7 Rekomendasi Menu Makan Buka Puasa Sehat

0
919
Sumber: Unsplash.com

Buka puasa pasti menjadi momen yang kamu paling nanti-nantikan selama bulan suci Ramadhan. Untuk menjaga tubuh tetap bugar, pastikan untuk berbuka dengan menu makanan dan minuman buka puasa yang sehat.

Ketika berbuka puasa, kita perlu mengisi tubuh dengan asupan yang penuh nutrisi. Selain itu, kita pun juga harus mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Tidak heran bila minuman dan makanan manis selalu jadi pilihan menu takjil saat berbuka puasa.

Ruparupa Banner

Daftar Menu Buka Puasa Sehat Di Rumah

Eits, kita juga harus menjaga asupan makanan manis selama puasa. lho. Untuk itulah, menu makanan sehat bisa jadi pilihan buat buka puasa. Namun, apa saja menu buka puasa yang bisa kita santap, tetapi tetap sehat? Simak berikut ini.

1. Nasi Goreng Versi Sehat

Nasi goreng menjadi salah satu pilihan menu buka puasa yang praktis dan mudah. Bahannya juga sederhana dan mudah dibuat. Kamu bisa mencoba resep nasi goreng spesial cuma 20 menit dengan klik di sini.

Namun, agar nasi goreng menjadi hidangan yang sehat untuk berbuka puasa, pastikan kamu menakar bahan-bahannya dengan seimbang, salah satu caranya dengan tidak terlalu banyak menggunakan minyak.

Sumber: Unsplash.com

Kamu juga bisa menambahkan sayuran seperti selada air, tomat, atau mentimun sebagai pelengkap.

Selain itu, tambahkan pula kandungan protein dalam nasi goreng, seperti telur, ayam, ikan, atau jenis kacang-kacangan. Nasi goreng yang kaya karbohidrat bisa jadi sumber energi yang bagus untuk tubuh, lho.

Baca Juga:   9 Efek dan Kepribadian Perabot Warna Pastel Pada Rumah

2. Capcay Kaya Nutrisi

Menu buka puasa sehat berikutnya adalah capcay, yang terdiri dari beragam sayur, seperti wortel, kembang kol, sawi hijau. Kamu pun bisa menambahkan daging sebagai pelengkap,  seperti sosis, bakso, atau ayam.

Sumber: Wikimedia Commons

3. Omelet Dengan Topping Sehat

Menu buka puasa yang tak kalah sedap adalah telur omelet. Kamu bisa mengkreasikan omelet dengan berbagai macam topping, mulai dari sosis, jamur, bayam, hingga wortel.

Kalau mau hidangan omelet lebih sehat, maka gunakan olive oil untuk menggoreng dan tambahkan bahan berupa sayuran. Selain nikmat, menu omelet tidak terlalu sulit untuk dibuat dan bahan-bahannya pun mudah di dapatkan.

Sumber: Pexels.com

Hidangan berbahan telur ini ideal untuk buka puasa tak lepas dari kandungan nutrisinya yang tinggi, seperti protein, vitamin A, E, K, D dan masih banyak lagi.

Untuk membuat omelet, kamu pasti membutuhkan wajan dan spatula. Tenang, di Ruparupa.com, kamu bisa menemukan semua itu dengan mudah, seperti di bawah ini.

menu makanan minuman buka puasa
Krischef 20 Cm Curling Wajan Penggorengan – Hitam

Beli di sini

menu makanan minuman buka puasa
Krischef Spatula Turner Nilon

Beli di sini

4. Air Kelapa Murni

Kesegaran air kelapa murni bisa langsung melepas dahaga, setelah seharian tidak minum. Air kelapa mengandung elektrolit yang bisa membuat tubuh terhidrasi. Manfaat lain air kelapa adalah menurunkan tekanan darah dan menetralisir racun.

Kamu bisa menikmati air kelapa dengan membuatnya sebagai es jeruk kelapa. Biasanya, es jeruk kelapa menggunakan kelapa muda.

Sumber: Unsplash.com

5. Jus Buah Sehat

Setelah seharian menahan dahaga, pasti kamu ingin langsung minum yang segar-segar waktu berbuka, seperti jus buah.

Baca Juga:   12 Ide Kostum Halloween Anak yang Lucu dan Menggemaskan

Salah satu jus buah yang menyegarkan adalah jus apel. Selain nikmat, buah apel juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Nah, kamu bisa mencampur apel dan wortel untuk dibuat jus bersama. Rasanya manis dan menyegarkan.

Sumber: Unsplash.com

6. Susu Kurma Almond

Selain jus buah, kamu juga bisa membuat susu kurma almond. Rasa kurma yang manis dan susu almond membuat minuman ini nikmat dan menyegarkan. Apalagi kalau dihidangkan dalam keadaan dingin.

Untuk membuat susu kurma almond, kamu bisa menggunakan slow juicer, yang bisa kamu beli hanya di Ruparupa.com.

https://www.ruparupa.com/kels-aero-set-slow-juicer-set-hitam.html?utm_source=blog&utm_medium=referral&utm_term=image&utm_campaign=pdp
Kels Aero Slow Juicer 150 Watt – Hitam

7. Infused Water yang Menyegarkan

Bosan minum air putih, tetapi tidak mau minum yang manis-manis? Coba beri rasa pada air putih dengan menambahkan potongan lemon, dan daun mint. Dijamin, air putih akan terasa lebih segar dan tidak tawar.

Buah yang biasanya dibuat dalam infused water adalah apel, stoberi, semangka, dan jeruk. Infused water akan lebih nikmat kalau disajikan dalam keadaan dingin. Agar tampilan infused water lebih menarik, simpan dalam teko yang transparan seperti di bawah ini.

menu makanan minuman buka puasa
Appetite 1.8 Ltr Set 6 Pcs Teko Minum & Gelas Dengan Nampan Persegi Panjang

Beli di sini

Appetite 2 Ltr Set 6 Pcs Teko Minum & Gelas Dengan Nampan

 Beli di sini

Itu dia 7 menu buka puasa yang sehat, praktis, dan mudah. Pastikan kamu memasak hidangan buka puasa dengan alat yang berkualitas hanya di Ruparupa.com.

Selain menyediakan slow juicer, wajan, spatula, dan teko, situs belanja online ini juga menyediakan berbagai peralatan dan perlengkapan rumah tangga lainnya dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Yuk, lengkapi buka puasa sehat bersama Ruparupa.com sekarang juga.