7 Ide Tata Letak Tanaman Hias untuk Percantik Rumah

0
1244
tata letak tanaman hias

Tanaman hias banyak dipilih sebagai dekorasi rumah. Selain membuat rumah terlihat sejuk dan asri, tanaman hias juga memiliki tampilan yang cantik, baik dari segi bentuk maupun warnanya.

Namun, banyak orang yang mungkin hanya meletakkan tanaman hias di teras rumah dan rak bunga. Padahal, ada banyak bagian rumah yang bisa kamu percantik dengan tanaman hias, baik ruang keluarga maupun kamar mandi.

Ruparupa Banner

Rekomendasi Ide Tata Letak Tanaman Hias

Buat kamu yang ingin mendekorasi rumah, simak ide tata letak tanaman hias berikut ini.

1. Tanaman Hias di Atas Meja

tanaman hias meja
Letakkan tanaman hias kecil di atas meja sebagai dekorasi.

Cek di sini

Tanaman hias bisa menjadi dekorasi buat meja, baik itu meja kerja maupun meja sisi. Sebaiknya, pilih tanaman hias berukuran kecil. Kemudian, gunakan pot yang lucu agar semakin cantik.

2. Tanaman Hias di Dalam Rak Buku

tanaman hias rak buku
Percantik rak buku dengan menambahkan beberapa tanaman hias.

Cek di sini

Bila kamu punya rak buku di rumah, tempatkan tanaman hias kecil di sana. Hal ini akan membuat rak buku tampak lebih cantik dan tertata. Gunakan beberapa tanaman sekaligus dan letakkan secara berurutan di setiap kompartemen.

Baca Juga:   7 Inspirasi Warna Meja Dapur Cantik dan Minimalis

3. Tanaman Hias di Sudut Ruang Keluarga

tanaman hias ruang keluarga
Hiasi sudut kosong di ruang keluarga dengan tanaman cantik.

Cek di sini

Kamu juga dapat meletakkan tanaman hias buat mengisi sudut kosong di dalam ruangan. Supaya selaras, pilih tanaman hias daun berukuran besar dan menggunakan penyangga pot agar tanaman tampak lebih menonjol.

4. Tengah Ruangan

tanaman hias ruangan
Tempatkan tanaman hias estetik di tengah ruangan sebagai focal point.

Cek di sini

Tidak melulu di sudut, tanaman hias juga dapat ditempatkan di tengah ruangan. Biasanya, tanaman ini akan menjadi titik fokus ruangan.

Untuk tanaman berukuran kecil, kamu bisa menempatkannya di atas meja tamu. Bila berukuran besar, letakkan tanaman di dekat sofa.

5. Kamar Tidur

tanaman hias kamar tidur
Buat kamar tidur lebih segar dan alami dengan tanaman hijau daun.

Cek di sini

Banyak orang senang meletakkan tanaman hias di kamar. Namun, bila kamu menggunakan tanaman asli, pastikan bahwa tanaman yang kamu pilih memang aman untuk disimpan di dalam kamar.

6. Sebagai Dekorasi Dinding

tanaman hias dinding
Percantik dinding ruangan dengan tanaman hias gantung.

Cek di sini

Selain tanaman gantung, ada juga tanaman hias yang bisa kamu jadikan sebagai dekorasi dinding.  Apalagi, sudah banyak tanaman hias yang dilengkapi dengan pot dinding aesthetic.

7. Kamar Mandi

tanaman hias monstera
Ciptakan kamar mandi yang cantik dan menawan dengan hiasan tanaman monstera.

Cek di sini

Baca Juga:   7 Model Rak TV Terbaik yang Minimalis dan Multifungsi

Ada banyak tanaman hias yang bisa hidup dalam keadaan lembab, seperti monstera dan lidah buaya. Nah, tanaman ini cocok kamu letakkan di kamar mandi. Kamu bisa menempatkannya di dekat jendela, di atas rak, dan di sebelah rak kamar mandi.

Lantas, Bagaimana Cara Menata dan Meletakkan Tanaman Hias?

Itu dia ide tata letak tanaman hias yang bisa kamu coba. Kami juga mempunyai beberapa tips dalam menata dan meletakkan tanaman hias, seperti berikut ini.

  1. Gunakan beberapa jenis pot cantik untuk membuat tanaman terlihat lebih hidup.
  2. Pilih tanaman dengan ukuran yang berbeda-beda.
  3. Letakkan tanaman di tempat yang mendapatkan paparan sinar matahari.
  4. Sesuaikan jenis tanaman dengan penempatannya. Bila kamu ingin meletakkan tanaman di dalam ruang, pilihlah tanaman indoor.
  5. Untuk tanaman indoor, pilih pot dengan sistem drainase yang baik.

Supaya lebih praktis, kamu juga bisa menggunakan tanaman artifisial dari ruparupa.com. Selain mirip seperti aslinya, tanaman artifisial juga tidak membutuhkan perawatan khusus.

dapatkan tanaman Artifisial cantik
hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja ruparupa.com juga menghadirkan berbagai dekorasi, peralatan berkebun, dan perabot rumah tangga berkualitas dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.