6 Olahraga untuk Bulking dan Tips Suksesnya

0
176
olahraga untuk bulking
Sumber: pexels.com

Memiliki tubuh ideal adalah impian semua orang. Ada orang yang ingin kurus, bahkan menaikkan bobot tubuh juga, seperti bulking. Namun, apakah kamu tahu arti bulking

Promo Furnifest

Tidak hanya menaikkan berat badan, bulking adalah kegiatan untuk menambah bobot tubuh dengan meningkatkan massa otot melalui olahraga dan pola makan.

Jadi, walaupun berat badan kamu naik, tubuh tetap terbentuk dan tidak memunculkan lemak bergelambir ya, Ruppers. 

Apa Saja Olahraga untuk Bulking?

Nah, buat kamu yang sedang menjalankan proses bulking, tentunya harus diiringi dengan olahraga yang tepat. Lalu, apa saja gerakan olahraga yang bisa kita lakukan dalam proses ini? Simak berikut. 

1. Push up

Pastinya, kamu tidak asing lagi dengan gerakan olahraga satu ini, bukan? Untuk menaikkan massa otot, kamu dapat melakukan gerakan push up ini secara rutin, lho.

Kamu dapat mengambil posisi tengkurap dengan kedua tangan menumpu ke lantai dengan lurus. Perlahan turunkan tubuh sampai hampir menyentuh lantai, lalu naikkan kembali. Ulangi gerakan ini sebanyak 20-30 kali. 

Pastikan tubuh kamu tidak menyentuh lantai ya, Ruppers. Dengan melakukan gerakan ini, kamu dapat membakar lemak tubuh dan membesarkan otot dada. 

push up olahraga bulking
Sumber: pexels.com

2. Pull up

Bagi kamu yang belum tahu, pull up adalah gerakan olahraga yang mengandalkan tiang berukuran lebih tinggi.

Pertama-tama, berdiri tegak dengan kedua tangan memegang erat tiang diatas. Perlahan, angkat tubuh kamu ke atas dan tahan selama 8 detik, baru turunkan kembali.

Agar hasilnya lebih maksimal, pastikan kaki kamu tidak menyentuh lantai ya, Ruppers. Gerakan ini dapat membantu melebarkan bagian back atau punggung sehingga badan terlihat lebih besar. 

Baca Juga:   20 Perlengkapan Olahraga Ala Gym di Rumah
pull up olahraga bulking
Sumber: pexels.com

3. Sit up

Siapa  yang punya impian ingin memiliki tubuh six pack? Kalau kamu salah satunya, maka kamu harus rutin melakukan gerakan sit up ini dalam proses bulking, ya!

Cara sit up yang benar adalah pertama-tama buatlah posisi baring dengan kedua tangan di belakang kepala, serta kaki ditahan oleh penyanggah. Kemudian, perlahan angkat tubuh bagian atas hingga membentuk sudut 120°. 

Setelah itu, turunkan kembali secara perlahan. Ulangi gerakan ini sebanyak 30-50 kali secara rutin setiap harinya. Jadinya, tubuh kamu bisa six pack, lebih bervolume, dan solid. 

olahraga bulking sit up
Sumber: pexels.com

4. Angkat beban

Olahraga yang tidak boleh terlewatkan dari proses bulking adalah mengangkat beban. Kamu dapat mengawalinya dengan mengangkat dumbbell dari yang beratnya paling ringan.

Lakukan secara rutin dan terus naikkan beratnya secara bertahap. Jika kamu sudah cukup kuat mengangkat dumbbell, cobalah beralih ke barbel. Namun, pastikan kamu mendapatkan pengawasan dari orang yang sudah mahir mengangkat beban ya, Ruppers. 

angkat beban olahraga bulking
Sumber: pexels.com

Nah, olahraga satu ini berperan sangat penting untuk membuat tangan lebih berotot dan bervolume. Jadi, buat kamu yang ingin memiliki tangan keren, jangan sampai malas melakukan olahraga ini, ya! 

Berikut rekomendasi dumbbell yang bisa kamu gunakan buat olahraga di rumah.

Berwyn Dumbbell Neoprene 5 Kg
Berwyn Dumbbell Neoprene 5 Kg

Beli di sini

Berwyn Dumbbell Karet 20 Kg
Berwyn Dumbbell Karet 20 Kg

Beli di sini

5. Squats

Jika pada keempat poin awal membahas cara menaikkan massa otot tubuh bagian atas, maka kali ini kita akan bealih pada gerakan untuk membesarkan otot kaki dan paha. 

Cara melakukan olahraga squats cukup mudah, lho. Pertama-tama, ambil posisi berdiri dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Kemudian, turunkan pinggul sampai posisi duduk, tahan selama 5 detik, lalu naikkan kembali. 

Baca Juga:   11 Olahraga Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Kamu hanya perlu mengulangi gerakan ini selama 30-45 kali ya, Ruppers. Pastikan untuk melakukannya secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang ideal. 

squat olahraga bulking
Sumber: pexels.com

6. Kardio

Mungkin kamu sering bingung kenapa bulking harus melakukan olahraga kardio, yang sebenarnya dapat menurunkan berat badan. Nah, sebenarnya, olahraga kardio ini diperlukan dalam proses bulking karena bertujuan untuk membakar lemak pada tubuh. 

Perlu diingat lagi, kalau bulking adalah membuat tubuh lebih besar dengan menaikkan massa otot, bukan lemak. Jadi, walaupun kamu harus makan dengan porsi yang cukup banyak, lemak tidak akan menumpuk dan membuat tubuh bergelambir. 

Kamu dapat melakukan olahraga kardio, seperti jogging, lompat tali, berlari di treadmill, hingga jumping jack. Pasitkan kamu melakukannya secara rutin untuk mengimbangi pola makan kamu sehari-hari ya, Ruppers. 

Kinetic Treadmill Motorized 12p
Kinetic Treadmill Motorized 12p

Itulah dia beberapa jenis olahraga yang dapat kamu lakukan untuk mengimbangi proses bulking.

Pastikan untuk melakukannya dengan rutin dan mengimbangi dengan porsi makan kamu agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. 

Nah, buat yang ingin berolahraga di rumah saja, kamu perlu menggunakan peralatan olahraga yang berkualitas dan bagus ya, Ruppers.

Berikut beberapa rekomendasi produk peralatan olahraga yang dapat kamu beli dan gunakan di rumah.

Berwyn Matras Yoga Single Layer Pvc
Berwyn Matras Yoga Single Layer Pvc

Beli di sini

Kinetic Treadmill Motorized 0.8hp
Kinetic Treadmill Motorized 0.8hp

Beli di sini

Kamu bisa menemukan berbagai alat olahraga tersebut hanya di Ruparupa.com. Situs ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain, lho.

Yuk, belanja sekarang!