7 Tempat di Rumah yang Dapat Menjadi Sarang Bakteri

0
2721
rumah dengan banyak bakteri

Pandemi COVID-19 membuat orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Namun, banyak yang tidak sadar jika di rumah mereka, ada tempat-tempat yang bisa menjadi sarang bakteri.  Untuk itulah, Anda harus rutin membersihkan setiap sudut di rumah untuk menghindari bakteri-bakteri berkembang biak. 

Cucian menumpuk banyak bakteri di rumah
Sumber : buzzfeed.com

7 Tempat yang Menyimpan Bakteri di Rumah

Berikut 7 tempat di rumah Anda yang bisa jadi menyimpan banyak sekali bakteri : 

Ruparupa Banner

Dapur

Siapa sangka, ternyata tempat yang selalu Anda gunakan untuk memasak dan menyimpan bahan makanan dapat menjadi sarang bakteri terbanyak. Salah satunya adalah pada spons yang sering Anda gunakan untuk mencuci piring. 

Jadi, pastikan Anda rutin membersihkan dan mengganti spons pencuci piring. Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan wastafel, kulkas, dan meja dapur agar tidak menjadi sarang bakteri yang membawa penyakit. 

Kamar mandi

Selain dapur, kamar mandi di rumah juga dapat menjadi tempat yang menyimpan banyak bakteri jika tidak dibersihkan dengan benar. Kondisi lembab di kamar mandi bisa membuat bakteri atau jamur dapat berkembang biak dengan mudah.

Untuk itulah, Anda harus rutin membersihkan kamar mandi, khususnya pada lantai, kloset, lubang pembuangan air, wastafel, dan bak mandi, jika ada. Jangan lupa juga untuk rutin mengganti penggunaan handuk, sikat gigi, dan spons mandi agar kuman tidak menumpuk pada benda-benda yang sering Anda gunakan tersebut. 

Tempat cuci baju

Pakaian kotor tentunya memiliki banyak sekali bakteri, apalagi jika ditumpuk dalam waktu lama agar dapat dicuci sekaligus. Jangan jadikan ini kebiasaan ya, Ruppers! Tumpukan cucian yang basah bisa membuat bakteri berkembang biak dengan cepat.

Baca Juga:   Ketahui Arti Kadar Gula Darah yang Perlu Anda Awasi

Pastikan Anda membersihkan tempat cucian dan mesin cuci secara rutin agar tidak menjadi sarang bakteri. Anda bisa membuat jadwal agar cucian Anda tidak menumpuk. Pastikan juga tempat cucian baju Anda selalu kering ya, Ruppers.

Kamar tidur

Siapa yang merasa kamar adalah tempat paling nyaman di rumah? Ya, memang benar, tetapi Anda tetap harus waspada ya, Ruppers. Kamar tidur juga dapat menjadi tempat yang menyimpan banyak bakteri, terutama pada kasur yang digunakan. Bila jarang dibersihkan, kasur dapat menjadi sarang tungau, yang berbahaya bagi tubuh. Salah satu bahaya tungau yang sering terjadi adalah gatal-gatal pada kulit dan menimbulkan iritasi.

Selain itu, pastikan kamar tidur Anda bebas dari debu. Tumpukan debu tersebut, tentunya akan membuat Anda sulit bernapas dengan bebas. Jangan lupa untuk rutin membersihkan lantai, jendela, dan AC kamar tidur, serta mengganti sprei secara teratur.

Ruang keluarga

Apakah Anda sering berkumpul dan bersantai bersama keluarga di ruang keluarga? Bila ya, Anda perlu berhati-hati karena ruang keluarga juga dapat menyimpan banyak bakteri, khususnya pada sofa.

Pastikan Anda rutin membersihkan sofa dengan menggunakan vacuum cleaner untuk memastikan tidak ada tungau yang bersarang. Jangan lupa juga untuk rutin menyapu dan mengepel lantai ruang keluarga agar saat berkumpul dengan keluarga, ruangan akan terasa lebih bersih.

Ruang tamu

Pastinya Anda sering kedatangan tamu, bukan? Untuk itu, Anda perlu berhati-hati dengan bakteri yang bersarang di ruang tamu Anda, ya, Ruppers. Tamu yang baru saja tiba di rumah dan duduk di sofa ruang tamu, tentu akan membawa berbagai bakteri dari luar masuk ke rumah. Apalagi, di masa pandemi COVID-19 ini, kita harus terus waspada sehingga memastikan rumah tetap terjaga kebersihannya.

Baca Juga:   Cara Menyimpan Tabung Oksigen yang Aman di Rumah

Pastikan Anda rutin melakukan fogging desinfektan, membersihkan sofa, mengganti gorden, dan taplak meja. Dengan begitu, rumah Anda akan tetap bersih dan tamu yang datang pun akan senang melihat rumah Anda. 

Kandang hewan peliharaan

Anda memiliki hewan peliharaan di rumah? Bila ya, perlu diketahui kalau kandangnya dapat menjadi tempat yang menyimpan banyak sekali bakteri, loh. Jadi, Anda harus rutin membersihkan kotoran hewan peliharaan agar bakteri tidak mudah berkembang biak. Selain itu, rutinlah memandikan hewan peliharaan Anda agar tubuhnya selalu bersih dari kuman dan kotoran.

***

Nah, itu dia 7 tempat yang dapat menyimpan banyak bakteri paling banyak di rumah Anda, Ruppers. Ternyata tempat paling nyaman bagi kita di rumah selama ini  bisa menjadi sarang bakteri, ya?

Untuk itu, Anda harus sering membersihkan rumah. Jika tidak memiliki banyak waktu untuk bersih-bersih, Anda dapat menggunakan Clean and Care, jasa cleaning berkualitas dari Ruparupa.com, yang dapat membantu Anda membersihkan sofa, kasur, dan AC rumah. Selain itu, Clean and Care juga memiliki jasa fogging disinfektan sehingga bisa  menjaga rumah Anda agar tetap steril. Yuk, gunakan Clean and Care dari Ruparupa.com dan buat rumah Anda menjadi bersih tanpa bakteri! 

Clean and Care by Informa
Clean and Care by Informa. Jasa cleaning berkualitas dan aman untuk membersihkan sofa, kasur, dan AC rumahmu. Pesan sekarang di Ruparupa.com.