Mengenal 7 Jenis Monstera, Tanaman Hias Kekinian

0
7266
jenis monstera

Buat para pecinta tanaman hias, pastinya sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan jenis monstera yang unik. Bagaimana tidak unik, bentuk daun yang bolong ini sudah menjadi ciri khas monstera.

Tak heran, jenis tanaman ini sudah banyak diburu sebagai tanaman hias kekinian yang sering dijadikan sebagai dekorasi ruangan. Namun, sebelum kamu ikut mengoleksinya, kamu perlu mengetahui bahwa monstera terbagi ke beberapa jenis lainnya. 

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Jenis Monstera yang Terkenal?

Buat kamu yang tertarik untuk mengoleksi tanaman cantik di rumah, ketahui beberapa jenis monstera ini yang tak kalah menawan. Yuk, simak!

1. Jenis Monstera Borsigiana

indoorgardenook.com

Ciri khas tanaman monstera borsigiana yaitu ukurannya yang tidak terlalu besar. Bentuk daunnya mirip dengan tipe deliciosa. Namun, ukuran borsigiana lebih kecil jika dibandingkan dengan deliciosa. Lubang-lubangnya pun lebih berjarak dan tumbuh menjuntai karena batangnya cenderung lunak.

Baca Juga:   20 Jenis Pohon Palem untuk Menghiasi Rumah

2. Jenis Monstera Deliciosa

katrinaleechambers.com

Monstera deliciosa merupakan monstera kekinian yang paling banyak peminatnya. Pada permukaan daunnya, ada lubang-lubang yang membentuk jari di bagian pinggir daun. Ukuran daunnya cukup besar dan memiliki bentuk daun yang menyerupai hati.

3. Jenis Monstera Variegata

loomcollege.com.au

Jika ingin mengoleksi jenis tanaman monstera yang unik, pilih varian variegata. Soalnya, warna tanaman ini ada sentuhan putih cantiknya dan jarang dijual di pasaran sehingga cukup langka.

Kalaupun ada, harga jualnya pun cukup mahal. Untuk ukuran, monstera variegata cenderung lebih kecil dibandingkan dengan monstera deliciosa.

4. Monstera Adansonii

piantica.com

Cukup unik, monstera ini memiliki lubang daun yang hanya terdapat pada bagian tengahnya saja. Ukuran daunnya juga kecil dengan warna gradasi hijau muda hingga hijau tua sehingga sangat cantik dan menarik buat pajangan di dalam rumah.

5. Dubia Monstera

etsy.com

Monstera dubia memiliki ukuran daun yang kecil tanpa lubang sama sekali. Bentuknya bundar dan mengerucut pada ujungnya. Walaupun tidak berlubang, monstera ini memiliki tulang daun yang menonjol sehingga memberikan aksen motif alami yang indah.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Tanaman Musim Gugur yang Cocok Buat Dipajang di Rumah

6. Monstera Obliqua

id.pinterest.com/pin/497718196323905736

Jenis lainnya yang cukup langka adalah obliqua. Soalnya, ukuran daunnya ini cukup besar, tetapi ada lubang besar di permukaannya. Helai daun obliqua juga lebih tipis dibandingkan monstera lain.

 7. Monstera Siltepecana

etsy.com

Monstera siltepecana merupakan tanaman yang tumbuh merambat dan memiliki daun berbentuk oval dengan ujung mengerucut. Monstera ini juga sering disebut silver monstera karena terdapat warna perak pada bagian tengahnya.

Itu dia 7 macam monstera kekinian yang cantik dan bisa kamu jadikan pajangan di rumah. Namun, kamu perlu merawatnya dengan baik supaya tidak mudah layu.

Buat kamu yang ingin mempunyai monstera, tetapi malas untuk mengurusnya, maka bisa pilih tanaman artifisial dari ruparupa.com berikut ini.

jenis monstera
Tanaman Artifisial 25 Cm Monstera Albino L3

Beli di sini

jenis monstera
Tanaman Artifisial 50 Cm Monstera Albino

Beli di sini

jenis monstera
Tanaman Artifisial Monstera 13x13x60 Cm J2 – Hijau

Beli di sini

jenis monstera
Tanaman Artifisial Monstera Adansonii 11x11x38 Cm-Hijau

Beli di sini