5 Buah Segar yang Cocok Untuk Buka Puasa

0
921
Sumber: Unsplash.com

Ketika berbuka puasa, biasanya kita disarankan untuk mengonsumis makanan manis karena bisa mengembalikan energi yang hilang dengan cepat. Selain teh manis, buah segar kerap menjadi pilihan untuk menu buka puasa.

Apalagi, buah-buahan kaya dengan nutrisi, mineral, vitamin, serta kandungan air yang cukup tinggi. Jadinya, bisa mengatasi rasa dehidrasi dengan mengembalikan cairan yang hilang.

Ruparupa Banner

Apa Saja Buah-buahan Segar Buat Buka Puasa?

Namun, tidak semua buah-buahan bisa mengembalikan energi yang hilang ketika kita berpuasa. Untuk itulah, kami punya daftar jenis buah terbaik yang perlu dikonsumsi selama bulan puasa. Cek, yuk.

1. Semangka

Buah semangka kaya akan kandungan air yang bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Selain itu, buah berwarna merah ini juga memiliki segudang nutrisi seperti karbohidrat, serat, protein, dan vitamin. Kamu pun tidak perlu takut kolesterol karena semangka termasuk buah yang rendah kalori.

Nah, saat buka puasa, kamu bisa langsung menikmati buah semangka. Cara lainnya adalah mengolahnya menjadi minuman segar, seperti jus buah, puding, salad, serta es krim.

buah buka puasa
Sumber: Unsplash.com

2. Mangga

Buah segar untuk buka puasa berikutnya adalah mangga, yang memiliki rasa manis. Buah berwarna kuning ini juga kaya protein, serat, dan vitamin.

Baca Juga:   Resep Kue Nastar untuk Hari Raya, Praktis dan Bikin Ketagihan

Selain itu, buah ini juga bisa bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, mencerahkan kulit, serta mengurangi risiko kanker.

Namun, tidak seperti semangka, mangga mengandung lebih banyak kalori. Jadi, hindari makan terlalu banyak mangga.

Kamu bisa mangonsumsi buah mangga secara langsung atau diolah menjadi jus, manisan, yoghurt, atau es krim.

buah segar untuk buka puasa
Sumber: Unsplash.com

 

3. Kurma

Buah satu ini dikenal sebagai buah khas saat buka puasa. Selain  memiliki rasa manis, kurma mengandung banyak protein, serat, karbohidrat, dan gula.

Tidak hanya itu, kadar antioksidan dalam kurma juga bisa membantu menghindari dari penyakit kronis, seperti jantung, kanker, dan diabetes.

Meskipun begitu, makan terlalu banyak kurma juga bisa menyebabkan kenaikan gula darah. Untuk itu, kamu perlu membatasi konsumsi buah kurma, cukup 1-2 buah setiap hari.

Kamu bisa menikmat kurma secara langsung. Cara lainnya adalah mengolah kurma menjadi susu almond kurma, jus dan smoothies kurma.

Sumber: Unsplash.com

 

4. Anggur

Buah anggur juga salah satu buah yang sering dimakan waktu buka puasa karena mengandung kadar air dan serat yang tinggi.

Selain itu, anggur kaya akan protein, kalsium, vitamin C, serta vitamin A yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat lain dari anggur adalah bisa membantu menurunkan tekanan darah, meredakan alergi, membuat lebih awet muda, dan menurunkan kolesterol serta menjaga kesehatan mata. Kamu bisa menikmatinya menjadi campuran sop buah yang segar.

Baca Juga:   4 Hal Penting Untuk Olahraga Saat Puasa
Sumber: Unsplash.com

 

5. Kelapa

Tidak ada yang bisa mengalahkan kesegaran minum air kelapa, setelah seharian berpuasa. Air kelapa memiliki kandungan elektrolit untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan menghidrasi tubuh.

Buah satu ini juga bagus untuk kesehatan karena mengandung serat, antioksidan, protein, dan vitamin C.

Selain itu, air kelapa juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menambah stamina, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko batu ginjal.

Kamu bisa menikmati kelapa secara langsung dan menjadikannya puding kelapa.

Sumber: Unsplash.com

Itu dia beberapa jenis buah segar yang enak dihidangkan waktu buka puasa. Bila kamu bosan untuk menikmatinya secara langsung, kamu bisa mengolahnya menjadi jus segar dengan menggunakan blender dan slow juicer.

Tenang, kami punya beberapa rekomendasi blender dan slow juicer yang bisa kamu gunakan untuk mengolah buah-buahan segar, seperti berikut ini.

buah segar untuk buka puasa
Novis Pro Blender 1.9 Ltr – Krem

Beli di sini

buah segar untuk buka puasa
Benef Vacuum Plus Power Blender Ja-8899

Beli di sini

buah segar untuk buka puasa
Kels Aero Slow Juicer 150 Watt – Hitam

Beli di sini

Kamu bisa mendapatkan peralatan buat jus tersebut hanya di Ruparupa.com. Situs belanja online ini menyediakan berbagai macam perlengkapan dan perabot terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.