8 Macam Tanaman Hias Daun untuk Teras Rumah

0
6881
macam-macam tanaman hias

Punya teras rumah yang asri tentunya menyenangkan. Terlebih, bagian depan rumah akan menjadi impresi pertama seseorang ketika berkunjung ke rumah kita.  Tidak heran bila macam-macam tanaman hias bisa meningkatkan keindahan hunian, lho.

Namun, kerap kali kita suka bingung dalam memilih tanaman hias yang pas agar rumah tampaik lebih estetik.

Ruparupa Banner

Tidak perlu khawatir, karena kami punya beberapa rekomendasi tanaman hias daun yang bisa kamu gunakan untuk mengiasi teras rumah.

Apa Saja Macam-macam Tanaman Hias Daun?

Tanaman hias daun berwarna hijau tidak hanya bisa membuat rumah jadi tampak asri, tetapi juga bisa mempercantik area teras dan belakang rumah.

Nah, berikut ini beberapa jenis tanaman hias daun yang bisa memberikan kesan tersebut. Simak, yuk.

1. Lidah Mertua

lidah mertua
Sumber : Pixabay.com

Lidah mertua adalah jenis tanaman hias daun yang memiliki ciri daun menyempit di pangkalnya dan meruncing di ujungnya.

Tanaman hias ini biasanya punya beberapa jenis warna yang, yaitu hijau tua, hijau muda, hijau keabu-abuan, dan hijau kekuningan.

Merawat tanaman lidah mertua cukup mudah. Soalnya, tanaman ini mudah beradaptasi karena bisa menyimpan cadangan air dalam jumlah besar.

2. Monstera

tanaman hias monstera
Tanaman daun monstera untuk memperindah interior rumah.

Siapa yang tidak mengenal tanaman monstera? Ya, ini salah satu tanaman yang sangat populer saat ini.

Baca Juga:   15 Tanaman Pembersih Udara Di Dalam Ruangan

Monstera memiliki ciri daun tebal berwarna hijau dengan bolongan besar di daun-daunnya. Tanaman monstera biasanya cocok diletakkan di teras rumah, yang tidak langsung terpapar sinar matahari.

Hindari meletakkannya dekat paparan sinar matahari langsung karena cahaya berlebihan akan membuat daunnya menjadi kekuningan.

3. Rombusa Mini

rombusa mini
Sumber : The Small Garden

Rombusa mini adalah tanaman perdu semak dengan daun yang sangat rimbun. Tanaman ini, punya beberapa jenis warna yang, antara lain hijau, kuning dan silver.

Bunganya yang berwarna putih menambah penampilan cantiknya dan membuatnya cocok diletakkan di halaman dan teras rumah.

4. Lili Paris

lili paris
Sumber : La plante qui pousse

Dengan daunnya yang berbentuk pita memanjang dan tipis, lili paris mendapatkan julukan tanaman bulu ayam.

Tidak seperti namanya, ternyata lili paris ini berasal dari Afrika Selatan. Warna daunnya yang terang dengan aksen hijau di pinggirnya, membuat lili paris paling digemari sebagai tanaman hias. 

5. Philodendron

macam-macam tanaman hias philodnedron
Sumber : Marie Claire

Philodendron adalah tanaman hias yang memiliki ciri daun hijau berbentuk hati. Bentuknya yang unik ini, membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Selain itu, kamu juga bisa menempatkan philodendron di mana pun karena ia tidak membutuhkan sinar matahari yang berlebihan. 

6. Kuping Gajah

kuping gajah
Sumber : Pixabay.com

Kuping Gajah memiliki daun berukuran besar dan berbentuk hati. Tanaman kuping gajah memerlukan tanah yang lembab dan bernutrisi untuk tumbuh sehingga kamu harus secara teratur merawat jenis tanaman ini. 

7. Suplir

macam-macam tanaman hias suplir
Sumber : Plantsam.com

Suplir termasuk ke dalam tanaman pakis, yang memiliki ciri daun yang membulat dengan batang yang berduri tegak atau semi tegak.

Baca Juga:   10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Tubuh

Namun, tidak semua tanaman suplir bisa tumbuh di lingkungan kita, lho. Ada beberapa jenis suplir yang bisa dijadikan tanaman hias, antara lain Adiantum raddianum, Adiantum tenerum, Adiantum hispidum, Adiantum cudatum, dan Adiantum diaphanum.

8. Aglaonema

tanaman hias aglonema
Letakkan tanaman aglonema berwarna pink kehijauan untuk dekorasi rumah.

Aglaonema merupakan jenis tanaman talas. Tanaman ini memiliki daun-daun yang besar dan segar berwarna merah atau hijau keputihan dengan bentuk beragam, seperti bulat telur dan lonjong.

Nah, kamu bisa meletakkan aglaonema ini pada bagian teras, yang tidak terkena matahari langsung. Selain itu, usahakan jangan terlalu sering menyiram tanaman ini sampai tergenang air, ya.

dapatkan perlengkapan cocok tanam berkualitas klik di sini

Itu dia beberapa jenis tanaman hias daun yang bisa kamu gunakan untuk membuat teras jadi tampak cantik. Kira-kira mana yang menjadi kesukaan kamu?

Nah, kalau kamu sudah siap memiliki tanaman hias tersebut, pastikan juga kamu punya peralatan berkebun yang bisa membantu untuk merawat tanaman kamu. Tenang, kamu bisa mendapatkan perlengkapan berkebun hanya di ruparupa.com.

Situs belanja satu ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, Selma, ACE, dan masih banyak lagi.

Kami juga punya beberapa rekomendasi peralatan berkebun yang wajib kamu sediakan di rumah, seperti berikut ini.

alat semprot tanaman hias
Krisbow 845 Ml Alat Semprot Tanaman 2 In 1 – Hijau

Beli di sini

pupuk tanaman hias kompos
Pupuk Media Kompos Combo 25 Kg

Beli di sini

pot tanaman hias
Elho 13 Cm Green Basics Pot Tanaman – Cokelat

Beli di sini

gunting dahan tanaman
Yardsmith Gunting Dahan Model Anvil – Hijau

Beli di sini