6 Cara Praktis Agar Rumah Tetap Bersih Tanpa ART

0
5032
cara agar rumah bersih tanpa ART

Tidak terasa lebaran segera tiba. Kegiatan perantau atau pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya alias mudik pun sudah mulai dilakukan. Tentunya, para asisten rumah tangga dan penjaga anak-anak juga ikutan mudik. Akhirnya, kita pun harus mencari cara agar rumah tetap bersih.

Apalagi, asisten rumah tangga (ART) akan pulang dalam waktu kurang lebih 1 mingguan. Inilah yang membuat kita jadi kebingungan untuk menjaga kerapian dan kebersihan rumah. Hal tersebut tak lain karena kamu akan mengerjakan segala sesuatu sendirian.

Ruparupa Banner

Bahkan, banyak orang yang rela menyewa jasa ART infal, yaitu sebutan bagi asisten rumah tangga yang bekerja saat lebaran, tetapi bayarannya jauh lebih tinggi. Namun, sekarang kamu tidak khawatir lagi ya, Ruppers!

Ditinggal mudik ART? Tenang, Rumah bisa tetap bersih dan rapi!

Bagaimana Cara Agar Rumah Bersih Tanpa ART?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini, kami punya rekomendasi alat kebersihan dan cara praktis agar rumah bersih selama ART pulang kampung. Jadi, kamu tidak perlu takut rumah kotor dan tubuh kelelahan, walau tanpa ART. Simak, yuk!

1. Gunakan robot penghisap debu

Robot penghisap debu alias robot vacuum cleaner merupakan alat bersih-bersih yang praktis untuk mengangkat kotoran dan debu di lantai. Apalagi, cara menggunakannya pun cukup mudah dan praktis.

Biasanya, alat ini memiliki daya hisap yang kuat untuk menjaga kebersihan lantai rumah sepanjang hari. Bahkan, robot pembersih lantai ini dapat  mengangkat dan membersihkan sisa potongan kertas, debu, sisa makanan, bulu halus hewan, serta debu puntung rokok.

Tidak hanya membersihkan, alat ini juga dilengkapi dengan lampu UV yang berfungsi untuk membunuh bakteri. Selain itu, ada juga filter HEPA yang efektif menangkap bakteri, alergen, partikel mikro, serta meminimalisir segala bentuk polutan yang berada di atas lantai.

Baca Juga:   10 Alat Kebersihan Wajib Ada di Rumah Baru

Sensor inframerah pada alat ini dapat mengelilingi ruangan secara pintar, sehingga robot tidak akan membentur dinding dan barang-barang yang ada di rumah. Jadi, kamu tidak perlu repot menyapu rumah setiap hari karena robot canggih ini akan melakukannya.

Nah, kami punya rekomendasi robot penghisap debu yang ampuh membuat rumah selalu bersih.

Kels Pembersih Lantai Robotik Laser J300 - Hitam
Kels Pembersih Lantai Robotik Laser J300 – Hitam

Beli di sini

Kels Pembersih Lantai Robotik 3 1n 1 J058 - Putih
Kels Pembersih Lantai Robotik 3 1n 1 J058 – Putih

Beli di sini

2. Pilih alat pel praktis dengan tangki air atau steamer

Bila harus membersihkan lantai rumah menggunakan alat pel manual, tentu akan membuat kita lelah. Soalnya, kita harus memerasnya sendiri menggunakan tangan.

Tenang, supaya lebih praktis, kamu dapat menggunakan alat pel spray dengan tangki air. Alat ini biasanya dilengkapi dengan tangki air kecil dan tuas, yang jika ditarik bisa menyemprotkan air untuk mengepel.

Selain itu, kamu juga bisa memaka alat pel yang memiliki steamer, lho. Umumnya, pembersih lantai dengan steamer dilengkapi dengan alat uap untuk membersihkan lantai secara efektif, tanpa menggunakan bahan kimia atau racun.

Kelebihan dari alat pel steam lainnya adalah bisa sebagai disinfektan pada permukaan lantai, serta aman digunakan untuk membersihkan karpet, kayu, parket, keramik, dan juga marmer.

Dengan adanya kedua alat pembersih ini, kamu bisa membersihkan rumah lebih cepat, tanpa harus kelelahan. Nah, berikut alat pel praktis yang bisa kamu gunakan di rumah.

Proclean Alat Pel Spray Dengan Sweeper Manual cara agar rumah bersih
Proclean Alat Pel Spray Dengan Sweeper Manual

Beli di sini

Ariete Alat Pel Steam 10 In 1 cara agar rumah bersih
Ariete Alat Pel Steam 10 In 1

Beli di sini

3. Bersihkan ranjang dan sofa menggunakan vacuum cleaner 

Tungau dan bakteri kecil sering bersarang di tempat tidur dan sofa. Apalagi, ketika kasur dan sofa digunakan oleh anggota keluarga lain yang akan menginap di rumah.

Tenang, kamu bisa membersihkan tempat tidur dan sofa dari berbagai kotoran tersebut dengan cepat dan praktis menggunakan vacuum cleaner.

Namun, pastikan vacuum cleaner yang kamu pilih memiliki daya filter yang baik, serta sinar UV untuk mendisinfeksi segala perabot di rumah, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Dengan begitu, rumah akan terhindar dari debu dan bakteri berbahaya yang dapat mengganggu keluarga tercinta.

Krisbow Alat Penghisap Debu Kering Turbo Tiger 600 W cara agar rumah bersih
Krisbow Alat Penghisap Debu Kering Turbo Tiger 600 W

Beli di sini

4. Gunakan penjernih udara atau air purifier

Cara agar rumah tetap bersih selanjutnya adalah menjaga udara di dalam ruangan lebih segar dan higienis menggunakan alat penjernih udara atau air purifier. Alat ini berfungsi untuk menghilangkan debu, bulu binatang, bau tak sedap, serta membuat udara bersih dari asap.

Baca Juga:   7 Kue Kering Tradisional Indonesia Terlezat Buat Lebaran

Air purifier ideal ditempatkan pada ruang keluarga, ruang tamu, dan ruangan lainnya yang berukuran sedang hingga besar. Kamu dapat menggunakannya setiap hari untuk meningkatkan kualitas udara di rumah dan meminimalisir adanya debu.

Berikut ini rekomendasi air purifier terbaik buat di rumah.

Kels Sapphire Penjernih Udara - Putih
Kels Sapphire Penjernih Udara – Putih

Beli di sini

Sharp Penjernih Udara Fp-f30y-a 21 M2
Sharp Penjernih Udara Fp-f30y-a 21 M2

Beli di sini

5. Pakai mesin pencuci piring

Setelah memasak dan makan bersama keluarga, salah satu aktivitas yang cukup malas untuk dikerjakan adalah mencuci piring. Apalagi kalau tidak ada ART yang membantu, pasti kamu akan kewalahan.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan mesin pencuci piring di rumah. Jadi, kamu hanya perlu memasukkan  semua peralatan masak dan makan, mulai dari wajan, panci, piring, hingga sendok, ke dalam alat tersebut.

Mencuci piring pun jadi lebih mudah dan praktis, lho. Ini dia rekomendasi mesin pencuci piring yang dapat kamu gunakan.

Kels Brighton S8 Mesin Pencuci Piring Elektrik - Abu-abu
Kels Brighton S8 Mesin Pencuci Piring Elektrik – Abu-abu

Beli di sini

Kels Boston S6 Mesin Pencuci Piring Elektrik - Hitam
Kels Boston S6 Mesin Pencuci Piring Elektrik – Hitam

Beli di sini

6. Pilih mesin cuci dengan fitur lengkap

Tidak ada ART di rumah pasti akan membuat kamu jarang mencuci baju. Padahal, baju kotor yang menumpuk di keranjang pakaian juga akan menjadi sarang bakteri di rumah, lho.

Agar lebih praktis, kamu bisa mencuci pakaian sendiri di rumah dengan menggunakan mesin cuci yang memiliki fitur lengkap, mulai dari mencuci, membilas, hingga mengeringkan.

Hanya dengan sekali cuci, pakaian kamu bisa bersih maksimal dan cepat kering. Ini dia rekomendasi mesin cuci yang bisa kamu gunakan di rumah.

Sharp Mesin Cuci Front Loading 7 Kg Es-fl1073w
Sharp Mesin Cuci Front Loading 7 Kg Es-fl1073w

Beli di sini

Sharp Mesin Cuci Front Loading 8 Kg
Sharp Mesin Cuci Front Loading 8 Kg

Beli di sini

Nah, itu dia cara agar rumah tetap bersih, walaupun tanpa ART.  Jika ingin mencari lebih banyak produk kebersihan rumah tangga, kamu bisa menemukannya di Ruparupa.com, ya.

Tidak hanya itu, situs belanja online ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain.

Selamat bersih-bersih rumah!