4 Hal Penting Untuk Olahraga Saat Puasa

0
244
Sumber: Unsplash.com

Selama bulan puasa, bukan berarti kamu tidak bisa berolahraga lho. Kamu tetap bisa beraktivitas seperti biasa, tetapi hanya perlu menyesuaikan beberapa hal agar tubuh tidak mudah lemas, termasuk untuk olahraga.

Memang, melakukan olahraga ekstrim dan berat tidak disarankan karena minimnya makanan dan cairan yang masuk ketubuh. Jika kamu paksa, justru bisa membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi parah dan banyak kemungkinan buruk lain.

Ruparupa Banner

Apalagi, manfaat olahraga untuk tubuh cukup banyak, mulai dari menjaga kesehatan dan kebugaran, serta bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Bagaimana Cara Olahraga Saat Puasa?

Lalu, apa yang harus kita lakukan agar tetap bisa olahraga saat puasa? Apa saja olahraga yang bisa kita lakukan? Menjawab pertanyaan tersebut, kami sudah merangkum beberapa hal penting agar kamu bisa tetap olahraga saat puasa

1. Waktu Terbaik Untuk Olahraga Saat Puasa

Mungkin kita akan bertanya-tanya kapan waktu olagraga yang tepat saat berpuasa? Apalagi, di saat kita puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan air yang cukup.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut waktu terbaik untuk berolahraga selama bulan puasa.

  • 90 Menit Sebelum Matahari Terbenam atau Sebelum Buka Puasa

Berolahraga sebelum buka puasa memang baik dilakukan. Namun, jenis olahraga yang dilakukan tidak boleh sembarangan. Sebaiknya, kita melakukan olahraga ringan agar tubuh tidak lemas.

Pilih olahraga yang fokus pada latihan ketahan , latihan repetisi, serta perengangan, seperti jalan cepat, jogging ringan, dan bersepeda.

Olahraga ringan ini sudah cukup membuat tubuh lebih bugar. Namun, setelah olahraga, pastikan kamu bisa langsung mengisi perut dan menghidrasi tubuh.

Baca Juga:   Resep Brokoli Tumis Wortel yang Kaya Nutrisi

Jadinya, cairan tubuh yang hilang dan asupan energi yang dibakar tubuh lebih cepat kembali.

  • Setelah Buka Puasa

Kamu juga bisa melakukan olahraga setelah berbuka puasa. Namun, pastikan kamu memberikan jeda waktu selama 2-3 jam untuk memulai latihan. Selain itu, pastikan kamu minum cukup air saat olahraga agar mendapatkan energi lagi.

Kamu bisa melakukan olahraga kardio, seperti jumping jacks, lompat tali, squat, dan burpee. Hal yang paling penting adalah lakukan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga.

  • Antara pukul 3-4 Subuh atau Sebelum Sahur

Untuk kamu yang suka bangun pagi, maka waktu terbaik untuk olahraga di bulan puasa adalah sebelum sahur. Keuntungan dari olahraga sebelum sahur adalah kamu masih memiliki sisa energi dari buka puasa semalam.

Selain itu, kamu juga bisa menghidrasi tubuh dan mengisi perut setelah berolahraga. Inilah yang bisa membuat tubuh jadi lebih bugar.

2. Perhatikan Jenis Olahraga

Meskipun olahraga dengan intensitas rendah ke sedang aman dilakukan, tetapi hindari sampai kamu melebihi batas, terutama saat berpuasa. Hal tersebut bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Namun, kapasitas orang dalam berolahraga pasti berbeda-beda. Jika kamu tidak terlalu aktif secara fisik, maka kamu bisa melakukan rutinitas ringan, seperti naik tangga alih-alih lift atau berjalan kaki.

Lain halnya bila kamu sudah aktif secara fisik dan berolahraga dengan teratur, maka kamu bisa melanjutkan aktivitas fisik kamu seperti biasa. Namun, hindari menambah intensitas atau durasi waktu berolahraga, ya.

Tujuan berolahraga saat berpuasa adalah untuk menjaga tubuh tetap bugar, jadi jangan sampai melewati batas. Ikuti kata tubuh, kalau memang sudah mencapai batas, sebaiknya berhenti.

Baca Juga:   Resep Nasi Daun Jeruk dengan Telur Kecap Mudah

Sumber: Unsplash.com 

3. Memenuhi Asupan nutrisi dan Tetap Terhidrasi

Asupan makanan juga penting diperhatikan, terutama jika ingin tetap olahraga saat berpuasa. Hal tersebut untuk memastikan tubuh tetap bugar dan bernergi.

Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang memberikan nutrisi dan kaya serat, seperti buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, chia seed, dan sebagianya.

Selain makanan tersebut, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya protein agar kenyang lebih lama, seperti telur, susu, gandum, ayam, dan ikan.

Kamu juga perlu memastikan tubuh tidak kekurangan cairan. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan air kelapa dalam menu buka puasa. Selain itu, pastikan kamu mencukup tubuh dengan minum 8 gelas air putih setiap hari.

Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air, seperti sup, semangka, salad, mentimun, melon, dan  masih banyak lagi.

4. Waktu Istirahat Sangat Penting

Hal lain yang penting dilakukan bila ingin tetap olahraga saat puasa adalah waktu tidur. Ternyata, tidur juga bisa membantu kamu mengendalikan pola makan saat berpuasa, lho.

Dikutip dari BBC, Dokter Ranj mengatakan bahwa orang yang tidur dengan baik dan berkualitas,  cenderung makan dan ngemil lebih sedikit. Pola tidur juga bisa menjaga berat badan kamu setelah bulan puasa, sehingga kamu tidak terlalu banyak makan.

Sumber: Unsplash.com

Itu dia 4 hal penting yang perlu kamu perhatikan bila mau berolahraga saat bulan puasa. Pastikan kamu sudah mengatur strategi yang tepat agar badan tetap sehat dan tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Nah, jika berencana untuk berolahraga di rumah, kamu bisa mendapatkan berbagai alat fitness terbaik hanya dari  Ruparupa.com, seperti berikut ini.

 Olahraga Saat Puasa
Kinetic Motorized Treadmill 1.5hp 15p – Hitam/abu-abu

Beli di sini

 Olahraga Saat Puasa
Berwyn Sepeda Statis Ns-654

Beli di sini

 Olahraga Saat Puasa
Berwyn Air Walker 360 – Hitam

Beli di sini