5 Tips Hemat Tenaga Membersihkan Rumah Saat Puasa

0
344
Sumber: Freepik

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Untuk itulah, saat bulan puasa kita tetap harus rutin membersihkan rumah. Sayangnya, kesibukan kita setiap hari, membuat kita sulit membagi waktu untuk merapikan rumah.

Namun, pastikan hal ini bukan alasan untuk tidak membersihkan rumah, ya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap merapikan rumah, meski sedang sibuk.

Ruparupa Banner

Oleh sebab itu, kami ingin membagikan beberapa tips membersihkan rumah saat puasa untuk mengurangi rasa lelah.

Alat-alat Kebersihan yang Diperlukan

Namun, sebelum kita bahas satu per satu, pertama kita harus siapkan dulu alat-alat kebersihan wajib yang harus ada selama bulan puasa, seperti berikut ini

1. Sapu dan pengki

Sapu dan pengki merupakan alat kebersihan wajib yang harus dimiliki setiap rumah. Selain harganya murah, penggunaan alat kebersihan ini mampu menjaga agar lantai rumah bersih dan terbebas dari debu dan kotoran.

sapu dan pengki
Proclean Sapu Dan Pengki – Krem

Beli di sini

2. Vacuum cleaner

Bagi kamu yang menggunakan karpet sebagai bagian dekorasi rumah, maka kamu akan memerlukan vacuum cleaner untuk membersihkannya. Daya sedot yang tinggi pada vacuum cleaner dapat mengangkat debu yang menempel di karpet, loh.

vacuum cleaner
Krisbow Penghisap Debu Kering 400 Watt

Beli di sini

alat wajib saat puasa
Kels Pembersih Lantai Robotik Laser J300 – Hitam

Beli di sini

3. Kain pel

Agar lantai rumah tetap berkilau, ada baiknya kamu mengepel lantai dengan kain pel setelah menyapu lantai rumah. Nah, kamu bisa menggunakan kain pel praktis yang memiliki gagang, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Baca Juga:   5 Tips Hemat Beli Elektronik Rumah Tangga
kain pel
Proclean Refill Kain Pel Putar – Putih

Beli di sini

4. Spons

Untuk membersihkan peralatan masak dan alat makan setelah memasak menu sahur dan berbuka, maka kamu akan membutuhkan spons cuci piring.

Berikut ini rekomendasi spons cuci piring, yang telah dilengkapi dengan 2 sisi spons multifungsi. Jadi, setiap kotoran dan noda yang menempel pun dapat segera terangkat.

spons
Proclean Set 3 Pcs Spons Scrubber Sisal Cellulose

Beli di sini

5. Lap microfiber

Lap microfiber sangat dibutuhkan dalam membersihkan setiap sudut rumah. Bahannya yang halus tidak akan merusak permukaan furnitur, alat makan, dan alat masak yang dibersihkan.

lap microfiber
Proclean Set 8 Pcs Kain Lap Dapur Microfiber

Beli di sini

lap microfiber
Proclean Set 2 Pcs Terry M Duo Lap Microfiber

Beli di sini

6. Mesin cuci

Agar memudahkan kamu dalam menghemat waktu, kamu bisa menggunakan mesin cuci untuk mencuci berbagai jenis pakaian. Karena menggunakan mesin, kamu jadi tidak akan mudah kelelahan.

mesin cuci
Sharp Mesin Cuci Top Loading 10 Kg Est1090vk – Ungu

Beli di sini

mesin cuci
Panasonic Mesin Cuci Front Loading 7kg Na-127xb1lne

Beli di sini

Bagaimana Cara Membersihkan Rumah Saat Puasa?

Setelah mengetahui berbagai alat kebersihan yang kamu perlukan, di bawah ini ada beberapa tips membersihkan rumah saat puasa yang bisa kamu lakukan agar tidak membuang energi terlalu banyak.

1. Cuci tumpukan alat masak dan makan setelah sahur

Setelah sahur, pastikan kamu tidak kembali tidur, ya. Hal ini karena bisa membuat tubuh menjadi lemas. Nah, kamu bisa menggunakan waktu ini membersihkan tumpukan cucian, seperti alat masak dan peralatan makan.

Tanpa adanya tumpukan cucian piring kotor, kamu tidak akan menemukan bau tidak sedap dari area dapur selama puasa.

2. Jadwalkan waktu cuci baju

Agar baju kotor tidak menumpuk, kamu  bisa membuat jadwal waktu untuk mencuci baju. Misalnya, kamu akan mencuci baju setiap 5 hari sekali selama bulan Ramadan.

Baca Juga:   7 Langkah Mencuci Baju dengan Cepat dan Bersih

Karena membutuhkan tenaga yang ekstra, banyak orang yang kelelahan jika harus mencuci saat sedang puasa. Maka dari itu, kamu sarankan untuk menggunakan mesin cuci untuk menghemat energi kamu.

mencuci baju
Sumber: Freepik

3. Gunakan alat kebersihan elektronik

Untuk lebih menghemat waktu, kamu bisa menggunakan alat kebersihan elektronik yang bisa bekerja secara otomatis, seperti robot vacuum cleaner, dan mesin cuci.

Dengan bantuan dari mesin, tenaga kamu selama puasa pun tidak akan mudah terkuras dan menyebabkan kelelahan.

4. Pisahkan baju sesuai prioritas sebelum menyetrika

Kamu bisa mulai meringankan pekerjaan rumah tangga dengan memisahkan baju sebelum menyetrika sesuai skala prioritas.

Jadi, untuk baju rumahan, kamu tidak perlu menyetrikanya hingga licin. Cukup pastikan baju tidak tampak kusut saja. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat energi.

membersihkan rumah saat puasa
Sumber: Freepik

5. Ajak keluarga membantu

Jangan biarkan kamu kelelahan sendiri sehingga menyebabkan saat menjalani puasa jadi kurang bermakna. Untuk itulah, kamu bisa mengajak semua anggota keluarga turut membantu membersihkan rumah saat puasa.

Dengan begitu, beban kerja pun akan terasa ringan. Kamu bisa memberikan pekerjaan ringan untuk mereka, seperti mengelap meja makan dan mencuci piring kotor.

mencuci piring
Sumber: Freepik

Nah, itu tadi beberapa tips membersihkan rumah saat puasa beserta alat kebersihan wajib yang perlu kamu miliki.

Bagi kamu yang sedang mencari alat kebersihan tersebut, kamu bisa menemukannya hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari brand ternama, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, pastikan rumah kamu tetap bersih selama bulan puasa.