5 Cara Merawat Plafon Gypsum Agar Tidak Mudah Rusak

0
6780
plafon gypsum

Penggunaan plafon menjadi pilihan rumah modern saat ini. Selain karena keamanan dan bisa menghambat cuasa panas atau dingin, plafon juga bisa mempercantik tampilan desain interior rumah.

Tidak heran bila saat ini semakin banya bahan plafon yang digunakan, mulai dari plafon pvc, aluminium, particle board, sampai plafom gypsum.

Ruparupa Banner

Umumnya, plafom gypsum menjadi favorit banyak orang karena mempunyai hasil finishing yang bersih dan rapi. Selain itu,  bahan lis gypsum juga lebih ringan dan tidak mudah terbakar.

Nilai tambah lainnya adalah harga bahan gypsum juga cenderung lebih murah dan mudah dibentuk. Plafon gypsum juga cocok digunakan sebagai dekorasi rumah untuk berbagai gaya, mulai dari rumah bergaya minimalis hingga modern.

Lantas, apakah kamu termasuk salah satu orang yang sedang mempertimbangkan penggunaan plafom gypsum? Jika iya, simak terus artikel di bawah ini.

Cara Merawat Plafon Gypsum

Meski memiliki banyak kelebihan, plafon gypsum juga membutuhkan perawatan khusus yang perlu kamu pertimbangkan. Bila tidak dirawat denga benar, bisa-bisa area plafon rumah mudah rusak dan dapat merusak tampilannya.

Lalu, bagaimana cara merawat plafon gypsum yang benar? Simak berikut ini.

1. Rutin membersihkan plafon

Seiring berjalannya waktu, permukaan plafon akan mulai dilapisi oleh partikel-partikel debu. Meski tak begitu terlihat, tetapi tumpukan ini akan segera menghitam dan alhasil menjadi noda membandel di plafon.

Tentu saja, Ruppers tidak ingin hal ini sampai terjadi, bukan? Maka dari itu, sebaiknya permukaan plafon dibersihkan secara rutin setiap 2 minggu sekali menggunakan sikat khusus langit-langit rumah, seperti berikut ini.

Sikat pembersih langit dengan material plastik berkualitas. Ukuran gagang dapat memanjang hingga ketinggan 3 meter. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Sikat langit dengan kualitas bulu yang kuat dan mampu secara efektif membersihkan kotoran di langit-langit rumah. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Tidak hanya itu, membersihkan rumah dari debu juga bisa membuat sirkulasi udara di dalam ruangan akan terasa lebih segar.

2. Hindari paparan air

Untuk mencegah kerusakan akibat paparan air, sebaiknya kamu melakukan pengecekan sedari awal pemasangan dengan cara menyiram air dari atap. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui apakah atap rumah terjadi kebocoran atau tidak.

Apalagi, papan gypsum tidak tahan dengan air. Bila sudah ada tetesan air, bisa-bisa plafon di rumah mudah berjamur dan berubah warna jadi kekuningan, yang tentu lama kelamaan bisa merusak plafon rumah.

3. Gunakan pelapis

Plafon gypsum sudah memiliki tampilan yang cantik meski tanpa sentuhan apapun. Warna putih bersih dan rapi tersebut, membuat plafon ini kerap menjadi favorit banyak orang.

Akan tetapi, alangkah baiknya menambahkan lapisan pelindung agar kondisinya tidak cepat rusak. Misalnya, dengan mengaplikasikan cat waterproof pada lapisan permukaannya.

Kamu bisa memakai cat waterproof seperti rekomendasi kami berikut ini.

Cat pelapis antibocor warna bright white dengan finishing halus dan tahan terhadap serangan jamur. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Cat pelapis antibocor dengan warna dasar putih yang cocok untuk interior dan exterior. Hadir dengan formula rendah bau! Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Tips lainnya adalah dengan memilih menggunakan bahan gypsum dengan jenis waterproof. Bahan lapisan ini cenderung lebih tahan air. Namun, tentu harganya cenderung lebih mahal dari gypsum pada umumnya.

4. Hindari benturan

Selain paparan air, plafon gypsum juga tidak tahan terhadap benturan keras. Maka dari itu, sebaiknya kamu melakukan pengecekan ulang, bila membeli plafon gypsum dengan harga yang murah.

Untuk pemasangannya sendiri, kamu bisa memilih sekrup gypsum yang memang telah terancang khusus untuk permukaan yang tipis seperti gypsum.

5. Lakukan pengecekan berkala

Layaknya, plafon pada umumnya. Plafon gypsum juga tak luput dari serangan serangga maupun hewan, seperti tikus. Tak jarang, terkadang plafon bisa berlubang akibat beban berlebih dalam jangka panjang.

Jika kamu mulai melihat adanya indikasi lubang, maka segera perbaiki sebelum ukurannya semakin membesar. Kamu bisa mencoba menambal lubang yang masih berukuran kecil.

Sebaliknya, jika ukuran lubang sudah cukup besar, maka menggantinya dengan yang baru adalah solusi terbaik.

Sumber image: freepik.com

Nah, itu dia dia lima cara merawat plafon gypsum agar tak mudah rusak. Jangan anggap remeh perawatan elemen interior yang satu ini sebelum kamu menyesal, ya!

Kamu juga bisa menemukan aneka kebutuhan rumah tangga dan dekorasi interior rumah hanya melalui Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga hadir dengan aneka promo menarik, loh. Mulai dari, promo gratis ongkir, potongan harga up to 70%, hingga cicilan 0% dengan aneka kerjasama bank dan pembayaran elektronik terlengkap.

Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi Ruparupa.com sekarang juga. Selamat belanja!