10 Tanaman Pengusir Nyamuk di Rumah yang Ampuh

0
2256
tanaman pengusir nyamuk ampuh
Sumber : pexels.com

Semprotan nyamuk yang memakai bahan kimia memang ampuh mengusir nyamuk. Namun, bila digunakan terlalu sering, justru bisa membahayakan kesehatan Anda. Untuk itulah, kamu bisa menggunakan tanaman pengusir nyamuk di rumah.

Ya, memang nyamuk merupakan salah satu musuh manusia karena jika terkena gigitannya akan menimbulkan bentol pada kulit, bahkan dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti demam berdarah.

Ruparupa Banner

Apa Saja Tanaman Hias Pengusir Nyamuk?

Namun, dengan cara yang alami ini, rumah pasti akan terbebas dari nyamuk dan kesehatan Anda juga tetap terjaga. Lalu, apa saja tanaman pengusir nyamuk tersebut? Simak berikut ini.

1. Lavender

Lavender sering menjadi pilihan untuk mengusir nyamuk di rumah, baik dalam bentuk minyak atau lilin aromaterapi, campuran untuk semprotan pengusir serangga, aroma karbol, dan lain-lain.

Meskipun aromanya menenangkan, ternyata nyamuk tidak suka wangi ini, lho. Anda bisa menanam lavender di pekarangan rumah, yang terpapar sinar matahari langsung. Namun, pastikan Anda menyiramnya dengan rutin agar lavender tetap bisa tumbuh subur. 

lavender pengusir nyamuk
Sumber : unsplash.com

 

2. Bawang putih

Siapa sangka ternyata dengan menanam bawang putih dapat mengusir nyamuk dari rumah, loh. Baunya yang menyengat, tenyata tidak disukai nyamuk. Inilah yang membaut mereka bisa menjauh dari rumah Anda.

Tanamlah bawang putih di dalam pot dan letakkan di pekarangan rumah Anda. Selain dapat mengusir nyamuk, Anda juga dapat menggunakan bawang putih ini untuk keperluan masak sehari-hari. Sangat menguntungkan, bukan? 

tanaman bawang putih
Sumber : Sumber : unsplash.com

 

3. Peppermint

Peppermint atau daun mint juga terkenal sebagai tanaman hias yang ampuh untuk mengusir serangga, khususnya nyamuk. Aromanya yang tajam membuat nyamuk sangat membencinya dan tidak ingin dekat-dekat.

Baca Juga:   15 Tanaman Pembersih Udara Di Dalam Ruangan

Anda dapat meletakkan tanaman pengusir nyamuk ini di dalam rumah, seperti kamar tidur, kamar mandi, dan ruang keluarga.

tanaman peppermint atau daun mint
Sumber : unsplash.com

 

4. Lemongrass atau Serai

Tanaman satu ini biasanya menjadi pelengkap bumbu masakan, yang dapat membuat  aromanya menjadi semakin harum dan sedap. Namun, ternyata aroma dari lemongrass  atau serai ini membuat nyamuk tidak betah dan akan segera pergi dari rumah Anda.

Anda dapat menanam serai ini di pekarangan rumah. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan satu batang serai di dalam vas berisi air. Lalu, letakkan di sudut ruangan unutk mengusir nyamuk.  

tanaman pengusir nyamuk serai
Sumber : thechalkboardmag.com

5. Rosemary

Tanaman hias rosemary memiliki aroma kayu yang sangat wangi sehingga daunnya sering menjadi pelengkap bumbu masakan, seperti pada steak. Ternyata, tanaman ini sangat efektif untuk mengusir nyamuk dari rumah, loh!

Anda dapat menanamnya di taman rumah sebagai tanaman pembatas. Selain itu, Anda juga bisa menanamnya di dalam pot dan meletakkannya di sudutr rumah. Pasti nyamuk tidak berani mendekati Anda.

rosemary tanaman pengusir nyamuk
Sumber : unsplash.com

 

6. Marigold atau Bunga Tahi Ayam

Walaupun memiliki tampilan yang sangat cantik, bunga ini mendapat julukan sebagai bunga tahi ayam, loh. Hal ini dikarenakan aroma dari bunga yang sangat tidak sedap menyerupai bau tahi ayam.

Banyak orang yang tidak suka dengan wangi bunga satu ini, apalagi pada nyamuk. Bunga marigold atau tahi ayam ini dapat Anda tanam di pekarangan rumah. Dengan aroma menyengatnya, bunga ini dapat mengusir serangga lain, seperti semut dan kutu daun. 

bunga tahi ayam marigold pengusir nyamuk
Sumber : unsplash.com

 

7. Catnip

Tanaman hias pengusir nyamuk satu ini masih masuk ke dalam golongan daun mint. Daunnya pun memiliki aroma yang sangat menyengat dan mampu menyebar dengar cepat.

Tidak heran bila Catnip dapat mengusir nyamuk atau serangga lain, yang berada di sekitarnya dan membuat mereka tidak berani kembali lagi.

Baca Juga:   7 Manfaat Bunga Marigold dan Cara Mengonsumsinya

Namun, hindari menanam tanaman ini jika Anda memiliki kucing di rumah karena bisa berbahaya. Jika tidak sengaja kucing Anda memakannya, maka mereka bisa mengalami gangguan pencernaan.

tanaman catnip
Sumber : harvesttotable.com

 

8. Basil atau Kemangi

Siapa yang suka mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan? Tidak hanya lezat sebagai  makanan, ternyata tanaman satu ini juga ampuh mengusir nyamuk, loh!

Aromanya yang wangi, tap menyengat ini, tidak disukai oleh nyamuk sehingga mereka akan kabur jika mencium tanaman ini di rumah. Anda dapat menanamnya di pekarangan rumah.

basil atau kemangi
Sumber : unsplash.com

 

9. Sage

Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah sage, yang biasa juga menjadi obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Sage terbukti cukup ampuh dalam mengusir nyamuk dari rumah.

Anda dapat menanamnya di pekarangan rumah. Cara lainnya adalah dengan mengeringkan daunnya untuk dijadikan obat semprot nyamuk. Aromanya pasti dapat membuat nyamuk tidak akan mendekati Anda lagi.

sage tanaman pengusir nyamuk
Sumber : outsidepride.com

 

10. Lemon balm

Tanaman hias  pengusir nyamuk satu ini sangat mirip dengan daun mint. Namun, tanaman ini memiliki tambahan aroma lemon yang menyegarkan. Nah, nyamuk tidak suka dengan aroma tanaman ini, loh.

Anda bisa menanam lemon balm di rumah untuk mengusir nyamuk. Selain itu, Anda bisa menjadikan lemon balm sebagai bahan olesan kulit untuk mencegah gigitan nyamuk pada tubuh.

Tidak hanya bisa mengusir nyamuk, tanaman lemon balm juga dapat menjadi teh herbal atau bumbu masakan, lho.

lemon balm
Sumber : unsplash.com

 

Nah, itu dia beberapa tanaman yang ampuh mengusir nyamuk dari rumah. Anda bisa memilih beberapa tanaman ini di rumah agar terbebas dari nyamuk yang mengganggu.

Supaya tanaman Anda tumbuh subur, Anda bisa menggunakanberbagai perlengkapan berkebun dari Ruparupa.com di sini.  Selain itu, Anda juga dapat membeli beberapa produk rekomendasi dari Ruparupa berikut ini.

Sekop Taman Hand Trowel Nylon
Sekop Taman Hand Trowel Nylon beli di Ruparupa.com.
Sekop taman ini dapat mempermudah Anda dalam menanam tanaman pengusir nyamuk dan sangat nyaman jika Anda genggam.

Beli di sini

Elho 80 Cm Green Basics Pot Tanaman Xxl - Cokelat
Elho 80 Cm Green Basics Pot Tanaman Xxl – Cokelat beli di Ruparupa.com.
Pot dengan ukuran 80 cm ini akan sangat cocok untuk menanam tanaman pengusir nyamuk Anda karena ukurannya yang sesuai. Bahannya yang tahan sinar matahari membuatnya dapat diletakkan outdoor atau indoor.

Beli di sini

Kris Garden Penyiram Tanaman 3 L - Biru
Kris Garden Penyiram Tanaman 3 L – Biru beli di Ruparupa.com.
Dengan bahan yang berkualitas dan tidak mudah bocor akan sangat cocok Anda gunakan untuk menyiram tanaman di taman Anda.

Beli di sini

Kris Garden 29.5 Cm Pot Tanaman Valencia Anyaman Persegi - Cokelat
Kris Garden 29.5 Cm Pot Tanaman Valencia Anyaman Persegi – Cokelat beli di Ruparupa.com.
Pot satu ini akan sangat cocok jika Anda gunakan untuk menanam tanaman indoor karena tampilannya yang menarik.

Beli di sini