16 Cara Membasmi Semut yang Paling Ampuh

0
758

Semut termasuk salah satu hewan dengan populasi paling banyak di dunia. Meskipun memiliki ukuran tubuh yang kecil, tetapi kehadirannya yang berkoloni sangat menjengkelkan karena dapat mengganggu kenyamanan di rumah. Keberadaan semut juga susah terdeteksi karena dalam sekejap saja semut bisa berdatangan menyerbu satu lokasi. Membutuhkan perhatian khusus untuk membasmi semut hingga ke titik sarang semut berada.

Tidak heran kalau  semut juga termasuk  binatang yang paling dibenci dan dihindari oleh para ibu rumah tangga. Selain mengganggu aktivitas memasak di dapur, semut juga bisa mengkontaminasi makanan yang ada dan membuat dapur kotor. Bagaimana tidak? Semut sendiri kerap hadir secara berbondong-bondong untuk mengambil bahan makanan di dapur, terutama makanan yang mengandung rasa manis.

16 Cara Membasmi Semut yang Paling Ampuh

Di era sekarang ini, telah banyak berhadiran cara mengusir semut, mulai dari menggunakan bahan alami hingga kimia. Nah, penasaran bagaimana cara ampuh untuk mengusir semut di rumah? Yuk, simak artikel di bawah ini.

1. Bubuk merica atau cabe bubuk

Bahan alami juga ampuh membasmi semut membandel di rumah, loh. Salah satu caranya adalah dengan memakai bubuk merica atau cabe bubuk. Pasalnya, merica dan cabe bubuk memiliki aroma pedas panas yang dapat membuat semut enggan mendekati permukaan lantai atau makanan.

Ketika Anda sudah mulai melihat deretan barisan semut, Anda bisa mulai menaburkan bubuk merica atau cabai ke dekat lokasi tersebut. Umumnya, barisan semut ini akan berkerumun sembari membawa makanan pada area pinggir lantai atau tembok di dapur.

2. Tepung terigu

Anda dapat mencoba menggunakan tepung terigu sebagai alternatif alami lain untuk membasmi semut di rumah. Caranya, taburkan segenggam tepung terigu di lokasi Anda melihat semut keluar masuk (sarang semut) ataupun rak makanan manis. Meskipun tidak memusnahkan semut secara langsung, tetapi teknik ini membuat semut tidak dapat melewati batasan tepung yang sudah Anda taburkan.

3. Bubuk kayu manis ampuh membasmi semut

Bubuk kayu manis atau cinnamon powder merupakan salah satu rempah yang selalu ada di deretan bumbu dapur. Namun, siapa sangka bahan alami ini rupanya dapat digunakan untuk mengusir semut. Caranya juga hampir mirip, yakni dengan menaburkan bubuk kayu manis pada area yang sering dilewati oleh semut.

Jika Anda tidak ingin lokasi rumah menjadi berantakan dengan bubuk yang bertebaran di lantai, maka Anda dapat mencoba menggunakan minyak esensial kayu manis. Teksturnya yang cair membuatnya lebih mudah untuk dibersihkan.

4. Lemon

Jika Anda tidak ingin menggunakan bahan kimia, Anda sebetulnya dapat mencoba mengusir semut dengan buah lemon. Pertama, Anda dapat mulai menyemprotkan perasan sari lemon pada lokasi yang paling berpotensi dijumpai semut, seperti pada ambang pintu, kusen jendela dapur, lubang retakan tembok, dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kulit buah lemon dengan memotongnya dalam ukuran kecil dan letakkan pada area pintu masuk dapur. Dengan teknik ini, dijamin semut tidak akan berani masuk mendekati dapur karena bau khas dari lemon yang menyengat dan dibenci oleh semut. Tidak hanya dapat mengusir semut, rupanya lemon juga ampuh untuk mengusir kecoa di rumah.

5. Garam

Cara berikutnya untuk mengusir semut adalah memakai garam, yang masih termasuk  menggunakan bumbu dapur. Anda hanya perlu menaburkan garam pada area pinggir dapur dan teras rumah. Alhasil, gundukan garam ini akan menjebak semut sehingga mereka tidak bisa memiliki akses untuk keluar masuk dari sarangnya.

6. Cuka

Selain menggunakan bumbu dapur bubuk, Anda bisa mencoba menggunakan cuka untuk mengusir semut. Caranya dengan mencampurkan cuka dan air memakai perbandingan 50:50. Kemudian, Anda dapat memindahkan cairan ke botol spray dan menjadikannya sebagai cairan pembersih rumah.

Bau dari cairan cuka tidak akan terhirup pada indera penciuman manusia. Namun, semut tetap dapat mengenali wangi cuka yang menyengat pada permukaan lantai. Bukan hanya semut, serangga lain pun bakal enggan untuk mendekati permukaan yang berbau cuka.

7. Bubuk kopi

Selain memiliki rasa nikmat saat diminum, rupanya kopi juga bisa Anda gunakan sebagai bahan pengusir semut, loh. Bau kopi yang pahit dan menyengat ini akan membuat semut semakin menjauhi area yang Anda taburi. Sayangnya, aroma kopi bisa hilang sewaktu-waktu sehingga Anda perlu memastikan untuk menggantinya secara rutin dengan aroma yang lebih kuat.

8. Tea tree oil

Cara yang satu ini dijamin akan membuat semut tetap tidak berani dan enggan untuk menjejakkan kakinya di dapur. Anda hanya perlu mencampurkan 10-15 tetes minyak dengan segelas air. Kemudian, Anda bisa menggunakan bola kapas ataupun spray khusus pada sudut-sudut yang sering menjadi jalan semut.

Tea tree oil memiliki aroma yang kuat. Oleh karena itu, pastikan Anda menjauhkan minyak essensial ini sejauh mungkin dari jangkauan anak-anak ataupun hewan peliharaan, ya.

9. Membasmi semut dengan kapur antiserangga

Selain menggunakan bahan alami, Anda dapat mencoba menggunakan kapur antiserangga yang beredar di pasaran. Aroma kalsium karbonat dari kapur dijamin bisa membasmi semut membandel di area rumah Anda. Cara pakainya juga cukup mudah, Anda hanya perlu gambar garis melingkar pada titik area sarang semut. Teknik jitu ini akan membuat semut terperangkap dan tidak dapat berkeliaran lagi.

10. Air mendidih

Cara yang satu ini lebih efektif jika Anda berniat untuk membunuh kumpulan semut di satu lokasi. Selain itu, langkah yang satu ini tidak akan menimbulkan bau yang mengganggu seperti penggunaan bahan alami di atas. Pastikan Anda menggunakan air panas (mendidih) sebelum disiramkan ke dalam sarang semut.

11. Deterjen cair dan cairan pembersih kaca

Meski belum terdapat riset khusus, tetapi metode ini diklaim ampuh dalam membasmi semut di rumah. Caranya adalah dengan mencampurkan deterjen cair dan cairan pembersih kaca ke dalam botol semprot. Lalu semprot cairan tersebut ke area rumah yang kerap dilalui oleh semut. Jangan lupa untuk membersihkan area setelah penyemprotan agar tidak licin ya.

12. Kulit jeruk

Anda juga dapat mencoba menggunakan kulit jeruk untuk membasmi sarang semut, loh. Soalnya buah jeruk merupakan salah satu buah manis yang digemari oleh semut.

Namun, ada teknik khusus untuk mengola kulit jeruk sebagai obat pembasmi semut. Caranya adalah dengan blender beberapa kulit jeruk dan satu cangkir air hangat. Setelah halus, Anda dapat dengan segera menuang campuran tersebut ke dalam sarang semut. Dengan teknik ini, ratu semut akan mati dan para tentara semut akan segera mencari sarang baru lagi untuk mencari makan.

13. Cengkeh

Bahan alami yang satu ini memiliki aroma menyengat yang tidak disukai oleh semut. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu meletakkan beberapa cengkeh pada area yang sering dikunjungi oleh semut. Setelah mencium baunya, semut dan lalat akan segera pergi sehingga tidak akan mengganggu Anda lagi.

14. Bedak talc

Bedak talc merupakan bubuk organik, seperti bubuk boraks, belerang, dan krim tartar. Bedak satu ini merupakan salah satu bahan yang paling ditakuti oleh semut. Kandungannya yang keras dijamin dapat mengusir semut dari area rumah Anda. Namun, pastikan Anda menyimpan sisa bubuk pada area yang sulit dijangkau oleh anak kecil dan hewan peliharaan di rumah ya.

15. Bawang putih

Bawang putih memang terkenal ampuh membuat masakan menjadi tambah harum dan sedap. Eitss.. Tidak hanya itu saja, bumbu satu ini juga sangat ampuh untuk mengusir semut loh. Caranya adalah dengan mengiris tipis bawang putih dan tempatkan pada area yang banyak semut. Setelah itu, semut secara ampuh akan hilang dalam sekejap.

16. Membasmi semut dengan daun sirih

Anda hanya perlu meremas daun sirih sampai mengeluarkan aroma dan minyak khas. Kemudian, tempatkan pada area sarang semut atau yang sering dilalui oleh banyak semut.

Itu dia 16 cara jitu yang dapat Anda coba untuk membasmi semut membandel di rumah. Supaya lebih praktis, Anda dapat mencoba produk pembasmi semut dari conant yang dijamin ampuh membunuh semut hingga sang ratu semut. Selain itu, Anda juga bisa mencegah kerumunan semut ini dengan mudah, seperti artikel di sini.

obat pembasmi semut conant
Dapatkan obat pembasmi semut berkualitas hanya di Ruparupa.com