Semakin banyak orang yang memilih bersepeda sebagai aktifitas olahraganya. Di area sekitar Jakarta, Anda akan menemukan banyak rombongan sepeda yang mengayuh diantara jalanan yang berkelok dan menanjak jika berjalan ke daerah Sentul dan Puncak di akhir pekan. Bahkan banyak dibuat jalur sepeda yang menurun di sekitar hutan pinus daerah Sentul. Apa sih alasan mereka lebih memilih bersepeda sebagai pilihan olahraga? Karena manfaat bersepeda adalah di setiap putaran pedalnya bisa menghancurkan lemak sekaligus memperkuat otot pantat, paha dan betis. Wow!!

Bersepeda bisa menghancurkan lemak dan memperkuat otot paha, pantat dan betis

Sepeda melatih otot bagian atas

Tak hanya itu saja, bersepeda di jalanan yang bergelombang dan menanjak juga akan melatih otot tubuh bagian atas. Karena dengan jalanan tanah yang bergelombang dan menanjak, maka berat tubuh akan lebih banyak ditopang oleh lengan dan bahu. Sehingga otot lengan dan bahu akan lebih terlatih. Maka tak heran ada juga penggemar mountain bike, dimana mereka mengayuh sepeda melalui jalanan tanah dan menanjak. Atau ada juga penggemar sepeda down hill, yaitu melintasi medan menurun dengan tingkat kesulitan tertentu.

Mengurangi risiko penyakit jantung

manfaat bersepedaSelain melatih otot tubuh bagian atas dan bawah, ternyata rutin bersepeda juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 50%, meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga membuat pengendara sepeda tampak lebih muda. Bersepeda juga merupakan salah satu kegiatan olahraga yang umum dilakukan bersama seluruh anggota keluarga, mulai dari anak-anak hiongga orangtua menganggap aktivitas ini adalah aktivitas olahraga yang menyenangkan.

Meskipun dianggap sebagai aktivitas yang menyenangkan, namun bersepeda juga bisa mengakibatkan cidera, jika dilakukan tanpa pemanasan dan dengan posisi yang kurang tepat. Untuk mengurangi risiko cidera, lakukan pemanasan sebelum mulai mengayuh pedalnya. Selain itu persiapkan kondisi sepeda semaksimal mungkin, diantaranya kondisi ban sepeda yang prima, posisi sadel atau tempat duduk yang sesuai, hingga posisi mengayuh sepeda yang pas.

Selain persiapan dan pemanasan yang cukup, Anda juga harus memastikan pakaian yang dikenakan, terutama celana. Karena sepeda dilengkapi dengan gir yang berada di sisi pedal, maka gunakan celana model stretch dengan model pipa melekat pada betis. Atau Anda juga bisa menggunakan celana pendek saat bersepeda. Hal ini untuk menghindari celana tersangkut pada gir sepeda.

manfaat bersepedaGunakan sepeda statis di rumah

Tapi bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berkendara sepeda jarak jauh, Anda juga bisa mendapatkan manfaat bersepeda dengan menggunakan sepeda statis. Sepeda statis ini memiliki fungsi dan manfaat yang sama dengan sepeda pada umumnya, hanya saja Anda bersepeda di dalam ruangan tanpa pemandangan alam yang nyata di depan mata.

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

Sepeda merupakan pilihan olahraga yang baik jika persendian Anda lemah, karena sekitar 70% dari berat badan akan ditopang oleh sadel dan setang sepeda. Dengan bersepeda, Anda bisa meningkatkan stamina, memperkuat jantung dan paru-paru, tanpa merasakan sakit pada lutut dan pergelangan kaki lagi.

Yuk lengkapi koleksi peralatan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah! Karena tubuh yang sehat bisa menghasilkan hidup yang berkualitas.