10 Jenis Tanaman Outdoor yang Bisa Mempercantik Taman Rumah

0
3796
jenis tanaman outdoor

Teras rumah yang cantik bisa membuat kita betah buat santai berlama-lama. Akan tetapi, menciptakan teras nyaman tidak melulu soal pemilihan perabot. Kita juga harus menatanya dengan berbagai jenis tanaman outdoor supaya tidak monoton.

Selain mempercantik, tanaman yang rimbun juga bisa meningkatkan kualitas udara di rumah. Bahkan, beberapa jenis tanaman bisa mengurangi 87% racun di udara dalam waktu 24 jam.

Ruparupa Banner

Jadi, kamu bisa menyehatkan jantung dan paru-paru hanya dengan duduk di teras rumah yang rimbun dengan tanaman.

Apa Saja Jenis Tanaman Outdoor?

Buat kamu yang ingin menanam tanaman di teras rumah, ini dia beberapa rekomendasi tanaman outdoor terbaik.

1. Lemon

Pohon lemon bisa menjadi pilihan buat ditanam di pekarangan rumah. Apalagi, warna kekuningan dari buahnya dapat memberikan energi positif. Hanya saja, jenis tanaman outdoor satu ini membutuhkan perawatan yang rumit.

Agar bisa tumbuh sempurna, kamu harus menyemprotkan air secara teratur di helaian daunnya dan biarkan terkena sinar matahari langsung.

jenis tanaman outdoor
Sumber: Unsplash/Suvi Honkanen

2. Palem Keagungan

Kalau ingin membawa nuansa tropis ke taman rumah, pilih jenis tanaman outdoor bernama palem keagungan.

Selain cantik, tanaman ini mampu mempurifikasikan udara. Buat perawatannya, tanaman palem keagungan hanya perlu terkena cahaya matahari selama 4-6 jam setiap harinya.

Baca Juga:   10 Cara Terbaik Merawat Kaktus

3. Ivy Hedera

Tanaman ivy hedera memiliki daun berwarna-warni yang bisa meciptakan kontras untuk taman rumah. Kamu bisa menanamnya di dalam pot dan letakkan di sudut rumah. Kalau ingin mempercantik suasana teras, letakkan di pot gantung.

jenis tanaman outdoor ivy
Sumber: pixabay.com

4. Calathea

Jenis tanaman outdoor calathea memiliki ciri khas berupa daun yang diisi dengan garis dua warna. Uniknya, tanaman ini bisa bertahan dengan cahaya redup sehingga jadi pilihan terbaik di musim hujan.

Untuk perawatannya, kamu hanya perlu menanam di tanah lembap dan manfaatkan drainase yang baik.

jenis tanaman outdoor calathea
Sumber: Pixabay.com

5. Karet

Tanaman karet memiliki daun lebar dan mengkilap. Daun yang bertekstur lilinnya ini akan menangkap dan memantulkan cahaya sehingga jadi terlihat berkilau.

Kalau kamu ingin meletakkan tanaman ini di teras, letakkan di sudut yang terkena sinar matahari langsung. Selain itu, jangan menyiramnya dengan air yang terlalu banyak.

jenis tanaman outdoor karet
Sumber: flickr.com

6. Burung Cendrawasih

Jika kamu menyukai desain tanaman outdoor yang unik, maka pohon burung cendrawasih menjadi pilihan terbaik. Soalnya, tanaman ini memiliki warna oranye kontras sehingga bisa menghidupkan nuansa taman yang suram. 

Agar bisa tumbuh dengan baik, kamu harus menjaga tanahnya supaya tetap lembap, siram secara teratur, berikan pupuk setiap bulan, dan letakkan di tempat terang. 

jenis tanaman outdoor hias cendrawasih
Sumber: pixabay.com

7. Aglaonema

Dari berbagai jenis tanaman outdoor lainnya, aglaonema menjadi pilihan yang cukup populer. Soalnya, tanaman daun tropis ini tidak memerlukan perawatan ekstra. Mereka bisa bertahan di udara yang kering dan cahaya buruk sekali pun.

Baca Juga:   Kapan Harus Mencuci Bantal Tidur? Ini Jawabannya!

Meskipun demikian, kamu tetap harus memaksimalkan perawatannya supaya bisa tumbuh dengan cantik.

jenis tanaman outdoor
Sumber: Unsplash/David Clode

8. Kaktus

Ada berbagai jenis kaktus yang bisa kamu tanam di depan rumah. Namun, pilih kaktus yang ukurannya kecil saja supaya bisa kamu letakkan di dalam pot.

Bukan tanpa alasan, kaktus kecil yang berada di dalam pot memang terlihat sederhana, tetapi bisa membuat suasana teras jadi terasa lebih cantik.

jenis tanaman outdoor
Sumber: Unsplash/Kyaw Tun

9. Canna

Canna adalah jenis tanaman outdoor yang bisa tumbuh dengan bunga cantik berwarna kuning atau oranye. Bentuk daunnya cukup lebar dan memiliki garis halus berwarna kekuningan.

Cara perawatannya juga mudah, kamu hanya perlu menyiramnya setiap hari dan letakkan di bawah sinar matahari.

jenis tanaman outdoor
Sumber: Unsplash/Penghao Xiong

10. Lidah Mertua

Ingin mempunyai jenis tanaman outdoor yang bisa tahan di segala cuaca? Kalau iya, kamu bisa memilih lidah mertua. Tanaman ini bisa tahan dan tumbuh subur di tempat yang lembap atau kering.

Selain itu, daunnya juga mampu menyaring kotoran sehingga berfungsi sebagai polutan alami.

jenis tanaman outdoor
Sumber: Unsplash/Noyo Creatif

Itu dia sepuluh jenis tanaman outdoor yang bisa kamu pilih. Jadi, kamu mau menanam tanaman yang mana buat di teras rumah? 

ciptakan taman cantik dengan perabot hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Setelah mengetahui jenis tanamannya, kami memiliki beberapa rekomendasi alat berkebun yang bisa mendukung aktivitas bercocok tanam di rumah, seperti berikut ini.

jenis tanaman outdoor
Boutique Garden Bibit Tanaman Tomat Dengan Bio Pot

Beli di sini

jenis tanaman outdoor
Pot Tanaman 03c 13.6×13.6×11.5cm – Pink

Beli di sini

jenis tanaman outdoor
Lets Plant Benih Timun

Beli di sini

jenis tanaman outdoor
Boutique Garden Bio Pot Dengan Bibit Teh

Beli di sini

jenis tanaman outdoor
Pot Tanaman Semen Xy58 18×17.5×13 Cm

Beli di sini