6 Cara Menanam Bawang Putih di Rumah dengan Mudah

0
2809
cara menanam bawang putih
Sumber : unsplash.com

Bawang putih menjadi salah satu bahan masakan yang penting karena bisa memberikan kelezatan. Tidak heran bila kita selalu menyiapkan persediaan bawang putih di rumah. Nah, daripada terus menerus membelinya, kamu bisa lebih hemat dengan mengetahui cara menanam bawang putih sendiri di rumah, lho.

Bagaimana Cara Menanam Bawang Putih?

Daripada penasaran, langsung saja simak cara menanam bawang putih berikut ini, yuk!

1. Siapkan pot

Untuk menanam bawang putih, kamu perlu menggunakan pot yang tinggi agar pertumbuhan akarnya dapat lebih maksimal dan menghasilkan umbi yang lebih besar. Pastikan kamu menggunakan pot dengan kedalaman sekitar 20-30 cm. 

Selain itu, pilih pot dengan diameter lebih dari 30 cm untuk memudahkan kamu saat ingin menanam lebih banyak siung bawang. Jika pot belum memiliki drainase atau saluran pembuangan air, kamu bisa melubangi bagian bawah pot. 

2. Pilih media tanam berkualitas

Setelah memilih pot yang tepat, selanjutnya adalah pastikan memakai media tanam yang berkualitas dan berkompos, seperti serabut kelapa atau vermikulit. Masukkan media tanam hingga memenuhi 75 persen isi pot.

Baca Juga:   8 Cara Menanam Kangkung di Rumah dengan Mudah

Lalu, siram dengan air bersih hingga media tanam lebih padat. Cara ini akan lebih memudahkan kamu untuk menanam bawang putih. 

menanam bawang putih
Sumber : foodnetwork.com

3. Pisahkan siung bawang putih dan tanam

Tahapan berikutnya adalah menyiapka umbi bawang putih yang ingin kamu tanam. Pastikan kamu telah memisahkan dari setiap siungnya. Setelah itu, letakkan siung ke media tanam dengan posisi bagian ujung bawah yang rata menghadap bawah dan yang lancip ke atas.

Tekan siung bawang ke dalam tanah kurang lebih 10 hingga 15 cm. Pastikan jarak antara setiap siung bawang sekitar 10 cm agar tidak mengganggu pertumbuhannya.

4. Letakkan di area yang mendapat sinar matahari

Setelah tertanam dengan baik, letakkan pot pada area yang disinari matahari yang cukup. Pastikan bawang putih mendapatkan sinar matahari minimal 8 jam sehari ya, Ruppers. Jadinya, proses perkembangan bawang putih yang telah kamu tanam pun lebih baik dan berkualitas.

menanam bawang putih di pot
Sumber : greenhomediy.co

5. Pastikan media tanam selalu lembap

Selain memperhatikan sinar matahari, pastikan kamu rutin menyiram media tanam bawang putih agar selalu lembap. Namun, hindari menyiramnya terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Hal yang paling penting adalah kamu harus menyesuaikannya dengan kondisi ruangan. Jika tanaman diletakkan pada ruangan yang panas, pastikan untuk lebih sering menyiramnya agar media tanam tidak cepat kering. 

Baca Juga:   Berkebun di Rumah itu Asyik!

6. Panen saat daun mulai menguning atau mengering

Bila melakukan langkah-langkah di atas dengan benar dan merawatnya sebaik mungkin, tentunya bawang putih kamu akan tumbuh dengan subur. Nah, ketika daun bawang putih sudah semakin panjang dan mulai terlihat menguning, tandanya kamu sudah bisa memakainya.

Namun, agar hasilnya lebih maksimal, kamu dapat memanen bawang putih saat daunnya sudah mulai mengering. Lalu, bersihkan sisa tanah yang menempel pada bagian kulit umbi bawang putih dan gantung di tempat yang sejuk.

Terakhir, sebelum kamu menggunakan bawang putih sebagai bumbu untuk masak, keringkan terlebih dahulu sekitar satu minggu.

***

Nah, itu dia cara menanam bawang putih yang sangat mudah untuk kamu coba sendiri di rumah. Pastikan untuk mengikuti semua langkah dengan benar agar hasilnya maksimal, ya. Yuk, coba tanam bawang putih sendiri dan melengkapi kebutuhan dapur kamu! 

Kamu dapat menemukan berbagai perlengkapan bercocok tanam yang bagus dari ruparupa.com di sini. Simak juga beberapa rekomendasi produk dari ruparupa.com berikut ini yang dapat kamu beli untuk membantu saat menanam bawang putih. 

Elho 80 Cm Green Basics Pot Tanaman Xxl
Elho 80 Cm Green Basics Pot Tanaman Xxl

Beli di sini

Kris Garden 29.5 Cm Pot Tanaman Valencia Anyaman Persegi
Kris Garden 29.5 Cm Pot Tanaman Valencia Persegi

Beli di sini

Sekop Taman Hand Trowel Nylon
Sekop Taman Hand Trowel Nylon

Beli di sini

Penyiram Tanaman Plastik 1.5 Ltr
Penyiram Tanaman Plastik 1.5 Ltr

Beli di sini