Mau Jago Bikin Kue Kering? Wajib Punya 7 Alat Ini!

0
225

Biasanya, kue kering menjadi hidangan wajib saat hari raya, entah ketika lebaran ataupun natal. Kudapan satu ini memang paling nikmat ketika disantap dengan kopi dan teh. Tidak heran bila banyak orang yang membeli alat kue kering untuk membuatnya sendiri agar terasa lebih spesial ketika diberikan kepada orang lain.

Sayangnya, tidak semua orang pintar dan mengetahui cara membuat kue kering yang benar, termasuk saya sendiri. Namun, ketika kita mencoba membuatnya terus menerus dan mengikuti resep kue kering, tentu kita pun bisa semakin jago. 

Peralatan Wajib Bikin Kue Kering

Nah, kunci membuat cookies yang lezat tidak hanya mengikuti resep kue kering tersebut. Anda pun perlu memperhatikan peralatan untuk membuat kue kering.

Jika Anda termasuk newbie yang baru ingin mencoba membuat kue kering, simak daftar peralatan bikin kue kering yang wajib Anda siapkan berikut ini.  

Baca Juga:   Jadi Tren Warna 2022, Ini Dia 10 Kombinasi Warna Very Peri!

1. Timbangan

Takaran bahan membuat kue kering tentu akan berbeda-beda. Untuk memudahkan Anda memiliki takaran yang tepat, pastikan Anda menggunakan timbangan. Gunakan timbangan digital agar bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat dan praktis. 

Selain itu, Anda juga perlu menyediakan alat ukur lainnya, seperti sendok atau gelas ukur. Umumnya, sendok ukur terdiri dari ⅛ sampai 2 sendok makan. Nah, kalau pada resep tertulis 2 sendok makan, lebih baik Anda menggunakan sendok ini dalam mengukurnya agar lebih akurat.

Beli di sini

2. Mangkuk Adonan

Bahan-bahan kue kering, seperti telur, tepung terigu, baking powder, mentega, dan lain-lain, perlu dijadikan satu. Untuk itulah, Anda membutuhkan wadah berupa mangkok besar yang bisa menggabungkan semua bahan tersebut. 

Wadah buat mengocok bahan bikin kue ini ada yang terbuat dari gelas, stainless steels, dan juga kaca.

Baca Juga:   6 Menu Dinner Party Khas Indonesia Terlezat

Namun, kami sarankan untuk memilih mangkuk pengaduk dari kaca agar lebih mudah melihat apakah bahan-bahan tersebut telah tercampur rata atau belum.

Beli di sini

3. Mikser atau mixer

Selain membutuhkan wadah besar, Anda juga perlu memakai mixer untuk mengaduk adonan. Supaya tangan tidak cepat pegal, lebih baik pilih stand mixer yang sudah dilengkapi dengan wadah pengaduknya.

Anda hanya perlu memasukkan semua bahan ke dalam wadah tersebut, lalu pilih kecepatan untuk mengaduk adonan. 

Meski harga mixer ini lebih mahal, tetapi adonan kue kering bisa lebih cepat merata. Jadinya, waktu Anda untuk membuat adonan pun akan lebih singkat.

Beli di sini

Setelah semua bahan sudah tercampur rata, tahapan bikin kue kering berikutnya adalah menggiling adonan tersebut dan mencetak adonan kue tersebut.

Lalu, apa saja alat bikin kue kering yang Anda butuhkan? Anda bisa baca selengkapnya di sini.