa mengajari mereka beberapa metode bersepeda.

Baca Juga:   7 Film Lego Populer yang Seru Untuk Anak-anak

Metode pertama berikan sepeda keseimbangan terlebih dahulu agar mereka mengenal alat satu ini. Bila anak mulai tumbuh besar, kamu bisa memberikan sepeda roda tiga atau sepeda roda dua dengan roda bantuan.

Kamu bisa menemaninya sembari memegang dari belakang. Bila mereka sudah bisa berjalan lurus, secara perlahan-lahan kamu bisa melepaskannya dan membiarkan mereka mengayuh sendiri.

Selanjutnya, ajari si kecil cara berbelok dan berhenti. Cari tikungan halus yang sepi untuk mengajari anak cara menyeimbangkan sepeda ketika berbelok. 

Pastikan kamu mengajarkan anak di tempat yang luas. Jika kamu tidak memiliki perkarangan rumah, kamu bisa melakukannya di tempat parkir yang sepi atau taman. 

Namun, pastikan kamu mengajarkan si kecil bersepeda di area rerumputan supaya kalau si kecil jatuh, tidak terlalu sakit. Kamu juga bisa memperlengkapi buah hati dengan alat pengaman, seperti helm, atau bantalan lutut untuk mencegah cidera parah.

Nah, itu dia waktu, jenis, dan metode mengajarkan sepeda yang tepat untuk si kecil.

Jika kamu sedang mencari sepeda anak, maka segera kunjungi situs Ruparupa.

Selain sepeda anak, situs belanja online ini juga menyediakan beragam perabot rumah tangga dan perlengkapan sehari-hari dari merek unggulan milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Berikut rekomendasi jenis sepeda anak yang bisa kamu berikan untuk si kecil. 

London Taxi Sepeda Anak Kick Bike 12 Inci – Biru

Beli di sini

Strider Bike 12 Sport Yellow St-s4ye

Beli di sini