Tanaman Porang : Kenali Kegunaan dan Manfaatnya

0
507

Jokowi melalui akun instagramnya mengatakan bahwa tanaman porang akan menjadi komoditas ekspor andalan di Indonesia, sehingga ia melarang ekspor tanaman ini dalam bentuk umbi. Hal ini membuat orang semakin bertanya-tanya sebenarnya apa sih tanaman porang itu ? Orang-orang dulu menganggap tanaman ini hanya sebagai tumbuhan liar yang sering tumbuh di pekarangan. Daripada semakin penasaran, yuk ketahui lebih lanjut tentang tanaman porang. 

Umbi tanaman porang
Sumber : istockphoto.com

Apa itu Tanaman Porang ? 

Tanaman porang sudah lama dikenal dan bahkan saat zaman penjajahan Jepang, rakyat yang tinggal di dekat hutan dipaksa untuk mencari tanaman ini untuk bahan pangan dan industri mereka. Di beberapa daerah, tanaman ini juga sering disebut dengan nama iles-iles. 

Karena permintaan ekspor yang terus meningkat, petani Indonesia semakin banyak yang membudidayakan Porang. Budidaya porang juga tergolong cukup mudah dan tidak memakan biaya yang besar. Tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah pada berbagai kondisi tanah.

Bagaimana Ciri-ciri Tanaman Porang ?

Untuk lebih mengetahui dan mengenal tanaman ini, yuk simak ciri-cirinya sebagai berikut :

  • Memiliki bentuk daun yang lebar dengan ujung yang runcing dan berwarna hijau muda
  • Memiliki kulit batang yang halus dengan warna belang hijau dan putih
  • Di setiap pertemuan cabang daun terdapat bubil atau katak
  • Umbi memiliki serat yang halus dengan warna kekuningan

Apa Kegunaan dari Tanaman Porang ? 

Tanaman porang biasanya diolah menjadi tepung porang atau tepung konjak dan memiliki banyak kegunaan. Orang-orang menggunakan tepung ini untuk pangan, bahan pengental, pakan ternak, dan juga makanan diet yang rendah kalori dan lemak. Negara-negara di Asia, seperti Jepang, China, dan Taiwan sering menggunakan tepung porang untuk membuat mie shirataki dan konnyaku yang sangat terkenal. Tanaman ini juga sering dijadikan bahan baku untuk produk kosmetik, jelly, dan bahkan lem. 

Apa Manfaat dari Tanaman Porang ? 

Porang mengandung karbohidrat, protein mineral, alkaloid, lemak, serat pangan, dan tentunya juga vitamin. Tanaman ini juga mengandung kristal kalsium oksalat yang dapat menyebabkan kegatalan dan rasa panas di tenggorokan saat mengonsumsinya. Jadi, tepung porang harus diolah dulu sebelum dikonsumsi ya, Ruppers!

Tanaman ini sangat bernutrisi, rendah gula, kalori dan karbohidrat, sehingga akan sangat baik untuk kesehatan. Berikut manfaat porang untuk kesehatan : 

Dapat membantu proses diet

Jika kamu sedang diet, porang dapat membantu proses penurunan berat badan kamu loh, Ruppers. Kamu akan mudah kenyang karena tanaman ini rendah kalori. Serat glukomanan pada porang dapat mengurangi penyerapan lemak dan protein, sehingga akan meningkatkan rasa kenyang saat kamu mengonsumsinya. 

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Serat glukomanan yang terkandung dalam tanaman ini dapat membantu menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah dalam tubuh. 

Menurunkan kadar gula darah

Pengolahan terhadap porang akan menjadikannya tepung rendah kalori dan juga gula. Tepung porang dapat menjadi pilihan tepat untuk menggantikan nasi bagi para penderita diabetes. Tentunya tepung porang ini akan sangat membantu bagi kamu yang ingin menurunkan gula darah secara alami.

Baik untuk daya tahan tubuh dan pencernaan

Porang memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga akan sangat baik bagi pencernaan dan juga daya tahan tubuh. Tanaman ini juga dapat membantu mencegah kanker usus.

Wah, pantas saja Presiden Jokowi mengatakan bahwa tanaman porang dapat menjadi komoditas ekspor andalan Indonesia. Ternyata tanaman ini memiliki banyak sekali kegunaan dan manfaat bagi kesehatan tubuh ya, Ruppers. Berikut rekomendasi produk yang juga dapat membantu kamu menjaga kesehatan dan dapat kamu beli di Ruparupa.com :

Kris Timbangan Badan Digital S875
Kris Timbangan Badan Digital S875 beli di Ruparupa.com