Waspadai 6 Penyakit ini Saat Bulan Puasa!

0
2929
penyakit saat bulan puasa
Sumber: pexels.com

Bulan puasa menjadi saat yang penuh berkah bagi setiap umat muslim. Biasanya, di bulan puasa kita harus menahan lapar dan godaan. Namun, tahukah kamu ternyata ada penyakit saat bulan puasa yang sering mengganggu, lho.

Tentunya kamu perlu waspada agar hal ini tidak terjadi. Kalau sakit, pasti ibadah puasa kamu akan terganggu, bahkan terpaksa harus batal. 

Ruparupa Banner

Apalagi ada beberapa penyakit yang bisa menyerang selama puasa. Tentunya memperhatikan kesehatan selama puasa menjadi hal penting.

Lantas, Apa Saja Penyakit yang Sering Dialami Saat Puasa?

Nah, berikut ini beberapa penyakit yang harus diwasapadai selama bulan puasa.

1. Maag

Maag adalah penyakit yang disebabkan oleh asam lambung meningkat. Hal ini terjadi karena perut dibiarkan dalam keadaan kosong selama kurang lebih 12 jam.

Padahal, setiap harinya organ lambung perlu memproduksi asam klorida untuk menghancurkan makanan yang masuk di tubuh, walaupun tidak ada makanan yang masuk.

Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan kamu mengatur pola makan yang benar saat sahur dan buka puasa ya.

maag penyakit saat bulan puasa
Sumber: pexels.com

2. Sembelit

Sembelit adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan penderitanya kesulitan buang air besar. Beberapa hal yang mengakibatkan munculnya sembelit adalah kekurangan serat dan kurang minum air putih.

Hal ini sering terjadi di masa puasa karena kamu harus mengeluarkan cairan tubuh tanpa minum saat beraktivitas seharian.  Jadi, pastikan kamu mengikuti aturan minum air putih saat puasa yang tepat agar tidak dehidrasi.

3. Sakit Tenggorokan

Tidak hanya sembelit, ternyata kurang minum air putih bisa menyebabkan sakit tenggorokan, lho. 

Baca Juga:   Tren Olahraga Yang Akan Populer di Tahun 2020

Selain itu, saat puasa, tubuh jadi lebih mudah terinfeksi oleh bakteri dan bisa saja menyerang tenggorokan kamu. 

Sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan, infeksi bakteri, hingga kesalahan makan saat buka puasa.

Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi menu buka puasa sehat dengan menghindari makanan yang terlalu pedas, panas, dan berminyak. Nah, kamu bisa menggunakan air fryer untuk membuat makanan yang tidak terlalu berminyak.

air fryer
Klaz 2.5 Ltr Air Fryer Low Fat – Hitam

Beli di sini

4. Sakit Kepala

Sakit kepala sangat umum terjadi jika seseorang kelaparan, lelah, dehidrasi, dan lain-lain. Apalagi saat masa puasa, kita harus menahan rasa lapar dan hausnya selama 13 jam. Belum lagi, jika mereka terbiasa mengonsumsi kafein saat beraktivitas. 

Dehidrasi juga bisa menyebabkan sakit kepala, lho. Untuk mengatasinya, kamu perlu mengatur pola makan dan minum saat puasa. Selain itu, pastikan untuk mengurangi konsumsi kafein dan mengatur jam tidur di bulan puasa

Nah, kalau mengalami sakit kepala saat puasa, kamu bisa coba mengatasinya dengan memijat pelipis kepala serta titik di antara kedua alis mata. Hal ini dapat membantu kamu mengurangi rasa sakitnya.

sakit kepala penyakit saat bulan puasa
Sumber: pixabay.com

5.Mual

Bukan hanya kita yang bisa beradaptasi terhadap lingkungan baru, tetapi tubuh juga perlu melakukannya jika berhadapan dengan pergantian pola makan. Hal tersebut yang membuat tubuh bisa merasa mual, bahkan kita bisa sampai muntah. 

Kondisi ini seringkali dialami banyak orang pada hari pertama buka puasa. Selain itu, mual dan muntah juga bisa disebabkan oleh kesalahan konsumsi makanan saat berbuka yang menyebabkan munculnya gangguan pencernaan.

Baca Juga:   Gula Darah Rendah - Penyebab, Gejala, dan Resiko

Mengonsumsi makanan terlalu banyak dan terburu-buru juga tidak baik, lho. Jadi, pastikan untuk berbuka secara perlahan dengan menu buka puasa yang sehat.

6. Tekanan Darah Rendah

Bagi penderita tekanan darah rendah, masa puasa menjadi tantangan terbesar. Kita harus menyesuaikan diri dengan perubahan pola makan sehingga tubuh terasa lebih lemas karena tekanan darah yang menurun.

Biasanya, penderita tekanan darah rendah akan mengalami beberapa keluhan, seperti kepala berkunang-kunang, tubuh lemas, mual, muntah, bahkan pingsan. Untuk mengatasinya, pastikan kamu sahur dan buka puasa dengan tepat waktu. 

Selain itu, saat berbuka, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat agar bisa tahan lapar lebih lama.  

Nah, kamu bisa membeli beberapa produk kesehatan dari ruparupa untuk mengukur tekanan darah berikut ini, ya.

 

Sowell 2.95 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah Sdp-180
Sowell 2.95 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah Sdp180

Beli di sini

Sowell 4.6 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah Sdp-182
Sowell 4.6 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah Sdp-182

Beli di sini

Jika ingin melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri lainnya, kamu bisa menyiapkan beberapa produk kesehatan seperti berikut ini di rumah. 

 

Sowell Oximeter Fingertip Pulse Sdo-721
Sowell Oximeter Fingertip Pulse Sdo-721

Beli di sini

Sowell Alat Pengukur Gula Darah Sdg-561
Sowell Alat Pengukur Gula Darah Sdg-561

Beli di sini

Kamu dapat menemukan berbagai produk kesehatan lainnya dengan kualitas terbaik hanya di ruparupa.

miliki alat kesehatan hemat hingga 50%
klik di sini

Tidak hanya itu, situs belanja online ini juga menjual berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga serta koleksi mainan anak dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, INFORMA, Krisbow, SELMA, ATARU, Toys Kingdom dan masih banyak lagi.

Yuk, pastikan kita menjalankan ibadah puasa dengan sehat.