cara membasmi tungau

10 Cara Ampuh Membasmi Tungau di Rumah dan Tips Mencegahnya

Tungau adalah serangga kecil yang hinggap di permukaan kain lembut, biasanya di atas kasur. Saking kecilnya, kita tidak bisa melihat tungau dengan jelas. Jika disapu pun, tungau bisa berterbangan di udara. Untuk itulah, kita perlu membasmi tungau di rumah.

Bila tidak, hewan kecil ini akan menggigit dan masuk ke dalam kulit kita. Inilah yang akan menyebabkan timbulnya gatal-gatal, kemerahan, iritasi, serta infeksi kulit. Tidak heran bila membersihkan seluruh perabot di rumah perlu dilakukan secara rutin agar tidak ada debu, tungau, dan bakteri.

membasmi tungau

Lantas, Bagaimana Cara Membasmi Tungau?


Tidak perlu khawatir, kami sudah merangkum berbagai cara ampuh membasmi tungau yang bisa kamu lakukan, seperti berikut ini.


1. Cuci Seprai Secara Rutin


Tungau mudah berkembang biak di lingkungan yang lembab dan hangat, seperti tempat tidur. Maka dari itu, kita perlu rutin mencuci seprai selama satu minggu sekali. Cara menghilangkan tungau kasur ini cukup efektif, lho.


Gunakan air panas di temperatur 54 derajat celsius agar tungau langsung mati. Berikut rekomendasi mesin cuci yang bisa kamu gunakan.

2. Gunakan Sarung Bantal dan Alas Sofa


Pastikan memasang sarung bantal dan alas sofa sebagai pelindung tambahan. Jadinya, tungau tidak masuk ke bagian dalam serat bantal dan sofa.


Namun, bantal dan sofa tetap perlu dibersihkan secara rutin setidaknya dua kali dalam setahun. Berikut rekomendasi sarung bantal yang bisa kamu gunakan.

3. Bersihkan Kasur Secara Rutin


Cara menghilangkan tungau di kasur berikutnya adalah dengan rutin menjemur di bawah sinar matahari. Soalnya, kasur lembab juga bisa membuat tungau berkembang biak dengan cepat. Meskipun sudah mencuci seprainya, bagian permukaan tempat tidur pun tetap harus dibersihkan dengan rutin.


Selain itu, kamu juga perlu mengangkat kotoran memakai vacuum cleaner yang sudah dilengkapi teknologi sinar UV. Pilih yang tidak memiliki kabel supaya mudah digunakan.

bersihkan dengan vacuum cleaner

4. Bersihkan Karpet


Karpet menjadi tempat yang disukai tungau. Soalnya, ada bagian serat yang menarik dan menahan sel-sel kulit mati di atasnya. Untuk itulah, kita perlu membersihkan karpet secara rutin memakai vacuum cleaner dengan filter HEPA seperti berikut.


bersihkan karpet

5. Atur Suhu Ruangan Jadi Rendah


Cara ampuh membasmi tungau berikutnya yang cukup mudah adalah mengubah suhu ruangan jadi rendah setidaknya di 20 derajat celsius agar terasa sejuk. Soalnya, tungau suka di tempat yang hangat. Nah, kamu bisa membuat ruangan jadi tetap sejuk dengan memakai air cooler.


atur suhu ruangan

6. Jaga Kelembapan Udara di Dalam Ruangan


Kamar mandi dan jendel  bisa jadi tempat yang disukai tungau. Soalnya, tungau suka berada di dalam ruangan dengan kelembapan yang tinggi.



Nah, kamu bisa mengurangi tingkat kelembapan ruangan dengan membuka jendela saat siang hari, menggunakan sistem ventilasi udara, serta memasang dehumidifier di rumah. Berikut beberapa rekomendasi dehumidifier yang bisa kamu gunakan.

alat-dapur-banner-sisip-desktop

7. Rutin Membersihkan Gorden



Kamu memiliki area jendela yang dipasang dengan gorden tebal? Bila ya, maka pastiakn untuk mencuci gorden setidaknya selama 3-6 bulan sekali. Selain itu, bersihkan kotoran dan debu menggunakan vacuum cleaner setiap minggunya.

Jika memungkinkan, lebih baik mengganti gorden tebal dengan roller blind saja, seperti di bawah ini.

8. Selalu Rapikan Barang yang Berserakan


Semakin banyak barang yang berserakan, maka tungau akan semakin senang karena ada debu yang menempel di mana-mana. Untuk itulah, pastikan menyimpan kembali barang yang digunakan pada tempatnya.

rapikan barang

9. Gunakan Air Purifier


Memasang air purifier yang sudah memiliki filter HEPA juga ampu menghilangkan tungau. Soalnya, alat ini berfungsi untuk membersihkan udara kotor, dari debu, bakteri, hingga partikel udara yang berukuran 0,3 mikron, di dalam ruangan.

Namun, pastikan untuk membersihkan filter air purifier secara rutin agar bisa bekerja dengan maksimal. Nah,berikut beberapa rekomendasi air purifier yang bisa kamu gunakan.

10. Gunakan Minyak Aromaterapi


Campurkan minyak aromaterapi dengan air, lalu semprotkan ke berbagai permukaan, seperti kasur, sofa, karpet, gorden, dan sebagainya. Kamu bisa memakai minyak aroma kayu putih, cengkeh, atau palmarosa untuk membasmi tungau. Nah, berikut beberapa rekomendasi aromaterapi yang bisa kamu gunakan.