11 Olahraga Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

0
16492
olahraga menurunkan berat badan
Sumber : pexels.com

Suka merasa tidak percaya diri karena memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan tidak ideal? Tenang saja, Ruppers! Ada banyak olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, Anda perlu meluangkan waktu dalam melakukan beberapa gerakan berikut ini secara rutin agar bisa mendapatkan postur tubuh yang ideal. 

11 Olahraga Menurunkan Berat Badan

Yuk, simak 11 olahraga berikut yang terbukti dapat menurunkan berat badan secara efektif, jika Anda konsisten melakukannya!

Ruparupa Banner

1. Jogging

jogging untuk menurunkan berat badan
Sumber : pexels.com

Olahraga untuk menurunkan berat badan yang pertama adalah jogging. Anda dapat rutin melakukan jogging setiap hari. Olahraga ini terbukti dapat membakar sekitar 300 hingga 370 kalori selama 30 menit, tergantung dari kecepatan Anda berlari.

Untuk melakukan jogging, Anda tidak memerlukan alat khusus. Cukup gunakan sepatu lari dan pakaian olahraga yang nyaman dan dapat menyerap keringat. Anda dapat melakukan jogging di luar ruangan ataupun di dalam ruangan dengan menggunakan treadmill.  

2. Skipping

skipping atau lompat tali
Sumber : behance.net

Skipping atau lompat tali juga merupakan salah satu olahraga yang efektif menurunkan berat badan. Olahraga ini mampu membakar 280 hingga 420 kalori dalam waktu 30 menit. Secara perlahan, tingkatkan intensitasnya agar hasilnya lebih maksimal. Pastikan juga Anda rutin melakukan olahraga ini setiap hari.

3. Berenang

olahraga renang
Sumber : pexels.com

Jika Anda hobi berenang, hal ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan, loh. Berenang terbukti efektif untuk membakar lemak karena semua bagian tubuh akan bergerak saat kita melakukan olahraga ini. Cukup berenang selama 30 menit, maka Anda bisa membakar sebanyak 298 hingga 409 kalori.

Salah satu gaya berenang yang ampuh membakar kalori paling banyak adalah gaya kupu-kupu. Soalnya, gaya berenang ini dilakukan dengan menggunakan kedua tangan sekaligus dalam sekali ayunan. 

4. Bersepeda

olahraga bersepeda
Sumber : pexels.com

Sejak pandemi COVID-19, olahraga bersepeda menjadi sangat diminati dan menjadi tren kekinian. Olahraga ini juga ampuh untuk menurunkan berat badan dengan efektif. Cukup  pakai sepeda lipat atau biasa selama 30 menit, Anda sudah bisa membakar 280 hingga 360 kalori. Nah, jika Anda menggunakan sepeda statis, Anda dapat membakar 250 hingga 280 kalori, pada waktu yang sama. 

Baca Juga:   Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Cintai dan Pahami Mereka

5. Senam aerobik atau zumba

senam aerobic atau zumba
Sumber : pexels.com

Jika Anda menyukai olahraga yang seru dan menyenangkan, cobalah senam aerobik atau zumba ini, yang biasanya menggunakan musik untuk menambah semangat. Olahraga ini dapat membuat seluruh anggota tubuh Anda bergerak. Cukup lakukan selama 30-45 menit, maka Anda sudah bisa membakar 400 hingga 600 kalori dalam setiap sesinya. Tentunya, senam aerobik dapat menjadi olahraga pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan.

6. Pilates

pilates
Sumber : pexels.com

Pilates merupakan versi lebih modern dari yoga, yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh. Gerakan pilates tidak terlalu sulit sehingga cukup mudah bagi para pemula yang ingin mencobanya. Selain itu, dengan melakukan pilates selama 30 menit, tubuh Anda dapat membakar 108 hingga 168 kalori, loh. Olahraga ini juga dapat membantu Anda agar merasa lebih tenang. 

7. Crunch

crunch untuk menurunkan berat badan
Sumber : pexels.com

Tidak hanya membakar lemak, olahraga ini juga bisa mengencangkan otot perut. Mulailah dengan posisi berbaring dan lutut ditekuk. Lalu, letakkan kedua tangan di belakang kepala. Perlahan angkat bahu dari lantai dan tekuk kedua kaki ke arah dada. Ulangi gerakan ini selama 20-25 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

8. Squats

gerakan squats
Sumber : pexels.com

Anda juga dapat melakukan gerakan squats untuk menurunkan berat badan dan mengencangkan bokong. Cara melakukan gerakan ini pun cukup mudah. Awali dengan  mengambil posisi berdiri tegak dan kedua kaki terbuka selebar bahu. Lalu, secara perlahan turunkan pinggul hingga posisi duduk dan kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 30-45 kali setiap harinya. Pastinya Anda bisa lebih cepat mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. 

Baca Juga:   8 Jenis Yoga yang Praktis dan Cocok Buat Pemula

9. Plank

gerakan plank
Sumber : pexels.com

Gerakan olahraga satu ini juga sangat mudah untuk Anda lakukan di rumah. Awali dengan posisi tengkurap dengan kedua lengan menekuk sebagai tumpuan bagi tubuh. Jagalah posisi tubuh agar bagian dada, perut, dan paha Anda tidak menyentuh lantai. Bagi Anda yang pertama kali melakukannya, cobalah untuk mempertahankan posisi plank selama 30 detik. Secara bertahap, Anda bisa naikkan durasinya menjadi 45-60 detik. Lakukan setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal 

10. Naik-turun tangga

naik turun tangga
Sumber : livestrong.com

Jika Anda memiliki rumah 2 lantai, Anda juga dapat memanfaatkan tangga rumah untuk berolahraga, loh. Anda tidak memerlukan berbagai peralatan khusus lainnya untuk melakukan olahraga ini. Cukup berjalan menaiki dan menuruni tangga rumah Anda sebanyak 5-10 kali atau selama 10 menit, lalu tingkatkan kecepatannya. Bila Anda melakukan olahraga ini secara rutin, maka Anda dapat menurunkan berat badan lebih cepat. 

11. Mountain climber

mountain climber
Sumber : theguardian.com

Gerakan mountain climber ini dapat menggerakkan seluruh anggota tubuh dan melatih berbagai otot dan sendi secara bersamaan. Awali dengan posisi push up, yaitu merentangkan kaki ke belakang. Lalu, perlahan tarik satu lutut mendekati dada dan luruskan kembali ke belakang. Kemudian, lakukan pada lutut lainnya dan ulangi gerakan ini selama 5-10 menit atau 50 kali hitungan tanpa berhenti seperti sedang mendaki gunung. Tingkatkan kecepatannya secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Wellness at home Ruparupa

Wah, ternyata banyak sekali ya olahraga yang dapat kita lakukan untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. Jangan lupa untuk selalu konsisten melakukannya. Sertai juga dnegan konsumsi makanan bergizi agar proses penurunan berat badan bisa berjalan dengan lebih maksimal. 

Nah, kami juga punya beberapa rekomendasi produk dari Ruparupa.com berikut ini, yang bisa membuat waktu olahraga Anda menjadi lebih sempurna!

Berwyn Matras Yoga Double Layer
Berwyn Matras Yoga Double Layer beli di Ruparupa.com.
Matras ini terbuat dari material material Polyurethane yang anti slip agar menghindari risiko tergelincir ketika berolahraga.

Beli Di sini

Berwyn Sepeda Statis 515b
Berwyn Sepeda Statis 515b beli di Ruparupa.com.
Sepeda statis Berwyn menawarkan kesimbangan yang sangat baik untuk membantu Anda membakar kalori. Anda dapat memilih 8 pengaturan beban sepeda untuk mendukung kebutuhan latihan Anda.

Beli Di sini